Senin, 18 Februari 2013

Cara dual boot windows 7 dan windows 8

gyta juwita | Senin, 18 Februari 2013 37 Comments so far
Sekitar beberapa hari yang lalu sepupu saya baru membeli sebuah laptop samsung dengan prosesor AMD A6-4400M APU Radeon(tm) HD graphic 2.70 GHZ dan ram 2 GB. Itu hanya sekedar informasi yang saya pakai untuk membuat dual boot windows 7 dan windows 8 di laptop samsung tersebut.

Dan sebelumnya saya sudah membuat posting tentang cara dual boot windows 8 dan windows xp di pc, dan dual boot atau triple boot antara windows, linux ubuntu dan android. Apapun bisa dilakukan pada komputer ataupun laptop yang kita punya asalkan laptop atau pc kita sudah memenuhi kriteria atau mempunyai specs yang diperlukan untuk sebuah sistem operasi.

Cara instal dual boot windows 7 dan windows 8 ada beberapa hal yang perlu diperhatikan atau perlu nya mengetahui beberapa langkah yang harus dilakukan pertama kali. Pada Laptop samsung AMD A6-4400M vision cara pertama adalah dengan mengubah sedikit bios setting dengan mengeklik tombol F2 pada saat laptop pertama kali berjalan, kemudian pilih boot system pertama nya adalah cdrom first boot. Biasanya disana terdapat nama cdrom nya tapi saya lupa nama cd-romnya, soalnya sekarang laptopnya sudah dibawa oleh adik ipar saya :).
dual boot windows 7 dan windows 8

Langkah pertama untuk dual boot windows 7 dan windows 8 adalah :


1. Melakukan partisi pada harddisk, karena laptop nya baru jadi saya membuat tiga partisi yaitu Drive C atau partisi pertama adalah 100 GB, Drive D atau partisi kedua sekitar 50GB dan untuk Selebihnya Drive E untuk Penyimpanan data yang lain seperti file musik, video dll.
Untuk yang harddisk nya sudah dipartisi atau sudah di instal windows pastikan partisi untuk windows 8 adalah minimal 15GB dan windows 7 pun 15GB. Untuk membuat partisi dengan partition wizard tool bisa dilihat di video dibawah ini:
2. Install windows 7, setelah partisi dibuat sekarang saatnya menginstal windows. Pertama kali yang harus di install pada pc atau laptop adalah windows 7, tapi jika mau windows 8 dulu juga bisa dan tulis cd key atau serial number windows 7 dikertas untuk nanti dibutuhkan pada saat penginstalan, masukan cd windows 7 kedalam cd-rom kemudian restart PC atau laptop dan kemudian pada saat layar komputer atau laptop menyala sambil tekan tombol F11 untuk memunculkan pilihan boot yang pertama misalnya boot pertama untuk harddisk dan boot kedua untuk cd-rom, nah yang kita pilih adalah boot yang kedua adalah boot ke cdrom, namun pada beberapa komputer atau laptop terdapat setingan yang berbeda jadi jika F11 tidak bisa, coba dengan menekan tombol F9 atau F10 atau F12. Atau jika cd rom pada komputer atau laptop rusak maka bisa melakukan penginstalan windows 7 di usb drive, untuk membuat usb drive boot windows 7 bisa dilihat disini.

3. Booting windows 7, Jika sudah boot ke cd-rom maka penginstalan windows 7 akan segera berjalan dan ikuti langkahnya sesuai dengan intruksi yang ada disana. Namun untuk partisi pilih partisi yang sesuai atau telah kita dibuat sebelumnya misalnya partisi atau Drive C maka pilih partisi tersebut, saran saya pilih partisi pertama atau Drive C untuk melakukan penginstalan windows 7, jika pada partisi pertama atau Drive C: adalah sebesar megabyte misalnya 100 MB atau 200 MB lebih, maka pilih Drive D: yang besarnya lebih dari 15 GB, yang partisi yang besarnya 100 atau 200 mb dan ukurannya bermacam-macam tapi yang saya tahu ukurannya tidak lebih dari 500 MB adalah partisi untuk system reverse atau partisi boot windows yang nantinya akan dipakai untuk booting.

4. Setelah windows 7 terinstal pada komputer atau laptop, selanjutnya ketahap berikutnya.

5. Masukan CD atau usb windows 8 restart laptop atau komputer, seperti biasa pada saat layar mulai muncul klik atau tekan tombol pilihan booting bisa F9,F10,F11 atau F12 tergantung setingan pada PC anda.

6. Setelah PC atau laptop sudah booting ke cdrom windows 8, kemudian pilih languange yang sesuai dan Keyboard pilih yang US klik next dan install, nah untuk partisi nya pilih partisi yang sudah dibuat untuk windows 8, misalnya Windows 7 di install pada Drive C maka windows 8 di instal di drive D. klik next dan penginstalan akan segera dimulai ikuti saja langkahnya sesuai dengan intruksi yang diberikan disana.

