Instal android sdk di windows apa aja boleh

Dikarenakan adanya sebuah masalah ketika instal atau menggunakan android bluestacks dengan spesifikasi komputer yang rendah seperti Ram hanya 1 GB dan vga yang belum HD atau VGA nya masih minim sekitar 256 mb atau kurang maka untuk menggunakan bluestacks pada saat instal bluestacks di windows akan mengalami berbagai masalah seperti vga yang harus di update dan pada saat instal beberapa aplikasi seperti wechat yang tidak bisa di instal di bluestacks yang di instal di komputer yang mempunyai spesifikasi yang rendah.

Jika para pengguna mengalami hal semacam ini memang seharusnya vga dengan kapasitas sebesar 128 mb sampai 256 mb seharusnya di update driver atau update vga nya dengan vga yang memiliki kapasitas yang lumayan cukup misalnya minimal sebesar 512 mb, tapi jika demikian kita bisa menggunakan cara alternatif atau dengan menggunakan android emulator yang lain seperti android sdk yang bisa di instal di berbagai windows seperti windows xp, windows 7 dan windows 8 selain windows, android sdk di instal di ubuntu pun berjalan dengan baik.

Android sdk adalah android emulator yang bisa kita gunakan di pc komputer atau laptop sehingga apabila kita belum mempunyai hp android dan sekedar ingin mengetahui bagaimana sistem operasi ini bekerja, dan memungkin kan kita menggunakan berbagai aplikasi social media di android emulator di pc kita seperti wechat, whatsapp, kakaotalk, line, Instagram, game dan lain sebagainya.

Saya menggunakan android sdk emulator di windows 8 dengan PC Pentium dual core, vga 256 mb, ram awalnya 1 gb tapi android sdk nya lumayan sedikit berat tapi setelah di upgrade ram nya jadi 2 gb android sdk di komputer saya pun jadi lancar jaya walaupun ada sedikit kadang agak lambat.

Berikut langkah yang harus di lakukan sebelum instal android sdk emulator di PC, laptop atau komputer.

1. Bagi yang belum ada java di komputer nya terlebih dahulu download di sini dan instal.
2. Download Android sdk emulator nya di sini, pilih yang ada dibagian bawah yaitu dengan tulisan SDK tool only kemudian pilih yang Windows 32 & 64-bit -> installer_r22.0.1-windows.exe .
3. Setelah java terinstal dan android sdk tool sudah di download lakukan penginstalan android sdk nya dan ikuti langkah nya sesuai instruksi yang diberikan, namun pada saat ada pilihan seperti instal just for me dan instal for anyone itu terserah anda tapi saya pilih yang instal for anyone terlihat di gambar dibawah ini.
android sdk tool di windows

4.Setelah android sdk tool sudah terinstal, folder nya ada di program files/android, supaya android lebih gampang dicari atau di jalankan nantinya maka buka folder Program Files - > android -> android-sdk dan disana akan ada file yang bernama SDK Manager, klik kanan pada mouse dan Send to desktop, ini adalah untuk menambahkan shorcut icon android sdk tersebut ke desktop komputer.

5. Buka icon SDK Manager tadi dan nanti disana akan ada pilihan untuk memilih android mana yang akan di instal dan nantinya akan dipakai sebagai android, terdapat android 2.1, 2.3 (gingerbreed), 3.0 (Honeycomb), 4.0 (ICS), 4.2 (Jellybean). Mau semua di instal juga tidak apa-apa asal kuota internetnya banyak :).
android-sdk-tool-instal

6. Setelah didownlaod maka android secara otomatis sudah terinstal, selanjutnya buka tab tool dan klik Manage AVDS di bagian atas android sdk tersebut untuk mulai menggunakan android emulator.
7. Lalu Klik Tombol New yang ada disebelah kanan android avd tool.


8. Isi sesuai kebutuhan seperti penjelasan dibawah ini :
android avd instal windows
  • AVD name = bebas saja, tapi jangan pakai sepasi
  • Device adalah untuk memilih android yang akan kita gunakan nantinya beserta ukuran layar androidnya
  •  Target adalah android yang terinstal di sdk tool.
  • CPU/ABI = biasanya pakai arm
  • keyboard dan skin centang saja
  • Front camera dan back camera boleh di gunakan dengan memilih salahsatu pilihan ataupun pilih none saja untuk tidak digunakan.
  • Memory Options = Ram untuk yang ram komputer 1 gb gunakan Ram = 512 dan untuk Ram yang 2GB gunakan ram = 1024.
  • Internal Storage bebas = Misalnya 200 saja.
  • SD Card = 1024 
  • Setelah selssai klik OK.
9. Setelah semua terisi dan di klik ok maka di AVD atau Android Virtual Device Manager akan ada sistem dengan nama android  yang telah kita buat. Untuk menggunakannya kita bisa langsung klik start dibagian sebelah kanan, untuk membuat android emulator baru klik New dan untuk Merubah kita bisa mengklik Tombol Edit. Untuk memulai menggunakan Android sdk di windows klik nama android yang tadi sudah dibuat dan klik start yang ada disebelah kanan dan pada jendela baru klik launch.
launch android sdk di windows

