Aplikasi screen capture untuk android dengan dan tanpa root

Berawal dari pertanyaan yang di lontarkan pada saya dari seseorang yang mempunyai hp android "Bagaimana cara mem foto gambar yang ada di android ?" Terus saya bilang aplikasi screenshot android ? nah semacam begitu lah pertanyaan nya yang kebetulan pada saat itu masih baru dan belum satu minggu menggunakan hp android mungkin masih belajar sama ma saya dan sebenarnya awalnya saya juga tidak tahu bagaimana cara nya ! hihihihi.

Tapi berhubung internet sekarang sudah mudah maka saya pun sedikit membuka internet di kamar saya dan cari deh di google, ternyata banyak sekali aplikasi yang terdapat di pencarian google, ada yang bisa juga tidak perlu memakai aplikasi dan tanpa root dan ada juga aplikasi screen shot atau screen capture yang perlu aplikasi dan root. Itu sih tergantung pilihan dari teman-teman mana yang terbaik untuk di gunakan.

Kebetulan juga pada saat itu saya menemukan sebuah blog yang saya lupa lagi blog nya apa maaf saya tuangkan kembali ilmu nya di blog saya ini, yaitu cara screenshot gambar di android tanpa aplikasi di hp android samsung young dan yang memberikan pertanyaan ke saya juga kebetulan lagi hp nya samsung young s5360 kalo ga salah. Aduh banyak kebetulan, sebenarnya tidak yang kebetulan yah semuanya sudah diatur. Yang pertama saya berikan sebuah cara screen capture gambar di android yang tanpa aplikasi terlebih dahulu. Dibawah ini cara screenshot layar di hp samsung dan ini adalah untuk screenshot layar di hp smartfren andromax ADXXX.

* Cara Screenshot gambar android tanpa aplikasi dan tanpa root di hp samsung galaxy Y GT s5360.

1. Pegang hp nya dan nyalakan :).

2. Setelah nyala dan arah kan hp ke gambar yang akan di cetak atau di capture.

3. Gambar sudah siap untuk di shot kemudian untuk yg muslim baca bismillah dulu ya hehehe, setelah baca bismillah

  • Tekan tombol Home yang ada di bawah bagian tengah dan tombol Power atau tombol ON/OF hingga kurang lebih 2 detik dan lepaskan, setelah dilepas biasanya akan langsung memfoto gambar layar yang ada di disana.
Dan jika tidak bisa coba seperti dibawah ini
  • Tekan dan tahan tombol tengah atau tombol home dan tombol power atau tombol on/of secara bersamaan 
  • Kemudian jika dilayar muncul jendela baru yaitu  jendela aplikasi yg lain yang sudah kita buka maka untuk menghilangkannya klik tombol back sekali sampai jendela tersebut hilang dari layar.
  • Tekan beberapa detik kira-kira 2 sampai 3 detik kemudian lepas dan nanti jika berhasil akan keluar bunyi cekrek dan layar terlihat berkedip seperti sudah di capture.
  • Hasilnya bisa di lihat galery dan folder screenshots
gambar akan hasil capturing atau di cetak disimpan di folder screenshots bisa di internal atau di external sdcard, pokoknya cari saja folder Screenshots.
screenshot layar disamsung galaxy android

4 Untuk mengetahui hasilnya buka galery dan lihat folder screenshot nah disitu hasilnya.

* Cara Screen shot atau capture gambar di android dengan aplikasi :

Terdapat beberapa aplikasi screen shot android apk gratis maupun berbayar  yang berada di google play bisa kita pilih sesuai dengan pilihan kita dan sesuai dengan kebutuhan dan kita download dan instal deh.

1. No Root Screenshot It, aplikasi android screen capture yang berbayar tetapi penggunaannya tidak perlu me root hp android kita jadi bisa langsung digunakan.

