Cara install android di pc atau di komputer dual boot dgn windows OS

Sebelumnya sudah saya singgung sedikit mengenai cara menginstall android ini di posting yang terdahulu yaitu Dual boot atau triple boot Windows 8 ubuntu dan android x86, namun kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial tentang bagaimana cara install Android OS di pc atau komputer dan juga bisa melakukan instal android di laptop atau notebook dan netbook barang kali, namun android nya android x86 bukan yang versi android ARM tapi tetap saja sama dan bisa instal berbagai aplikasi android hp.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kita akan menginstall android di pc atau komputer yaitu, memisahkan partisi android dengan windows jika anda memiliki instalasi windows di komputer anda. Misalnya jika windows di install di Drive C maka diusahakan android di install di Drive D atau Drive yg lain. Sehingga sistem operasi nya tidak akan berantakan. Tapi berhubung android x86 hanya memerlukan maksimal saja cuman 2GB untuk image sdcard di android 4.0 dan berada pada satu folder sehingga tidak memerlukan banyak ruang dan apabila akan disatukan dengan windows di drive C juga tidak apa-apa asal pas nge install android nya jangan di format dan grub android juga jangan di instal, tapi jika partisi nya ntfs maka android tidak akan bisa akses sebagai root harus di instal di partisi ext3 atau fat32.

Disini saya berikan sedikit tutorial cara install android di windows artinya menginstall android dilakukan bersamaan dengan dengan windows os atau dual boot system. Android yang di install di pc adalah android 4.0 atau android ics (Ice Cream Sandwich) Jadi setelah kita menginstal keduanya antara windows dan android maka bisa kita jalankan keduanya saat booting pertama komputer anda melalui pilihan di grub. Grub adalah alat open source linux untuk booting ke dalam sistem operasi atau bootloader.

Tenang saja setelah anda menginstal android di PC atau komputer, sistem operasi yang lain seperti windows xp, windows vista, windows 7 atau linux ubuntu tidak akan terhapus asalkan anda tidak memformat partisi yang bersangkutan pada saat menginstal android di pc.

Update :
Sedikit tambahan selain android-x86 kita juga bisa memakai android emulator dengan android sdk atau dengan android bluestacks di windows berbarengan dengan sistem operasi yang digunakan, dengan masing-masing android emulator tersebut kita juga bisa meng-instal whatsapp dan wechat dan aplikasi android lainnya.

Terlalu panjang saya bertele-tele, baiklah ini beberapa tips yang harus dilakukan untuk menginstal android di PC atau komputer dan juga laptop dibawah ini. Atau lihat video di akhir posting ini. Sengaja saya membuat dua cara supaya panjang saja posting nya :).

Update :  
Catatan  : Sebenarnya cara yang pertama ini tidak direkomendasikan atau dianjurkan karena jika windows pada saat instalisasi android tidak terdeteksi oleh grub maka windows yang telah di install di komputer tidak akan ada pilihan booting atau pilihan masuk untuk ke windows tapi sebenarnya masih bisa dikembalikan boot untuk ke windowsnya dengan cara setting manual di grub nya. Windows terdeteksi oleh grub bisa dilihat pada no 9 pada cara pertama ini.

1. Cara install android di pc atau komputer, laptop juga bisa dual boot dgn windows OS dengan grub di android:

1. Download android x86 disini pilih sesuai dengan keinginan.
2. Burning atau bakar ke cd dengan software pilihan anda misalnya pake nero, iso master dll. Atau burn melalui usb flash disk dengan memakai isotousb atau unetbootin.
3. Buat partisi kosong yang akan di instal android pada partisi yang baru sebesar minimal 1GB. Disarankan partisi di format ke ext3 supaya android bisa akses root  dan pada windows format ext3 tidak akan terbaca jadi pakai aplikasi Explore2fs atau Ext2Fsd 0.51 untuk membuka partisi format ext3 di windows.
4. Restart komputer dan booting pertama ke cd atau usb flashdisk bisa dilihat caranya di cara ke 2 dibawah pada no 4.
5.  Boot pertama akan terlihat seperti ini. Untuk mulai instal pilih bagian yang terakhir yaitu tulisan installation.
android menu in pc