10. Maka akan muncul lah jendela baru yaitu android sdk yang kita tunggu-tunggu ahh lebay nya :). Sedikit tambahan untuk membuat supaya android sdk tampilan nya menjadi portrait atau lanscape atau rotate atau diputar menjadi memanjang klik saja tombol angka 7 atau 9 di keyboard sebelah kanan.
android sdk mulai di windows

Komentar

  1. setelah dilaunch kok layarnya hanya hitam ya?._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. berapa lama blank screen nya ?

      coba di setting device dan target nya di rubah-rubah sampai ada yg cocok. biasanya kalo pake yg terlalu besar bisa nge blank. coba aja yg device nya yg paling kecil.

      android yg di download atau di instal android yg versi apa jelly bean 4.2 atau yg mana ?
      jika jellybean maka download versi yg versi 4.0 yg ics

      Hapus
  2. bingung.. klo buat pc core i5.. apa itu jga bisa memberatkan VGA..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya rasa tidak karena mungkin vga yg ada di pc core i5 sudah tinggi. Pilihan lain untuk install android di pc dengan bluestacks atau youwave

      Hapus
  3. Gan , saya mau nanya nih ..
    Kan sya sudah download bluestack .
    Trus saya download wechat ,, trus berhasil ..
    Tapi kenapa tidak bisa video call ya ??
    Saya pake laptop ..
    Mohon penjelasanya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah driver web camera di laptop nya sudah terinstall. ? coba cek di device manager laptop nya apakah camera driver sudah terinstall

      Hapus
  4. Sudah gan .
    Tapi kenapa layar video call nya selalu hitam ?
    Saya pake windows 7 .
    Mohon penjelasanya dong ..
    Supaya sya bisa video call .. Sma tman" nih ..
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba buka android tool kemudian klik tools--> manage avds kemudian klik android yg sudah dibikin dan klik edit yg ada disebelah kanan dan lihat di settingan front camera atau back camera nya udah di webcam jgn pilih yg emulated.

      - emulated hanya sebagai contoh biasanya tampilannya hitam
      - webcam biasanya untuk setingan camera yg nyata yg ada di laptop atau pc

      Hapus
  5. Gan susah ..
    Saya pke bluestacks , gan ..
    Padahal bluestacks ny lancar" aja ..
    Tapi ga bisa video call wechat ya ??
    Gimana ya gan ?
    Mohon penjelasanya .... Ya ...!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya maaf Untuk berkomentar tentang bluestacks bisa berkomentar di link ini http://sejenisinfo.blogspot.com/2013/04/cara-instal-android-di-laptop-dengan.html
      soalnya ini bukan postingan tentang bluestacks

      Hapus
  6. Gan susah ..
    Saya pke bluestacks , gan ..
    Padahal bluestacks ny lancar" aja ..
    Tapi ga bisa video call wechat ya ??
    Gimana ya gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kirain pake android sdk seperti yg diatas, agan salah komentar kayanya.
      disini kan postingan buat android sdk emulator bukan bluestacks.

      Hapus
  7. Bos stelah sya launch knpa error ya, muncul tulisan kyk gini :

    emulator: ERROR: No initial system image for this configuration!,

    sya instal android 4.2.2 API level 17

    mohon solusinya bos ? soalnya sya pngen bgt pake wechat di komp sya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah android 4.2.2 nya sudah di download di menu Android SDK managernya. Atau coba download android yg versi lainnya seperti android ics yg 4.0 di android SDK manager. Jika android sudah terinstall maka tulisannya adalah installed

      Hapus
  8. Sudh smua sy download utk android 422nya & lsg terinstal, pas launchnya dah emulator error trus.

    sya udh ngikutin smua stepnya. di bagian mananya sy salah ni ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Mungkin saja android 422 nya tidak bisa berjalan di kompinya coba ukuran atau device dan target nya dari android manager nya di edit atau di ubah ke berbagai ukuran dan type,
      Biasanya untuk android sdk kalo memakai ukuran yg besar misalnya 1278xsekian sekian akan menimbulkan error. coba ukuran yg paling kecil dulu

      2. Jika masih error coba download dan pakai android 4.0

      Hapus
    2. Thx bos android 4.0 brhasil d launch, tpi gimana cara download wechatnya ?

