Cara instal windows 7 di virtualbox ubuntu ataupun windows

Untuk menginstal windows 7 selain di instal di komputer atau pun laptop bisa juga kita lakukan dengan instal windows 7 di virtualbox dan netbook, cara untuk instal windows 7 di netbook harus dilakukan dengan usb flashdisk, sebelumnya flashdisk harus sudah terisi live cd windows 7 dan ini adalah hal yang harus di lakukan.

Apa sih Virtualbox itu ? Virtualbox adalah class-platform atau semacam virtual mesin yang gunanya untuk menginstal multiple sistem operasi pada komputer atau laptop secara bersamaan di dalam sistem operasi yang sedang dijalankan, seperti windows, linux, mac os x dan solaris serta install android x86. Misalnya kita akan menginstal linux ubuntu di sistem operasi windows yang kita jalankan dikomputer atau laptop atau sebaliknya , juga instal windows di linux ubuntu, instal mac os di windows dan begitu terus sebaliknya. dan virtualbox yang saya pakai adalah virtualbox dari oracle.

Oracle Virtualbox terbaru pada saat ini terhitung pada saat tulisan ini di posting 14 juni 2013 adalah versi 4.2.12 dan tersedia untuk beberapa sistem operasi seperti windows (32/64bit), Solaris, Mac OS X, Linux ubuntu, debian dan lain sebagainya.

Disini saya hanya akan menjelaskan sedikit tips tentang cara instalasi windows 7 di virtualbox, saya memakai sistem operasi ubuntu untuk menjalankannya jadi instal windows 7 di virtualbox ubuntu namun cara nya hampir sama atau bahkan sama apabila kita menginstal windows 7 di virtualbox sistem operasi windows dan sistem operasi lainnya.

Cara install windows 7 di virtualbox Berikut langkah nya :

1. Download virtualbox oracle yang sesuai dengan sistem operasi yang digunakan disini.
2. Instal virtualbox nya dan lakukan tahap berikutnya
3. Persiapan awal supaya lebih gampang dan cepat waktu penginstalan windows 7 nya di convet ke iso untuk meng-convert atau kompres windows 7 dari cd ke iso bisa dilakukan dengan ultraiso, Nero ataupun isomaster dan software iso lainnya sesuai dengan kesukaan.
4. Buka virtualbox dan isi setiap intruski yang diharuskan. Seperti terlihat pada gambar klik New dan nanti ada jendela baru klik next.
instal windows 7 di virtualbox

5. Jendela baru akan muncul dan isi sesuai dengan keinginan misalnya namanya windows 7 dan klik next.

virtualbox windows 7 ubuntu

6. Berikutnya seting memory atau RAM jika komputer atau laptop nya hanya mempunyai RAM sebesar 1GB maka isi dengan 512 dan jika RAM 2gb bisa di isi 1024 kemudian klik next untuk ke tahap selanjutnya. Dan ini bisa kita sesuaikan kembali di menu setting virtualbox.
seting memory virtualbox

7.Pilih yang create new hard disk untuk membuat virtual harddisk dan klik next.
membuat virtual harddisk di virtualbox

8. Pada pilihan ini pilih saja Virtual harddisk yang dari virtualbox itu sendiri yaitu VDI kemudian klik next.
vdi virtualbox windows 7

9. Ada dua pilihan untuk create new virtualdisk nya kita bisa saja memilih yang Dynamically allocated tapi biar kinerja nya lebih baik dan lebih cepat maka pilih saja yang fixed size.
virtualbox harddisk fixed size

10. Selanjutnya akan di bawa ke jendela baru yaitu menentukan besar kecilnya ukuran virtual harddisk yang akan di pakai, untuk ukuran instal windows 7 minimal sebesar 10GB, ukuran windows 7 saat di instal adalah sekitar 6GB. Setelah menentukan ukuran nya langsung klik next dan klik create untuk memulai membuat virtual harddisk tunngu sebentar sampai pembuatan selesai dan klik create kembali untuk penyelesaian mengatur pengaturan virtualbox baru.
ukuran harddisk virtual box

11. Setelah pengaturan diatas selesai dilakukan, selanjutnya adalah menseting boot live cd windows 7 nya bisa itu dvd windows 7 atau windows 7 yang sudah di kompres ke iso file dengan men-klik tombol Setting di virtualbox seperti pada gambar di bawah ini.

setting virtualbox bootable windows 7

12. Setelah klik tombol choose disk tadi maka akan keluar jendela baru yaitu dimana kita harus membuka file windows 7 iso yang tersimpan di harddisk, pilih dan klik ok.

13. Windows 7 iso nya atau dvd windows 7 sudah di tempatkan selanjutnya yaitu klik tombol start untuk memulai instalasi windows 7.

14. Jika klik start sudah dilakukan maka akan muncul atau keluar jendela baru yaitu jendela untuk memulai penginstalan windows 7.


15. Instalasi windows 7 segera dilakukan di virtualbox, pilih bahasa ke indonesia, kemudian klik next.
instalasi windows 7 divirtualbox sedang berlangsung

16. Centang kotak I accept the licence terms dan klik next.

17.  Jika virtual harddisk belum di format maka klik Drive Options untuk memformat partisi baru.

18. Klik tombol New dan klik Apply untuk memulai format harddisk.

19. Nanti akan ada dua partisi yaitu yang pertama untuk partisi kurang lebih sekitar 100MB adalah untuk booting windows dan partisi kedua untuk instalasi windows 7, pilih partisi yang kedua atau partisi yang lebih besar.
pilih partisi windows 7 yg besar

20. Tunggu hingga proses peng-copy-an selesai. Dan nanti akanmerestart secara otomatis dan kembali dengan proses instalasi nya atau completing installation, dan restar kembali secara otomatis dan setup terakhir akan muncul.


21. Proses instalasi tahap akhir dengan memberikan nama PC, password dan serial number windows 7 atau untuk activation serta yang lainnya bisa dilakukan sendiri tanpa saya cantumkan gambar nya :).

22. Proses pengisian dan pengaturan windows 7 selesai  maka akan muncul windows 7 anda yang baru saja di instal di virtualbox.

windows 7 siap

Sebenarnya proses instalasi windows 7, windows xp, windows 8 langkahnya hampir sama yang dilakukan di virtualbox untuk laptop, netbook dan komputer, namun untuk windows 8 mungkin memerlukan spesifikasi komputer atau pc yang lebih tinggi dan memilik KVM atau virtualitation yang memadai untuk instal windows 8 di virtualbox.

Komentar

  1. Lumayan panjang langkahnya ya, tapi tak apalah namanya juga lg belajar jadi agak merasa ini sulit.
    http://fmizar.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lumayan panjang .. :) cuman awalnya saja

      Hapus
  2. wah sangat membantu sekali tutorial cara instal windowsnya,. salam kenal gan dari softwarepcmania

    BalasHapus
  3. terima kasih informasinya gan..

    BalasHapus
  4. postingan yang bermanfaat min, makasih sudah sahre ilmunya ya .
    solder uap

    BalasHapus

Posting Komentar

Kritik dan Saran boleh tapi diusahakan dengan bahasa yg sopan, jika memakai bahasa yang tidak sopan maka berarti Anda sudah meng-izin-kan untuk transfer dosa saya ke Anda yg berkata tidak sopan, sekali lagi Maaf saya berkata seperti ini