7. Setelah windows 8 sudah terinstall maka setelah komputer atau laptop di restart maka disana aka ada dua pilihan boot seperti gambar diatas yaitu windows 8 dan windows 7.

8. Selamat mencoba.

Jika masih bingung bisa komen dibawah posting ini. Terimakasih.
Description: Cara dual boot windows 7 dan windows 8 Rating: 4.5 Reviewer: Reviewer - ItemReviewed: Cara dual boot windows 7 dan windows 8
Ditulis oleh: Zein Okeh Sejenis Info Updated at : 15.45

37 komentar:

Halaman komen:
  1. wah boleh nih buat jadi referensi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh saja .. klo bisa link sumber nya dipasang ya hehehe

      Hapus
  2. Permisi gan..
    Apakah aplikasi yg ada di drive win7 akan terhapus atau gak setelah diinstal win8 pada drive yg lain.? Makasih sebelumnya atas bantuannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru bls.. ya ga dong.. karena penginstalan nya di drive yg berbeda, di drive yg sama pun aplikasi win 7 tidak akan terhapus jika pada saat penginstalan tidak dilakukan format drive

      Hapus
  3. permisi...
    gan, kalau di partisi drive yg ada isinya, apakah seluruh data/isinya yg ada di drive itu akan terhapus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Iya akan terhapus jika harddisk akan di partisi secara keseluruhan.
      2. Tapi jika harddisk yg ada isinya di move atau di resize atau klo di windows manage yaitu di shrink maka data tidak akan terhapus asal kan partisi yg bersangkutan atau partisi yg sebelumnya tidak di format.

      Hapus
  4. nanya ni, kan laptop gw udah keinstall windows 8, kalo mau di tambah windows 7 biar bisa dual boot crash gx? ? thx :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ga dong asalkan di instal di partisi yg berbeda.. jadi misalkan windows 8 di install di partisi C: atau Drive C: maka tentu saja windows 7 di install di partisi atau drive yg berbeda misalnya drive D:, tapi hati-hati pada saat install jgn sampai salah partisi saat install windows nya.

      Hapus
  5. lw instal w8 pke fd di prosesor amd bsa gk gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gunakan software Windows 7 USB/DVD download tool yg bisa didownload di sini http://www.microsoftstore.com/store/msusa/html/pbPage.Help_Win7_usbdvd_dwnTool

      dan caranya ada disana.

      Hapus
  6. makasih gan membantu bgt nih ane newbie mau belajar

    BalasHapus
  7. bagus nih info nya..
    tapi saya tidak berhasil ne gan..
    karena saat saya ingin menginstal win8 d drive D, itu tidak bsa d lakukan.. karna hanya bisa di instal di drive C
    begitu juga sebalik nya
    mohon penjelasannya
    trims :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah di partisinya terdapat partisi c atau yg lain sebagai partisi booting atau biasa disebut system reverse besarnya kalo untuk windows 7 adalah sekitar 100 s/d 200 mb sedangkan boopartisi untuk windows 8 adalah 250 s/d 300 mb namun jika tidak ada berarti booting nya sudah menyatu di partisi windows nya.

      1. Format ulang drive yang akan di install windows nya dengan partition wizard mini tool atau dari tool windows nya dengan tipe format partisi NTFS.

      2. Cek lagi kapasitas yang akan di install windows.

      Hapus
  8. Kalo cara nginstall win7 di win8 sama gak?

    BalasHapus
  9. gan klo slsai nginstal windows trus kn nginstal driver laptopnya,, nah misalkan windows.a beda dri driver laptopnya th gmna gan apa hrus nyari driver yg sama dengan windowsnya gt?? mohon pencerahan ya gan,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya gimana nih ? apakah begini ,, Misalnya agan baru install windows 7 terus driver laptop nya beda dengan driver yg ada atau drivernya untuk windows xp

      Jika begitu maka disarankan untuk menggunakan versi driver yang sama agar performa komputer lebih baik.. dan pada biasanya penggunaan driver windows 7 di pakai di windows xp tidak akan bisa digunakan dan sebaliknya, walaupun sebagian ada tapi performa komputer tidak stabil.

      Disarankan untuk menggunakan driver yang sama untuk versi windows yg bersangkutan

      Hapus
  10. gan, yg saya partisi kan drive E, tp setelah masuk ke instaling win 8 kok gk bs di instal di drive G ya... itu yg baru saya partisi dr E....
    gmn gan solusinya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Drive G yg baru dibuat berapa kapasitas nya ? untuk win 8 kapasitas partisi kira-kira harus lebih dari 15 GB, dan format partisi harus NTFS
      2. Apakah pada saat peng-instalan dilakukan di windows 7 atau langsung booting dari cd/DVD ?
      3. Apakah di hardisk tersebut sudah ada partisi booting yaitu system reverse yang berukuran untuk win 7 biasanya 100MB dan win8 300MB dan partisi ini biasanya ada dibagian paling atas sebelum partisi C ? Atau bisa dilihat disana partisi mana yang ada booting windows nya yang namanya system reverse

      Hapus
    2. -sudah gan, 70 GB, udh saya format jg NTFS,
      -sudah saya coba 2-2 nya gan, lgsg dr win 7 dan booting dari Flasdisk, soalnya win 8 nya saya bakar di FD....
      -oh iya sudah ada partisi yg namanya system reverse, berukuran 100 MB...
      gmn gan selanjutnya....??