      Hapus
    3. 1. Yang pertama menggunakan adb yaitu alat untuk menghubungkan android dengan kompi

      2. Tapi jika tidak bisa menggunakan adb, hubungkan kompi nya ke internet kemudian buka android sdk nya dan pasti android juga terhubung langsung ke internet, buka browser di android dan cari di google yaitu wechat kemudian download file apk nya dan setelah di download install file apk wechat tersebut

      Hapus
  9. Om, semuanya udah terus udah dilunch.. terus ada muncul tulisan Android kek loading gitu, emang Loading nya lama yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loading lama tergantung dari kecepatan prosesor kompi nya dan besar kecil nya ram yg ada. Coba ganti aja target dan device ke ukuran yg lebih kecil di android sdk nya
      1. Buka android avd manager nya dan edit pada android yg sudah di buat dengan klik tombol edit.
      2. Pada Device ganti dengan 4.0" wvga (480 x 800 : hdpi)
      3. Target klo bisa download yg android 4.0 di menu android yg pertama.

      Hapus
  10. gan punya saya kok Hitem terus yaa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ada setingan yg kurang cocok sama kompinya. coba download yg android 4.0 kemudian buka avd manager dan bikin android baru dengan device 4.0" wvga (480x800 :hdpi) Target = 4.0

      Hapus
    2. sama ni gan udah pake yg 4.0 masi gelap......

      Hapus
    3. use host gpu nya jangan di cek, kemudian snapshot nya jg kosongkan saja

      Hapus
  11. gan siang tadi ane dah bisa menggunakan'y..tapi pas unduh bbm limited ko jdi loding ga brenti" ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unduh atau install ? download BBM limited nya di web mana ?
      Coba download BBM nya di komputer dulu baru kemudian di install ke android sdk
      Saya udah install BBM di android SDK tapi pada saat di jalankan ada error bahwa jaringan tidak di aktifkan.. Tapi kalau di BBM di install di android x86 di virtual box bbm bisa jalan.

      Hapus
  12. mohon solusinya, kalau muncul message pada saat klik start

    Failed to create pbuf surface for FB 0x3004
    extension WGL_ARB_make_current_read was not found
    emulator: WARNING: Could not initialize OpenglES emulation, using software renderer.
    emulator: emulator window was out of view and was recentered

    BalasHapus
    Balasan
    1. Android apa yg digunakan atau di install ?
      1. klo jellybean kayanya komputer nya tidk kompatibel coba install android ics aja yg 4.0
      2. Could not initialize openglES artinya di komputernya vga drivernya tidak ada open gl nya coba update driver vga nya dengan vga yang terbaru yang ada open gl nya

      3. emulator windows was out of view artinya windows menampilkan android tsb melebihi batas tampilan dan sudah di kembali ke normal jadi masalh no 3 bukan masalah apa-apa

      Hapus
  13. saya install java, tapi kok error terus ya? katanya corrupt.. help me

    BalasHapus
    Balasan
    1. Error pas install java nya ?
      Kemungkinan koneksi internet nya lg jelek soalnya klo nstall java harus terhubung ke koneksi internet

      Hapus
    2. mengapa saat mau androidnya didownload kog bisa eror

      Hapus
    3. tulisan errornya seperti apa ?
      cek koneksi internetnya
      install ulang android sdknya.

      Hapus
  14. setelah di lounch tidak terjadi apa2....
    kok bsa gtu y gan?

    BalasHapus
  15. gmn caranya nginstall apk yang disimpen di PC gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya di install dulu adb nya di komputer atau buka msdos di program files -->accessories dan msdos.
      1. copy kan folder yg ada di program files --> android sdk -->platform-tools ke kemana saja atau ke folder Documents
      2. Buka msdos di program files --> accessories dan msdos ketikan cd.. sampai di msdos c:/ dan ketikan "cd Documents/platform-tools/" ketikan adb devices untuk mengkonekan komputer dengan android
      3. untuk mulai install ketikan "adb install ketikan tempat dimana file apknya berada dan nama file apknya disini" tanpa tanda petik dan tunggu hingga install selesai.

