Jumat, 06 September 2013

Cara memisahkan partisi hardisk yang terkena bad sector

gyta juwita | Jumat, 06 September 2013 20 Comments so far
Setelah banyak tulisan tentang aplikasi android, cara install android x86 di pc/laptop namun kali ini saya posting sedikit berbeda dari yang sebelum-sebelumnya unutk blog ini :). Harddisk merupakan salah satu bagian komputer yang paling penting tanpa itu maka komputer kita tidak bisa masuk ke windows atau pun sistem operasi lainnya. Postingan ini merupakan kelanjutan postingan yang lalu yaitu cara memperbaiki harddisk yang rusak atau bad sector dan disana diberikan cara untuk mengatasi hardisk yang terkena bad sector, namun disana hardisk yang bad sector tersebut bukan merupakan rusak secara fisik.

Dipostingan ini sedikit berbeda dengan posting yang lalu karena disini hanya memberikan tips singkat cara untuk memisahkan partisi hdd (hardisk) yang terkena bad sector dan bukan memperbaiki, jadi setelah kita mengetahui harddrive (hardisk) yang rusak yang memiliki beberapa bad sector pada hardisk mungkin ini bisa kita atasi dengan beberapa software gratis yang bisa digunakan dengan baik. Namun Jika bad sector sudah merambah ke semua partisi/block/sector maka kemungkinan kecil untuk bisa diatasinya, dan biasanya hardisk sudah berbunyi keras. Satu hal lagi jika hardisk sudah tidak bisa terdeteksi oleh komputer coba ganti colokan power supply nya ke colokan yang lain atau ke komputer yang lain jika sama tidak terdeteksi juga berarti hardisk tersebut memang sudah mati total alias matot.

Hal yang pertama cek dahulu harddisk yang terkena bad sector tersebut dengan aplikasi misalnya dengan Minitool Partition Wizard. Dan berikut hanya contoh saja dan saya menggunakan hardisk yang memang masih bagus dan tidak ada bad sector tapi ini hanya sekedar contoh saja.

Berikut adalah cara mengetahui hardisk yang sudah terkena bad sector / rusak :


1. Download dan install Minitool Partition Wizard disini.

2. Setelah kita install ke windows selanjutnya kita buka Minitool partition Wizard tersebut dan arahkan mouse kita pada hardisk yang akan kita cek keberadaan sector yang rusak.

3. Setelah hardisk kita pilih, klik kanan pada mouse dan pilih "Surface Test" Untuk mulai mengecek hardisk yang bad sector tunggu hingga selesai.
hdd cek untuk bad sector

4. Hasilnya akan segera kita ketahui sebelum maupun setelah hardisk di cek, jika warna kotak kecil tersebut berwarna hijau semua, maka hdd (hardisk) tidak ada bad sector atau tidak ada block sector yang rusak, dan jika kotak kecil tersebut adalah berwarna merah maka itu adalah block atau sector yang rusak.
hardisk dengan bad sector

Setelah kita cek hardiks tersebut dan mengetahui block sector yang rusak maka langkah selanjutnya adalah memisahkan partisi yang bad sector tersebut dengan cara jangan dipergunakan block sector yang rusak, dan itu pun jika bad sector hardisk nya tidak terlalu parah maka bisa kita atasi. Sebelum kita pisahkan partisi yang terkena bad sector tersebut ada baiknya kita recover/perbaiki dengan software hdd regenerator atau recovered tool lainnya, dan jika memang sudah tidak bisa di recover maka jalan yang terbaik adalah dengan memisahkan block/sector yang rusak tersebut.

Cara memisahkan bad sector pada hardisk dengan Minitool Partition wizard :

Cara berikut memang tips yang singkat namun padat tetapi block sector yang rusak  tidak kita ketahui seper berapa MB/GB kah tapi disini saya menggunakan feeling atau persentase dari hardisk tersebut.

1. Setelah di scan dan di cek dan ternyata bad sector tidak terlalu banyak maka langkah selanjutnya dengan cara di unformat/unallocated partisi yang terkena bad sector tersebut.

