Rabu, 04 September 2013

Cara memperbaiki hardisk yang bad sector yang bukan rusak fisik

gyta juwita | Rabu, 04 September 2013 1 Comment so far
Badsector pada HDD (harddisk) memang kerap kali terjadi pada komputer ataupun laptop yang kita pakai sehari-hari, bisa dikarenakan bad sector secara fisik atau bad sector hanya software nya dua kemungkinan ini pasti akan terjadi pada hdd (hardisk ) yang terlalu banyak menampung kegiatan atau banyak menjalankan aplikasi yang berat-berat. Pada hardisk yang bad sector fisik itu kemungkinan besar tidak bisa lagi diperbaiki namun data masih bisa diselamatkan di tempat service atau tempat dimana melayani penyelamatan data pada hdd (harddisk) yang sudah rusak.

Pada hdd (harddisk) yang bad sectornya bukan pada fisik yaitu hanya pada bagian software atau sejenis saya juga kurang terlalu banyak mengerti tentang hal itu, tapi saya sudah mencoba pada beberapa beberapa hdd (harddisk ) yang bad sector dan sebagian bisa diperbaiki dan sebagiannya lagi malah matot (mati total) tidak bisa diperbaiki lagi.

Jika harddisk sudah mulai memberikan suara yang lumayan keras terkadang itupun masih bisa di perbaiki namun kadang tidak lama biasanya kembali menjadi bad sector windows akan sering hang/lag dan akan semakin parah sampai tidak bisa di gunakan lagi. Untuk itu jika hdd (harddisk) sudah keluar bunyi yang sangat keras segera backup semua data yang ada.

Beberapa penyebab harddisk cepat terkena bad sector diantaranya komputer yang sering nge-restart secara berulang atau sering mati listrik karena tidak kuat menampung banyak daya, sehingga harddsik mengalami crash dan sering hang, dan harddisk sudah terkena bad sector maka pada saat kita sedang menjalankan sebuah aplikasi dan sering macet atau lag dan hang  sampai aplikasi pun tidak bisa muncul lagi dan harus di restart ulang windows yang dijalankan.

Cara cek harddrive atau hardisk apakah terkena bad sector atau tidak, bisa kita cek dengan Minitool partition wizard, sebuah software windows yang bisa kita pakai untuk membuat, memotong, wipe dan cek hardisk dari bad sector, bisa di download di sini.

1. Download dan install aplikasi Minitool partition wizard disini.
2. Setelah di download dan di install bisa kita langsung gunakan.
3. Buka Minitool partition wizard dan lihat harddisk yang akan kita cek dan klik mouse sebelah kanan dan disana akan ada pilihan "Surface Test" dan klik mouse sebelah kiri, kemudian setelah jendela baru muncul silahkan klik tombol start yang ada di sebelah kanan.
4. Scan akan berjalan, jika warna kotak kecil tersebut adalah warna hijau maka sector atau block tersebut aman atau bagus, dan jika kotak kecil yang sudah dilewati adalah warna merah maka itu adalah berita buruk karena itu adalah sector/block yang rusak atau bad sector, harus segera di perbaiki dengan software yang lain jika masih bisa.
minitool partition wizard surface tests

Cara pertama untuk memperbaiki repair/recover bad sector pada hardisk adalah dengan menggunakan HDAT software :


1. Download HDAT software disini. bisa digunakan untuk komputer, laptop dan juga netbook.
2. Setelah didownload extract ke folder dan burn pada cd/dvd kosong dengan menggunakan aplikasi yang disukai misalnya iso buster, isomaster atau nero. Selain itu juga bagi yang sudah punya CD/DVD HBCD itu bisa digunakan karena didalam nya sudah terdapat berbagai macam software gratis untuk hardisk repair dan lainnya.