      Hapus
  16. kok waktu launch ga hidup hidup....
    ada tulisan android

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang seperti itu pada saat di launch maka akan keluar tulisan android itu dan apa bila baru saja dijalankan maka untuk masuk ke dalam tampilan lain akan sedikit lama karena baru di install tunggu saja

      Hapus
    2. biasanya kalo baru awal install berapa lama ya, soalnya ini ditungguin lama banget gak muncul2

      Hapus
    3. Biasanya dari 2 sampai 5 menit kadang lebih.. tapi klo misalkan sudah setengah jam tetap ga muncul juga ada kemungkinan android tidak bisa masuk ke sistem operasi:

      Coba hal berikut :
      1. Coba ubah dengan memakai ukuran layar yang berbeda.
      misalnya memakai wvga (480 x 800: hdpi)
      2. Emulation options : snapshot jgn di centang dan use host gpu juga jdgn di centang
      Jika masih tetap ga masuk
      2. Install android yang 4.0 ICS

      Hapus
  17. Gan gimana nih caranya ngedownload line,wechat,BBM, dan yang lainya dari playstore supaya jalan ??
    saya udah ngedownload tp pas mau di buka ko malah balik lagi ke menu androidnya..
    solusinya gmn nih gan ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sarankan untuk install apk nya dari komputer
      Jika adb sudah di install di kompinya maka akan lebih gampang atau jika belum lakukan seperti dibawah ini

      1. Buka msdos di program files --> accessories dan msdos ketikan cd.. sampai di msdos c:/ dan ketikan "cd Program Files/Android/android-sdk/platform-tools" ketikan "adb devices" tanpa tanda petik untuk mengkonekan komputer dengan android sdk
      2. Untuk install aplikasi android dari komputer caranya ketikan
      adb install /tempat_file_apk_berada.
      contoh jika file apk wechat.apk misalnya berada di folder documents karena memakai windows 8 maka ketikan seperti dibawah ini
      adb install /users/nama/Documents/wechat.apk


      Hapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. kalao mau download wechat line gmna yaaa?? Help Please

    BalasHapus
    Balasan
    1. Download dulu file apk wechat atau line di komputer kemudian jalankan android sdk nya dan lakukan seperti dibawah ini :

      1. Buka msdos di program files --> accessories dan command prompt ketikan cd .. sampai di command prompt c:/ dan ketikan "cd /Program Files/Android/android-sdk/platform-tools" ketikan "adb devices" tanpa tanda petik untuk mengkonekan komputer dengan android sdk
      2. Untuk install aplikasi android dari komputer caranya ketikan
      adb install /tempat_file_apk_berada.
      contoh jika file apk wechat.apk misalnya berada di folder documents karena memakai windows 8 ata 7 maka ketikan seperti dibawah ini
      adb install /users/nama/Documents/wechat.apk

      Hapus
    2. di command promp langsung di tulis seperti ini kh? betul gk...
      "cd /Program Files/Android/android-sdk/platform-tools" adb devices adb install/Users/warkomjelek/Downloads/wechat.apk

      Hapus
    3. Apakah folder android nya di program files jika benar iya penulisan nya seperti itu tapi yang adb devices harus di pisah dengan adb install jadi penulisan nya seperti ini :
      - adb devices
      - adb install /Users/warkomjelek/Downloads/wechat.apk
      adb install spasi nama folder, perhatikan huruf besar dan kecil di adb install /Users dan seterusnya harus sesuai antara huruf besar dan huruf kecil dan apabila ada folder dengan spasi maka diharuskan memakai garis miring \ jadi seperti ini
      contoh My Documents jadi My\ Documents
      lihat gambar dibawah ini klik link nya untuk melihat gambar
      http://4.bp.blogspot.com/-wA2I1ytdXCk/UoBLAcCIP1I/AAAAAAAAAwY/QB0SC8VHLYE/s1600/adb-devices.jpg

      Hapus
    4. owh gt .. q nyimpenya di dowload jd gini kah?
      cd /dowload/Android/android-sdk/platform-tools
      trz kok dibawahnya ad tulisan the sistem cannot find ...

      Hapus
    5. Iya betul jika android disimpan di folder download maka penulisannya tepat sekali.
      lihat di folder /dowload/Android/android-sdk/platform-tools
      Coba buka apakah ada file adb.exe di platform-tools jika ada berarti betul asal ada adb.exe nya disana
      jika adb.exe tidak ada kemungkinan akan ada error seperti itu

      Hapus
    6. ad adb.exe , tapi masih eror.... knapa ya?

      Hapus
    7. maksutnya masih ad tulisan the sistem cannot find :'( ..
      ad cara lain gk low mau download we chat , line gt ?

      Hapus
    8. Berarti ada yg salah dalam pengetikan ..
      Download saja file apk nya di browser android sdk tapi bukan di playstore tapi di web lain
      jadi seperti ini koneksikan komputernya ke internet terus buka android sdk nya buka browser nya di android sdk dan cari di google file wechat atau line

      Hapus
  20. Balasan
    1. Bisa .. saya udah mencoba nya tapi untuk BBM nya file apk nya harus dari komputer copy kan ke android atau langsung di install BBM nya dari komputer ke android sdk caranya bisa di lihat di komentar diatas.