2. Caranya adalah me-Move/resize ukuran partisi tersebut dan buat partisi baru jika partisi tersebut adalah misalnya 2 gb dan bad sector berada pada awal partisi misalnya seperti pada gambar dibawah ini
hardisk with bad sector
3. Kita potong partisi yang berada diawal tersebut dengan cara klik kanan mouse di minitool partition wizard tersebut dan resize partisi misalnya sekitar 200 MB diawal yang terkena atau terkandung beberapa bad sector yang tidak beraturan.
move resize bad sector partition
- Tarik dengan mouse klik kiri untuk mulai memisahkan partisi yang terkena bad sector ke sebelah kanan.
memotong atau memisahkan bad sector hardisk
- Jika sudah ditentukan kapasitas yang akan dipisahkan klik apply yg berada di sebelah kiri dari software minitool
apply setting hdd

4. Setelah di potong menjadi dua bagian partisi jadi yang 2GB di potong 200MB menjadi 1,8 GB dan sisanya 200MB, setelah itu kita scan kembali atau cek kembali dengan "Surface Tests" apakah si bad sector nya sudah termuat pada partisi yang 200MB atau belum dan kita cek kembali partisi sisanya yaitu 1,8GB tadi dengan "Surface Test" apakah bad sector sudah tidak ada

5. Jika bad sector masih ada di partisi baru yang 1,8GB tadi dan bad sector ada pada awal partisi kita potong kembali partisi tersebut dengan perkiraan saja berapa MB yang akan dipotong dengan cara tadi yaitu dengan move/resize dan begitu selanjutnya sampai bad sector sudah benar-benar tidak ada pada partisi baru.

6. Partisi baru yang terkena bad sector tadi jangan di format ke partisi baru, kita delete saja menjadi unformat / unallocated yang berarti kita tidak menggunakan partisi tersebut sehingga tidak mengganggu kinerja partisi yang lain.

Berikut contoh hardisk yang banyak bad sectornya sehingga banyak juga partisi yang terpisah-pisah seperti pada gambar dibawah ini, unaalocated menandakan partisi tidak dipakai karena ada bad sector.
bad sector harddrive on partition
Namun jika bad sector berada di tengah partisi yang 2GB tersebut bagaimana ? Ya kita potong menjadi beberapa bagian dulu misalnya 2 GB kita potong menjadi 1GB dan 1GB dan kita cek bad sector kembali dengan cara diatas dan setelah bad sector kita ketahui kita Move/Resize dan begitu seperti pada cara diatas.

Contoh diatas  bukan dari harddisk yang benar-benar bad sector tetapi itu hanyalah sebuah contoh yang cara untuk memisahkan bad sector adalah seperti contoh diatas. Dan sudah saya coba dengan hardisk yang terkena bad sector dan Alhamdulillah cara ini bisa terbilang sukses.

Saya sedikit bingung cara menjelaskan nya tapi mudah-mudahan tulisan saya ini dapat dimengerti :).
Description: Cara memisahkan partisi hardisk yang terkena bad sector Rating: 4.5 Reviewer: Reviewer - ItemReviewed: Cara memisahkan partisi hardisk yang terkena bad sector
Ditulis oleh: Zein Okeh Sejenis Info Updated at : 16.09

20 komentar:

Halaman komen:
  1. saya coba scan malah keluar peringatan....apa gt saya lupa...

    dan lagi...kalau saya klik ok Minitool Partition nya malah keluar...
    saya coba lagi masuk Minitool Partition malah terdeteksi "BAD DISK"...

    saya tau ini masalahnya pada hardisk/hardware...
    tapi masih detect baik di bios ataupun di komputer lain...
    tapi kalau partisinya di buka dia hilang...

    bisa di perbaiki tidak?

    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu mah harddisk nya udah rusak parah berdasarkan pengalaman saya itu ga akan bisa lagi di perbaiki, walaupun terdetek dengan baik di BIOS. coba di Low level format pakai HDD LLF bisa di download disini http://hddguru.com/software/HDD-LLF-Low-Level-Format-Tool/ terus klo misalkan bisa di low level format segera di pisahkan bad sectornya dengan minitool Tapi klo pake LLF aja ga bisa menurut pengalaman saya berarti Hard disk nya udah ga bisa lagi diperbaiki.