2. Screenshot Ultimate yang dibuat oleh Ice Cold Apps. Aplikasi screen capture untuk android yang satu ini ada dua pilihan bisa dengan root dan tidak memerlukan root katanya dan saya coba di setting method nya dan saya gunakan no root tapi tidak bisa mungkin hp android yg saya gunakan adalah hp android emulator jadi error !! :(.
screenshot ultimate apk android

3. Screenshot oleh Kastor Soft, namanya nya aja sudah screenshot berarti gunanya ya buat nge screenshot gambar di android, aduh definis yang tidak bermutu bgt heheh. Setelah saya coba dan saya baca sebelum menginstal android hp kita sudah harus di rooted. Padahal kita bisa menyimpan hasil capture nya menjadi gambar JPG, BITMAP atau PNG. Dan ada beberapa pilhan lain nya seperti foto menjadi memutar secara otomatis atau bisa kita goyangkan hp androidnya untuk capture gambar mungkin begitu ya yang ada tulisan shake nya soalnya saya belum mencoba untuk yang shake nya :).
screenshot free android

4. Screenshot Free Oleh Wise Shark Software, nah yang satu ini belum saya coba, coba aja sendiri yahh nanti kalau dah dicoba kasih tau saya bagaimana hasilnya dan apakah hp androidnya harus di root atau tidak :).

Kalau misalkan ada salah-salah kata mohon di maafin ya. :)

Komentar

  1. bagaimana kalau pakai axioo tanpa aplikasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari sumber http://www.ngrambe.net/2013/01/cara-screenshot-axioo-picopad-5-gea.html
      Cara screenshot Axioo Picopad 5 GEA adalah sebagai berikut :

      1. Arahkan ke bagian yg akan di screenshot.
      2. Tekan tombol secara bersamaan yaitu tombol Volume down + Tombol power selama 2detik.
      3. Tunggu sebentar yaitu sekitar beberapa detik hingga bunyi terdengar seperti suara memotret
      4. Screenshot yang berhasil di capture file akan disimpan di /sdcard/screenshot

      Sumber nya bisa dilihat di blog ini http://www.ngrambe.net/2013/01/cara-screenshot-axioo-picopad-5-gea.html

      Hapus
  2. cara yg pertama koq gk bsa gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samsung galaxy apa gan yg dipakai ?
      Klo yg diatas samsung galaxy Y GT s5360.
      cara nya tekan tombol power dan tombol yang ditengah secara bersamaan hingga beberapa detik untk tombol back itu hanya jika muncul aplikasi yg lain di layar maka tekan tombol back

      Hapus
  3. Gan kalo pake Sony Xperia L gimana nih,?? apa harus pake aplikasinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada kebanyakan perangkat untuk screenshot layar biasanya menggunakan tombol power dan tombol volume UP atau Volume down ditekan secara bersamaan hingga beberapa detik sampai layar berkedip dan ada bunyi cekrek

      Sony Xperia U dengan menekan tombol power + tombol volume Down (volume utnuk mengecilkan suara) Tekan secara bersamaan tunggu hingga layar berkedip dan hasil foto akan di simpan di SDcard/pictures/screenshots

      Sony Xperia u sumber http://talk.sonymobile.com/t5/Xperia-U/How-to-screen-capture-in-xperia-u-when-updated-it-with-ICS/td-p/253349

      Hapus
    2. hpku Cross A7s tombol power & vol down ditekan bareng bbrp dtk ,bisa, trims...

      Hapus
    3. Sipp,, makasih dan mampir dan baca disini :)

      Hapus
  4. kok gak bsa ya cara yg pertama di samsung galaxy Y GT s5360. sebelum nya gw udh coba jugak .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tekan tombol power dan tombol yg ada ditengah saja jgn tekan tombol yg back yg no 3 yg terlihat di gambar, jadi tombol no 1 dan no 2 saja yang harus ditekan secara bersamaan.

      Hapus
    2. udh saiia coba, tpi ttap aja kagak mau :)

      Hapus
    3. Saya barusan nyoba tapi bisa di samsung galaxy y gt s5360
      1. Tekan tombol power atau tombol on/of berbarengan sama tombol yg ada ditengah tombol home kali ya
      2. Tekan beberapa detik sekitar 3 detik lebih dan jika muncul tampilan lain yaitu tampilan pilihan aplikasi yg sudah dibuka maka klik tombol back sekali kemudian lepas maka gbr akan segera di screenshot,
      3. Layar akan berkedip dan bersuara cekrek atau silahkan lihat di galery di folder screenshots siapa tahu udh ada disana.