      Hapus
  21. loading lama gan setelah di launch
    aku dah ikuti seperti di bawah
    speck kompi ane
    RAM 1,5
    win7

    Loading lama tergantung dari kecepatan prosesor kompi nya dan besar kecil nya ram yg ada. Coba ganti aja target dan device ke ukuran yg lebih kecil di android sdk nya
    1. Buka android avd manager nya dan edit pada android yg sudah di buat dengan klik tombol edit.
    2. Pada Device ganti dengan 4.0" wvga (480 x 800 : hdpi)
    3. Target klo bisa download yg android 4.0 di menu android yg pertama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada saat pertama kali baru install android sdk maka loading akan lebih lama untuk prosesor 2.4 GHZ loading bisa sampai 4-5 menit dan bahkan kadang ada 1 menit tergantung ram.. dan untuk yang lebih kecil speks nya bisa sampe 10 - 20 menit bahkan setengah jam
      Dan dari system lain yg saya baca dengan menggunakan ram 2.5 GB dan masih lag dan jika dengan ram 3GB dan prosesor di sarankan adlah prosesor i3 maka android kemungkinan bisa berjalan dengan baik http://blogs.technicise.com/requirements-and-setting-up-system-for-android-development/

      jadi permasalahannya mungin dari spesifikasi komputernya

      1. Coba pake android yang 2.2
      2. Klo masih tetep g bisa coba install juga ADT di android sdk

      Hapus
    2. Sumber diatas dan System requirement bisa juga dilihat di http://stackoverflow.com/questions/4533116/minimum-hardware-requirements-for-android-development

      Hapus
  22. dah lebih 20 menit masih ANDROID aja gan ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung pada prosesor sama ram komputernya dan untuk yang pertama kali baru di install dan baru dijalankan maka boot android nya akan lebih lama jadi tunggu saja..
      Berapa prosesor sama ram nya ?

      Hapus
  23. ko yang ane download datanya ga ada di program file ya?
    ditaro mana tuh??
    mau cari shortcutnya ga ada??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya baru download android sdk nya ?
      Klo misalkan baru didownload berarti data nya belum masuk ke program files tapi ada di folder data download di komputer agan.. pada saat didownload filenya di taruh dimana ? folder program files hanya untuk aplikasi yang sudah di install.

      Hapus
    2. filenya ga di instal gan
      kaya software portable aja tinggal klik

      Hapus
    3. Maaf saya kurang mengerti maksudnya ..
      mungkin seperti ini .
      Folder android sdk berada di program files --> Android --> android-sdk
      dan file android bisa di buka di AVD Manager.exe Dan SDK Manager.exe
      atau bisa lihat di video ini http://www.youtube.com/watch?v=n3pZftFRBxw

      Hapus
  24. Kok proses booting nya lama banget ya gan ,udah 1 jam lebih nih ttap belum masuk k'menu nya ...mohon penjelasan nya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya ada yg ga cocok dengan spesifikasi komputernya atau seting pada android sdk nya.

      1. Berapa RAM dan prosesor kompi agan ?
      2. Ubah setingan android yg dipakai di android sdk manager klik tools yg ada diatas sebelah kiri dan klik nama android yg dibuat dan edit.
      3. Yg di edit yg tulisan Device ubah ke ukuran yg paling kecil dulu misalnya 2,7" QVGA (240 x 320: ldpi)
      4. Emulation option seperti snapshot dan use HOST gpu jgn di centang kosongkan kotak pilihannya.
      5. Jika masih ga bisa Download android nya jgn yg jb 4.3 tapi pake yg ICS yg 4.0

      Hapus
  25. kok error terus ya install java nya

    BalasHapus
  26. stelah di klik sdk nya utk mulai instal kok cuma muncul jendela item cuma g ada 1 detik, terus gak ada apa2 gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Java nya sudah di install blm ?

      Hapus
    2. Kalau java nya blm di install maka Android sdk ga akan bisa jalan.. Harus di install javanya dulu.
      Konek PC nya dengan internet dan Download Java di
      http://java.com/en/download/index.jsp
      dan pada saat install java internet harus tetap terkoneksi karena install java diharuskan memakai internet

      Hapus
  27. pas start launch emulator tulisannya gini:
    Starting emulator for AVD 'arum'
    Failed to allocate memory: 8
    This application has requested the Runtime to terminate it in an unusual way.
    Please contact the application's support team for more information.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ubah android yang baru di buat dengan klik android dan klik edit yg ada disebelah kanan kemudian ubah Di Tulisan
      SKIN : Resolution 720*1280
      HARDWARE : Ram size : 512
      Berdasar pada : http://stackoverflow.com/questions/11318348/android-4-0-3-emulator-crashes-failed-to-allocate-memory-8