      Hapus
    3. Pesan errornya seperti apa ?
      Untuk system reverse windows 8 atau partisi booting nya adalah 300 MB, tapi partrisi system reverse yg win7 yg 100 MB jgn di hapus dulu nanti ga bisa booting
      Atau bisa di format ulang dulu drive G nya dan install windows 8 nya

      Hapus
    4. (windows cannot be installed to this hard disk space, the partition contains one or more dynamic volumes that are not supported for installation), itu pesannya gan, pesan itu tidak muncul cuma kalau aq arahkan ke c, kalau ke d e dan g pasti pesan itu muncul...
      makane gk bs diinstal di G....

      Hapus
    5. Saya rasa partisi yang ada di hardisk agan kemungkinan semuanya adalah primary disk !!!!

      Coba Drive G nya di convert ke partisi logical bisa menggunakan mini partition wizard bisa di download di
      http://www.partitionwizard.com/download.html
      dan ini cara untuk nge-convert dari primary ke logical disk klik saja link ini adalah gambar.

      http://1.bp.blogspot.com/-Fh96BDvNvwk/Uw0M-mbbNEI/AAAAAAAAA0w/qKkH2rVS4hU/s1600/partition+wizard3.png

      Hapus
    6. iya gan, semua disk nya primary (kayak kekunci gt lho gan, gk bs di-apa2in), sudah saya coba pake minitoll wizard partition & easus tetap gk bs diubah ke logical, soalnya gk kedeteksi smw... kata teman ane harus di instal ulang dr awal hardisk nya.... nnt baru bs diatur-atur lg....
      gmn gan...

      Hapus
    7. Iya memang seharusnya di hapus dulu semua nya di new partisi table dan di buat partisi2 baru lagi atau bisa di coba di convert dengan
      1. Dynamic disk convert http://www.dynamic-disk-converter.com/download.html
      2. Di buat sebuah Virtual disk atau VHD di drive G dan mount kemudian install windows 8 di partisi tersebut bisa dilihat di http://scn.sap.com/community/events/innojam/blog/2013/05/07/how-to-install-windows-8-into-a-virtual-harddrive
      3. Jika keduanya tidak bisa ya berarti harus di kosongkan kembali hardisk di new partition table kembali tapi data penting nya jgn lupa di backup atau di copy ke hardisk yg lain

      Hapus
    8. iya gan, emg gk bs... kyk e emg harus di format dr awal lg hardisk nya.... ma ksh gan ilmunya... :)

      Hapus
    9. Iya sama-sama... smoga berhasil dengan format yg baru nya

      Hapus
  11. berarti intinya OS kedua di instal di partisi yang berbeda dari OS pertama ya?

    BalasHapus
  12. oke gan aku udah mengerti ,,,,thanks banget nih ,,,,

    tapi ada 1 kendala lagi nih gan ,,, kalau misalnya mau membuat dual boot menggunakan hardisk external gmna ?? jadi begini,,
    hardisk yang ada di laptop menggunakan OS win7
    terus yang di external menggunakan win8 atau android atau linux.
    itu gmna gan ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pake bootnya dengan grub atau pake aplikasi EasyBCD. nih link nya.
      1. Grub2win --> http://sourceforge.net/projects/grub2win/
      2. EasyBCD --> http://neosmart.net/EasyBCD/

      Hapus
  13. punya saya aslinya win7, kemudian tak buat partisi baru untuk instal win8. setelah instalsi win8 selesai. restart tp langsung login ke win8, dualboot untuk pilih win7 apa win8 tidak ada. langsung ke win8. bantuannya gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Apakah partisi windows terpisah antara win7 dan win 8 ?
      2. Coba di buka setting di Starup dan Recovery di sini http://sejenisinfo.blogspot.com/2012/11/dual-boot-system-windows-8-dan-windows.html dan lihat tahap no. 9

      Hapus
  14. terimakasih gan. tambah lagi gan informasinyah, visit kembali ya !!

    http://www.rajalistrik.com/

    BalasHapus
  15. Kalau dr win 10 ke win 7 caranya sma ya gan?atau?

    BalasHapus
Halaman komen:

Kritik dan Saran boleh tapi diusahakan dengan bahasa yg sopan, jika memakai bahasa yang tidak sopan maka berarti Anda sudah meng-izin-kan untuk transfer dosa saya ke Anda yg berkata tidak sopan, sekali lagi Maaf saya berkata seperti ini

Copyright© 2013 - Sejenis Info | Designed by Zein Okeh.
All Rights Reserved.