      Hapus
  5. Kalau Untuk Tab Lenovo Ideatab A1000 Gmn..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebanyakan dari tablet dan hp android untuk melakukan capturing atau screenshot layar biasanya menggunakan tombol power + volume down (Tombol mengecilkan suara ) atau volume up (Tombol memperbesar suara) jadi mungkin sebaiknya di coba dengan menekan tombol power + tombol Volume up atau Volume down secara bersamaan hingga beberapa detik sampai layar terlihat berkedip

      Hapus
    2. Wah infonya beguna bgt...
      Dr kmren cri screenshot bwt ni tab..
      Psti jwbnya kudu pake root...
      Makasi bgt..ni infonya...moga amal d bls tuhan yg maha kuasa

      Ammmminnnnn.....

      Hapus
  6. min kalo screenshoot pake hp samsung Lafleur gimana :( .????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tau juga tapi coba dari ketiga cara dibawah ini siapa tahu ada yg benar

      1. Coba tekan tombol power + tombol volume down (tombol mengecilkan suara) beberapa detik sampai keluar bunyi cekrek atau layar berkedip.

      2. Tekan tombol Power + volume UP atau tombol memperbesar suara hingga beberapa detik sampai layar berkedip

      3. Tekan tombol Back atau tombol kembali kemudian tekan tombol home secara bersamaan hingga beberapa detik sampai layar berkedip.

      Hapus
  7. Gan klo sony esperia J, gmn...??
    Mohon bantuannya gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di coba dengan menekan tombol power bersamaan dengan tombol volume down atau tombol untuk mengecilkan suara tekan secara bersama sampai kira-kira 2 atau 3 detik sampai muncul suara cekrek atau bisa dilihat di http://sejenisinfo.blogspot.com/2013/09/5-smartphone-untuk-cara-screenshot.html

      Hapus
    2. Klw samsung gt-p1000,gimana?

      Hapus
    3. Kurang tau juga tapi coba dari ketiga cara dibawah ini siapa tahu ada yg benar

      1. Coba tekan tombol power + tombol volume down (tombol mengecilkan suara) beberapa detik sampai keluar bunyi cekrek atau layar berkedip.

      2. Tekan tombol Power + volume UP atau tombol memperbesar suara hingga beberapa detik sampai layar berkedip

      3. Tekan tombol Power + tombol home secara bersamaan hingga beberapa detik sampai layar berkedip.

      mudah-mudahan ada yg bisa

      Hapus
  8. bang klo buat samsung galaxy tab GT-P3100 gmn ya????
    kok ak download ga bisa2????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah cara diatas sudah dicoba kalau belum coba beberapa cara dibawah ini :
      1. Tekan tombol power + volume down atau tombol untuk mengecilkan suara secara bersama sampai beberapa detik sampai suara cekrek keluar dan layar berkedip

      2. Tekan tombol power + Tombol Home secara bersama
      3. Tekan tombol lpower + tombol Volume up

      Yang ga bisa didownload itu yang mana dan pesan error nya seperti apa ?

      Hapus
  9. berhasil loh caranya :D pake tombol power dgn home bersamaan . sy pake samsung s4 mini . makasih min infonya :D

    BalasHapus
  10. Kalo hp mito A300 gmna gan cara nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. COba tekan power dan tombol volume bawah tekan secara bersamaan

      Hapus
  11. Kalo untuk samsung galaxy mega 5,8 gmna caranya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya sama dengan samsung galaxy young yg diatas yaitu dengan cara Tekan tombol power dan tombol home secara bersamaan hingga bbeberapa detik sampai ada bunyi atau layar berkedip tanda capturing sudah dilakukan,, dan hasil gambar ada di folder screenshot
      sumber dan bisa dilihat juga caranya disini http://howtotakescreenshot.org/samsung-galaxy-mega-5-8

      Hapus
  12. gan kalau Maxtron Vein gmana
    di sms aja 087836765773

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya ga bisa sms karena hp saya mati..
      saya juga kurang begitu tau tentang screen shot atau screen capture di maxtron vein tapi dilihat dari gambarnya ada kemungkinan cara dibawah ini berhasil :
      Dan setiap menekan tombol yg bersangkutan harus secara bersama-sama.