      Hapus
  28. oke gan.
    ada lagi nih, gak ada folder android di program files, tapi aku nemu di folder user isinya gak ada ikon android sdk yg akan di munculkan di layar, adanya kode2 html,
    so, nanti kl dibuka lagi lewat mana?
    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ko bisa ga ada ,,, harusnya folder android ada di program files kalau pada saat install tidak dirubah tempat penginstalannya..
      Atau mungkin system yg di PC nya 64bit ? Kalau system 64 bit biasanya ada dua program files yaitu :
      1. Program files
      2. Program files (x86)
      Coba di cari ada dua program files ga ?
      Atau Mungkin pada saat di install agan tidak sengaja merubah tempat folder penyimpanannya..
      Cari aja di search di windows nya nanti klo dah ketemu klik kanan mouse file sdk nya dan send to desktop

      Hapus
    2. ada tapi di folder user tapi gak ada sortcutnya, di program files gak ada android, jadi ini yg tk send desktop sdk msnsjer yg didownload buat instal itu.

      Hapus
    3. Klo memang ga ada playstore di menunya buka playstore nya di browser aja.
      Klo ga ada android di program files kemungkinan android sdk nya belum di install. Coba di install ulang..
      Klo yg di send ke desktop sdk manager buat install berarti pas di buka akan ada perintah untuk install bukan ngebuka android emulator

      Hapus
    4. buka di browser androidnya itu aplikasinya tdk bs diinstal, device tdk didukung

      Hapus
    5. mau instal aplikasi apa ?
      cari aja aplikasi yg bersangkutan di google trus download file apk nya dan install atau install mobogenie ..

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    7. Nah ini..kasusnya sama.
      Ditempat gua juga gak ada tuh. Udah di install-remove berulangkali sama aja. Gimana dong??
      Ada cara lain gak buat install apk bukan lewat cmd? Gak ngerti.

      Hapus
    8. Ga ada apanya ?
      Kalu misalkan ga ada playstore atau ga bisa install apk lewat cmd. buka saja browser di android nya terus cari file apk di google dan download di android nya kemudian install deh

      Hapus
  29. buat main game clash o clans bisa nggak y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo untuk game yg itu saya kurang tahu juga blm pernah nyoba..

      Hapus
  30. kenapa kok layarnya blank terus ya setelah di launch

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya untuk pertama kali launch akan membutuhkan waktu yg aga lama sekitar 5 menit atau bahkan 10 menit ..
      yg dipakai android 4.3 jellybean ? kompi nya ram brpa dan prosesornya brp ?
      coba dilihat di setingan android yg dibuat dengan cara :
      1. Buka avd manager Klik nama androidnya dan klik edit kemudian lihat di bagian paling bawah yg ada tulisan emulation options dan kedua pilihan tsb jgn di centang ,, kosongkan saja.

      2. jika masih tidak bisa coba install android 4.0 dan buat nama baru android nya dan pakai android 4.0

      Hapus
  31. gan kok ane javanya gx bisa di install
    keluar error java installer terus ada kata unable download
    maksudnya gimana minta pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk install java koneksi internet harus tersambung.. karena install java melalui online sehingga instalasi dilakukan langsung mengambil data dari server internet..

      Jadi menurut saya kemungkinan agan tidak menyambungkan koneksi internetnya saat install java

      Hapus
  32. gan ko saya klik sdkmanagernya ga terjadi apa apa ya ga muncul apa apa jadi saya ga bisa masuk ke sdk manager -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah Java untuk windows nya sudah di install ?

      Hapus
  33. Ada nggak cara lain install apk bukan lewat cmd?
    Gak biasa mainnya.
    Gak ngerti

    BalasHapus
    Balasan
    1. buka saja browser di android dan buka google kemudian cari di google aplikasi file apk yg bersangkutan kemudian download di android tersebut.. dan setelah di download sudah pasti bisa langsung di install file nya.