      Hapus
    2. kalau di services bisa ga kira?..
      dan lagi perhitungan tiap2 Block berapa MB?

      makasih

      Hapus
    3. Setau saya klo harddisk yg udah rusak fisik ga bisa di services tapi klo data nya yang ada di harddisk bisa diselametin atau di recover ketempat penyimpanan lain di tempat recovery data harddisk

      Untuk perhitungan tiap2 block tergantung pada bad sectornya.. lumayan ribet

      1. Bisa dilihat di gambar no. 2 diatas misalnya jika hardisk 2GB dan bad sector berada di awal kita bagi dua yaitu 1gb dan 1gb dan scan kedua partisi tersebut,
      2. Jika bad sector hanya ada pada partisi yang pertama berarti partisi yg kdua kita abaikan saja dulu dan fokus pada partisi yg pertama.
      3. Scan lagi partisi yg pertama yg 1GB, dan ternyata block yg masih bagus masih besar dan bisa di bagi lagi kita bagi lagi buat partisi baru sebesar 512MB
      4. Scan lagi partisi yg 512 MB tersebut keduanya dan lihat bad sector nya apakah hanya ada partisi yg pertama dan partisi yg kedua tidak ada kita abaikan lagi partisi yg kedua dan begitu seterusnya sampai BLOCK bad sectornya sudah terpisah dari partisi yg masih bagus .. kemudian partisi2 yg bagus tadi kita satukan kembali dengan KLIK MERGE di minitool partition wizard

      Hapus
  2. coba di tes dlu...?
    moga berhasil..

    BalasHapus
  3. om,
    jika bad nya di tengah2,
    trus kita potong menjadi 3 bagian kan,
    nah yg awal dan akhir kan no bad,
    itu bisa di satuin gag?!!?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya rasa ga akan bisa.. kecuali jika partisi yg akan disatukan berada di sisi sebelah partisi yg bersangkutan,,
      contoh :
      Partisi 1, 2, 3
      1. Partisi 1 dan 2 bisa disatukan
      2. partisi 1 dan 3 tidak bisa disatukan begitu juga sebaliknya
      3. Partisi 2 dan 1 bisa di satukan

      Hapus
    2. Bisa disatukan dengan software Minitool Partition Wizard yang premium/berbayar bukan yang free

      Hapus
  4. om partisi drive C saya ada 2 balok merah (bad sector) padahal letak Windows ane di drive C
    misal kalau drive C nya saya resize, nanti windowsnya rusak/corrupt nggak om?

    ditunggu jawabannya
    thanks yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa di resize bukan di repair aja dulu hardisknya kalau di resize ada kemungkinan rusak/corrupt antara 10% bisa terkena corrupt jadi hanya sedikit kemungkinan corrupt nya..

      Hapus
    2. Saya baru saja me-resize partisi C yg ada windows nya dan saya resize dengan partisi lain yaitu D dan hasilnya tidak corrupt aman-aman saja.. walaupun sedikit lama karena me-resize nya karena dengan me-resize maka data yg ada di drive D di copy secara otomatis ke Drive C

      Hapus
  5. Nah Kalau saya di bios HDnya ke detect tapi di device manager dan disk managementnya ga ke ditect, pas di coba di recovery pake r-studio ga ke detect juga... apa klw pake minitool ini bisa ke ditect...? atau ada cara lain kah...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena hardisk nya sudah rusak.. jadi klo di bios emang suka ke detek tapi klo pas di windows dan pake aplikasi partisi biasanya ga ke detek,, dan apabila kedetek jika hardisak sudah rusak akan tertera tulisan BAD DISK .. yg berarti hardisk sudah rusak.. coba aja pake minitool partition wizard

      Hapus
  6. Jika windowsnya tidak bisa booting,, solusi bad sectornya gimana _??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cari software yg versi dos seperti HBCD atau Partition manager dll via cd atau Flashdisk

      Hapus
  7. Dengan merisize seperti ini, apa data di partisi kita hilang?

    BalasHapus
  8. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agne.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone : 085363402103
    PIN : 5C0C4F38

    Segera Mendaftar Sebelum Terlambat. !!!

    BalasHapus
Halaman komen:

Kritik dan Saran boleh tapi diusahakan dengan bahasa yg sopan, jika memakai bahasa yang tidak sopan maka berarti Anda sudah meng-izin-kan untuk transfer dosa saya ke Anda yg berkata tidak sopan, sekali lagi Maaf saya berkata seperti ini

Copyright© 2013 - Sejenis Info | Designed by Zein Okeh.
All Rights Reserved.