      1. Tekan tombol power + tombol home atau tombol yang ada bawah yg ditengah tekan secara bersamaan hingga beberapa detik sampai ada bunyi cekrek atau layar berkedip tanda layar sudah di foto atau di capture. jika tidak berarti bukan dengan cara ini. untuk melihat hasilnya coba buka di galeri dan lihat folder sreenshot

      2. Tekan tombol Power + tombol volume UP atau tombol untuk membesar suara tekan secara bersama hingga bbrapa detik jika tidak berarti bukan dengan cara ini.

      3. Tekan tombol power + tombol Volume down atau tombol untuk mengecilkan suara tekan secara bersamaan hingga beberapa detik tunggu hingga layar berkedip jika tidak berarti bukan dengan cara ini.

      Hapus
  13. kalau andromax u gimana min ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tekan tombol power + tombol volume down atau tombol untuk mengecilkan suara. secara bersamaaan hingga sekitar tiga detik dan lepas biasanya sebelum dilepas layar akan berkedip dan bersuara cekrek jika berhasil mencapture gambar dan hasilnya buka aja di gallery dan ada difolder screenshot atau tangkapan layar

      Hapus
  14. Agan ,,, kalo galaxy grand GT-19082 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba tekan tombol power dan tombol volume down secara bersamaan hingga 2 atao tiga detik dan lepas .
      Atau Tekan tombol power + tombol volume up tekan secara bersama hingga beberapa 2 sampai 3 detik dan lepas

      Hasil nya buka gallery dan lihat di folder screenshot atau folder tangkapan layar

      Hapus
  15. Kalau dari Smartfren Andromax C3 gmna caranya gan..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya tekan tombol power bersamaan dengan tombol volume atas atau volume bawah coba aja keduanya.

      Tekan tombol power + tombol volume atas atau bawah tekan nya harus bareng sekaligus dan tunggu beberapa detik, dan biasanya ada bunyi cekrek atau apa gitu bunyinya, dan layar biasanya berkedip tanda udah selesai men-screenshot / men-capture.

      Hapus
  16. Kl pakai LG G3 gimana min udah aku coba gak bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk LG G3 tombol screenshotnya ada di belakang yaitu dibawah camera ada tombol untuk screenshot sumber dan gambar bisa dilihat di link ini http://www.androidauthority.com/lg-g3-screenshot-404670/

      Hapus
  17. Tombol kunci hpku gabisa dipake alias mati total. terus gimana kalo ngescreenshot? :( Mohon saran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pake aplikasi nscreenshot yg tidak perlu tekan tombol tapi ada tombol di aplikasinya coba yg dibawah ini :

      1. Screen ultimate ---> https://play.google.com/store/apps/details?id=com.icecoldapps.screenshotultimate&hl=en
      2. Screenshot ---> https://play.google.com/store/apps/details?id=com.enlightment.screenshot&hl=en

      Atau coba cari aplikasi yg lain jika yg diatas tidak cocok

      Hapus
  18. Minimal deposit 50rb
    Bonus member baru 30%
    Bonus harian 5%
    Aman & Terpercaya
    hanya di bit.do/bolay0

    Whatsapp kami
    bit.do/WA_BOLAYO

    +6282321807397

    BalasHapus
  19. Minimal deposit 50rb
    Bonus member baru 30%
    Bonus harian 5%
    Aman & Terpercaya
    hanya di bit.do/bolay0

    Whatsapp kami
    bit.do/WA_BOLAYO

    +6282321807397

    BalasHapus

Posting Komentar

Kritik dan Saran boleh tapi diusahakan dengan bahasa yg sopan, jika memakai bahasa yang tidak sopan maka berarti Anda sudah meng-izin-kan untuk transfer dosa saya ke Anda yg berkata tidak sopan, sekali lagi Maaf saya berkata seperti ini