      Hapus
  34. udh bisa di download tapi pas mau di launch koq selalu "emulator-arm has stopped working" , mohon pncerahannya..tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kemungkinan pengaruhnya dari antivirus dan windows defender... jadi pada saat akan install coba anti virus dan windows defendernya di nonaktifkan dulu baru di install. kemudian apakah java oracle nya udah di install di komputernya bisa di download dan install di http://java.com/en/download/index.jsp

      Hapus
  35. Halo bro...
    Mau nanya dong. Kok programnya ga work ya? padahal sy sudah ikuti step by step diatas, sudah sy download semua file.
    Sy download yang os 4.2 sama 4.0 dan dua-duanya stuck di tulisan ANDROID. padahal resolusi sudah sy turunkan sampe 320x428
    Laptop yang sy pakai Acer Aspire One 725.
    thanks untuk responnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Spesifikasi acer nya berapa ? maksudnya RAM dan prosesornya berapa ?
      Jika RAM 1GB gunakan RAM di setingan androidnya 512MB

      dan untuk pertama kali menjalankan android biasanya agak lama mungkin perlu menunggu beberapa menit atau bisa jadi sampe setengah jam untuk bisa langsung menjalankan android atau masuk ke menu android dan tergantung spesifikasi laptopnya.

      Hapus
  36. Saya mau tanya, kok pas dibuka android sdknya coma warna hitan dan tulisan android?? Mohon dibantu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu lagi loading untuk menuju ke menu android.. untuk pertama kali mungkin membutuhkan waktu yg aga lama jadi tunggu aja sampai menu android keluar..

      Hapus
  37. Min, bantuin apa solusinya buat pesan yang keluar saat melakukan klik start seperti di bawah ini:
    Starting emulator for AVD 'ThunDroid'
    Failed to create pbuf surface for FB 0x3004
    extension WGL_ARB_make_current_read was not found
    emulator: WARNING: Could not initialize OpenglES emulation, using software renderer.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya pada saat donwload ada file yg hilang,, coba langkah berikut.

      1. Install ulang driver VGA
      2. Install ulang Java
      2. Install ulang Android nya

      Hapus
  38. mas saya dah mengikuti kriteria di atas, namun layar masih gelap hanya ada jam ==> https://lh4.googleusercontent.com/3MlHVWSAVQEVrVOjcSvZhVB8PyJCwDSpUwBkhAkFjw=w1026-h577-no

    Padahal Spesifikasi Laptop saya Lumayan Tinggi, dan VGA saya ada 2. ==> https://lh5.googleusercontent.com/-KYf6Ynq3F30/U39IW9k1AFI/AAAAAAAAAGw/rCWu-SOd1TI/w1026-h577-no/android+error.jpg Saya gunakan yang Nvidia. namun tetap error. Mohon bimbingannya, masih belajar wkwk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba RAM nya ditambah jadi 1024, jika masih belum bisa install android yg jellybean atau yg ics ada kemungkinan android 4.4.2 tidak bisa digunakan disana.

      Hapus
  39. ngeblank,..................................................

    BalasHapus
    Balasan
    1. Android yg di nstall apa ? coba install android ics dulu

      Hapus
  40. Gan Mohon bantuannya,,, :(
    semua cara di atas sudah saya lengkapi tapi pas klik starnya terus klik Laucnh prosessnya selesai tapi kok ngak kebuka --' !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah java nya sudah di install https://www.java.com/en/download/linux_manual.jsp?locale=en

      COba ubah android nya yg versi jellybean atau ics 4.0

      Hapus
  41. klo pake android sdk di pc bsa pake bbman gak ?

    BalasHapus
  42. setelah sekian lama pake BBM di PC tapi sekarang gak bisa di buka lagi gan
    hanya nyampe loading androidnya saja saya cek di task manager itu prosenya hanya 296.956 klo normal biasanya 450.000
    gimana cara mengatasinya tuch gan?

    tolong di bantu ya gan. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya blm pernah nyoba gan klo untuk yg BBM di pc.. apakah bbm nya pake android emulator ?

      Hapus
  43. maaf mengganggu,,
    untuk intel atom bs ngx???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum tahu, belum pernah nyoba, coba aja gan, saya rasa bisa. :)

      Hapus
  44. kok gk bisa koneksi internet di SDK nya om
    tolong solusi nya dong
    makasih oom ganteng..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya bisa,
      1. Konekan internet di pc atau laptopnya
      2. Buka android sdknya dan biasanya udah langsung nyambung internetnya

      Hapus
  45. Balasan
    1. Saya kurang tahu karena belum pernah nyoba.. Maaf

      Hapus
    2. di coba dunk...kl dah bisa tolong kasih tau ya caranya.
      kirim ke krf_ckgacc@yahoo.co.id
      mksh

      Hapus
    3. Mohon Maaf banget, blm bisa nyoba

      Hapus
  46. Gan Mohon sharenya Gini saya pakai notebook asus ram 2 gb saya memakai android sdk udah saya jalankan stepsnya tpi setelh dilunch muncul emulator nya cuma gamar android aja gk ad tampilan menu dan waktu dicoba di command prompt saya jalankan tapi tidak berhasil katanya " Could not access package manager is system running " udah beberapa kali saya coba tapi hasil nya sama aja..saya udah pakai blustack tpi berat dah bosan makainya jadi saya penasaran ke android sdk ..mungkin lebih ringan notebook..jadi mohon share gan info nya tentang masalah saya ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Apakah Java nya sudah di install ?
      2. Coba di install android sdk nya.