3. Pada contoh ini saya menggunakan HDAT yang ada di HBCD silahkan cari di google dengan mengetikan hbcd untuk download iso file nya.

memperbaiki hardisk yang rusak dengan hdat

4. Setelah terpilih harddisk yang akan diperbaiki selanjutnya enter pada keyboard dan pilih pada bagian pertama yaitu "Drive Level Tests Menu" yang nanti nya akan diberi arahan lagi ke jendela baru.
drive repair menu hdat

5. Kemudian silahkan pilih yang bagian pertama juga yaitu "Read and Repair bad sector" yang nantinya proses memperbaiki hardisk segera berjalan.
read and repair bad sector

6. Tunggu proses scan dan repair hdd sedang berlangsung hingga 100%, scan proses adalah warna biru dan jika tidak ditemukan bad sector pada hardisk maka garis birus tersebut akan semuanya berwarna biru namun jika garis biru tersebut terdapat huruf B warna merah itu sudah dipastikan adalah bad sector dan jika hdat mampu memperbaiki nya maka bad sector tersebut setelah di scan ulang akan hilang, yang berarti bad sector sudah di perbaiki dan sudah tidak ada lagi sector yang rusak.
repair scan bad sector hdd laptop computer

Cara kedua untuk memperbaiki hardisk yang rusak / bad sector yaitu dengan menggunakan HDD Regenerator :


1. Download HDD Regenerator versi windows disini untuk versi yang dos bisa menggunakan HBCD.
2. Setelah di download dan di install jalankan hdd regenerator tersebut dan pilih hard drive atau hardisk yang di scan bad sectornya.
hdd regenerator bad sector repair
3. Oh iya lupa gambar hdd regenerator diatas saya memakai contoh hdd regenerator versi dos dari hbcd, setelah dipilih hdd yang akan di perbaiki selanjutnya pilih bagian pertama yaitu nomor satu scan and repair dengan mengklik tombol 1 di keyboard dan enter.

hard drive scan memperbaiki yang rusak
4. Untuk memulai scan dan repair hardisk mulai dari 0 (nol) maka langsung klik enter dari keyboard dan apabila ingin mulai dari tengah-tengah atau bagian tertentu maka ketikan angka sebesar yang akan kita scan misalnya mulai dari 1gb maka ketikan angka1024mb dan enter.
cara memperbaiki hdd yang rusak

5. Dari gambar diatas pada no 4 itu adalah hdd regenerator yang sedang berjalan untuk memperbaiki block atau sector yang rusak, jika kotak persegi panjang tersebut berwarna putih semua setelah scan selesai yaitu 100% maka hardisk tidak mengalami masalah dan jika kotak yang persegi panjang tersebut ada huruf "B" atau warna merah maka proses recovered sector hdd yang rusak sedang berlangsung dan jika disana terdapat huruf "R" warna biru itu berarti proses recovered atau proses memperbaiki sudah berhasil dilakukan.

Ada kemungkinan besar jika hardisk yang rusaknya sudah parah rusak pada fisik maka walaupun disana sudah terdapat huruf "R" atau tanda bahwa hdd sudah berhasil di perbaiki dan setelah kita restart komputer yang bersangkutan dan cek ulang dengan hdd regenerator jika setelah di cek masih terdapat bad sector pada sector atau block yang tadi maka hardisk sudah tidak bisa diperbaiki coba gunakan low level format dengan tool yang disediakan oleh merk hardisk masing-masing misalnya jika hardisk adalah maxtor maka cari di google tool atau software maxtor untuk scan dan low level format dengan begitu hdd akan menjadi terformat seluruhnya dan tidak bisa dikembalikan lagi dengan recovered software. untuk low level format bisa juga menggunakan HDD Low Level Format Tool.

Dan masih banyak software untuk memperbaiki hard disk yang rusak dengan cara berbeda juga.
Semoga bisa membantu dan semoga juga berhasil berhasil berhasil :) memperbaiki hardisk yang rusak atau hardisk yang terkena bad sector tersebut.
Description: Cara memperbaiki hardisk yang bad sector yang bukan rusak fisik Rating: 4.5 Reviewer: Reviewer - ItemReviewed: Cara memperbaiki hardisk yang bad sector yang bukan rusak fisik
Ditulis oleh: Zein Okeh Sejenis Info Updated at : 13.34

1 komentar:

Halaman komen:
  1. thanks gan buat artikelnya ... mau dicobain gan
    kunjungi juga Rajalistrik.com

    BalasHapus
Halaman komen:

Kritik dan Saran boleh tapi diusahakan dengan bahasa yg sopan, jika memakai bahasa yang tidak sopan maka berarti Anda sudah meng-izin-kan untuk transfer dosa saya ke Anda yg berkata tidak sopan, sekali lagi Maaf saya berkata seperti ini

Copyright© 2013 - Sejenis Info | Designed by Zein Okeh.
All Rights Reserved.