      Hapus
  47. udah dinstall kedua2nya tapi masih seperti itu jg

    BalasHapus
  48. Udah di coba di uninstall dulu, terus di install ulang lagi dari pertama, dan coba jg pada saat akan menjalankan android sdk, anti virus nya di nonaktifkan dulu.

    BalasHapus
  49. Gan Kan AKu Download Yang (SDK Tools Only>>PLatform Windows>>)Terus Saya Instal Yang Android Installer Sama Adnsroid SDK,,Kok Gk Bisa Ya...?Tapi Saya Harus Download Yang All (Android Studio Packages>>PLatform Windows) Atau Nggak??.....Mohon Bantuanya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Pesan error nya seperti apa ?
      2. Apakah java nya udah di install ?
      3. Ga perlu download yang All Android studio packages.

      Hapus
  50. Maaf Gan Maksudnya yang Adnsroid itu Android

    BalasHapus
  51. Nggak Ada Pesan Error..Dan Saya Sudah Instal Java Yang Versi Offline Dan Java nya Bisa..Aku Gagal Itu Waktu Ngikutin Langkah Yang Ke 5..Kan Punya Agan yang Langkah Nomer 5 Itu Keluar Kayak "Android" Banyak Yang Dicentang..Sedangkan Aku Hanya Keluar 3... Apakah Waktu Instal Harus Online Atau Offline...Mohon Pencerahanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu install harus online, karena pada saat install harus ada yg akan didownload lg untuk versi android nya.

      Hapus
  52. Gan,bagaimana caranya instal whatsapp di Android SDK?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Konek internet di PC atau di laptop
      2. Buka android sdk nya dan jalankan android sesuai versi yang dibuat sendiri oleh agan
      3. Download whatsapp di playstore atau di sini https://www.whatsapp.com/android/
      4. Install whatsapp nya, jika install di playstore maka akan otomatis terinstall, jika di web whatsapp yg diats maka install secara manual

      Hapus
    2. Mbak bagaimana caranya menginstall secara manual?

      Hapus
    3. 1. Download whatsapp di sini https://www.whatsapp.com/android/
      2. Setelah didownload file apk whatsapp nya mungkin ada di folder download atau unduhan, buka aja pake file manager dan cari file apk nya.
      3. Setelah ketemu file apk whatsapp nya kemudian di install dengan cara klik aja file apk whatsapp nya dan ikuti petunjuk yg ada disana

      Hapus
  53. gan ko gagal pas langkah ke 9 :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ada yg salah, coba di ulang dari pertama

      Hapus
  54. gan kenapa saat launch emulator : error :x86 emulation currently requires hardware acceleration. mohon bantuannya gan!

    BalasHapus
  55. kalau clash of clans bisa ga di aplikasi ini gan ???

    BalasHapus
  56. Mas kalo untuk Processor kaya saya gini
    Intel(R) Core(TM)2 Duo CPU @ 2.16GHz 2.17GHz
    terus Ram nya 1 gb (893 MB usable)
    32bit

    bisa gak pake android SDK soal nya saya udah berulang kali mencoba banyak emulator android dan kebanyakan enggak bisa di pake dan sia sia jadi saya mau tanya dulu
    mohon di jawab ya mas!!!!!

    BalasHapus
  57. saya sudah berhasil download blustack tp kenapa ga kebuka alias lemot yah kebuka sekali itu juga lama banget mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin prossesor ,ram atu vga card nya kurang mendukung gan !?

      entahlah diantara yang tida itu

      Hapus
  58. android 7.0 downloadnya amp 3gb ... hhe aduhh buress kuota gue
    tapi sisi baiknya gue punya os android terbaru wkwkwk
    tapi work gan makasih ....

    BalasHapus
  59. Saya udah selesai instal java sama android studionya, tetapi saat di akhir instalan android studio muncul tulisan {the evironment variable (with the value of http:\\java.sun.com\products\autodl\j2se) does not point to a valid JVM installation]

    kira kira cara ngatasinnya gimana yah, mohon infonya??

    BalasHapus

Posting Komentar

Kritik dan Saran boleh tapi diusahakan dengan bahasa yg sopan, jika memakai bahasa yang tidak sopan maka berarti Anda sudah meng-izin-kan untuk transfer dosa saya ke Anda yg berkata tidak sopan, sekali lagi Maaf saya berkata seperti ini