6. Pilih Partisi yang akan digunakan, hati-hati jangan sampai salah tempat karena jika salah bisa-bisa malah di instal di partisi yang ada windows nya, beruntung kalau pada saat install partisi yang bersangkutan tidak di format jadi windows masih ada. Saya sarankan untuk tidak di install di sda2 jika tampilan seperti di gambar dibawah ini, karena bisa jadi pada sda2 tersebut adalah partisi windows. Install di partisi yang baru dibuat. Pembacaan partisi windows terkadang beda dengan pembacaan partisi di linux. sda2 bisa terbaca sebagai drive C, drive D bahkan drive E jadi biasanya jika ada partisi baru saja dibuat itu berarti partisi tersebut ada di paling bawah misalnya di linux atau di android x86 itu adalah sda5.

7. Pada menu selanjutnya akan terlihat menu pilihan untuk memformat atau tidak seperti pada gambar dibawah ini, tapi disarankan di format ke ext3, biar android bisa akses root.
pilih menu instalasi android x86

8. Selanjutnya akan diminta untuk install grub, pilih yes saja untuk install grub nya.

9. Untuk yang Computer sudah terinstall windows maka pilihan untuk settingan windows digrub nya akan terdeteksi seperti pada gambar dibawah ini klik yes.
10. Android-x86 akan segera mulai install aplikasi nya dan segera akan ada pilihan lagi untuk menentukan kapasitas partisi image untuk aplikasi yang nanti nya akan di install, sesuaikan dengan kebutuhan defaultnya 512 mb dan bisa di tambah menjadi 2 giga misalnya dengan mengetikan 2048.


Kemudian tunggu hingga proses selesai. Dan selesai juga proses instalasi nya.

11. Pilihan dual booting grub untuk android dan windows.



Jika cara yang pertama gagal maka bisa pakai cara yang ke 2 dibawah ini

2. Cara install android di pc atau komputer, laptop juga bisa dual boot dgn windows OS dgn grub di windows:


1. Download sistem operasi Android untuk PC atau komputer disini. Android x86 yang saya gunakan adalah android-x86-4.0-RC2-tx2500.iso
2. Burning hasil download tadi ke CD atau usb drive. Untuk ngeburning melalui cd bisa menggunakan Nero, dan untuk ngeburn iso file ke usb bisa menggunakan iso to usb download disini atau bisa menggunakan winusb disini.
3. Buat partisi kosong di komputer dengan ukuran sebesar 1 GB jika nantinya tidak akan menginstall aplikasi seperti game dan aplikasi android yang besar lainnya. Tetapi Jika akan menginstall aplikasi android yang besar disarankan membuat partisi kosong sebesar yang di inginkan, misalnya 2GB atau lebih besar lagi "Bebas", eh tapi sepertinya maksimalnya 2GB kalau tidak salah. Partisi format dengan ext3 dan untuk membuka partisi dengan format ext3 atau partisi format linux di windows os bisa menggunakan Explore2fs atau Ext2Fsd 0.51. Untuk mempartisi bisa menggunakan mini tool partition wizard, partition magic atau windows manage. Caranya membagi dan format partisi di harddisk windows dengan mini tool partition wizard bisa di lihat di video dibawah ini.

4. Restart komputer dan masuk ke bios lihat kemenu boot, pindahkan menu boot yang pertama ke boot to usb atau pada beberapa komputer untuk memilih boot pada saat komputer baru menyala bisa langsung tekan F9 / F10 / F11 atau F12 tergantung setingan bios pada komputer anda. nah disana akan terlihat menu pilihan booting yang akan dipilih. Pilih yg usb. Bios setting bisa dilihat disini

5.  Tampilan pertama untuk menginstal android akan terlihat jika boot yg dipilih sesuai dengan device yang tersedia. Pilih install android.
android menu in pc

6. Pilih Partisi yang akan digunakan Di gambar dibawah di install di sda2 yg berarti nanti di setting grub nya adalah set root = hd0,2

7. Pada menu selanjutnya akan terlihat menu pilihan untuk memformat atau tidak seperti pada gambar dibawah ini, tapi disarankan di format ke ext3, biar android bisa akses root.
pilih menu instalasi android x86

8. Selanjutnya akan diminta untuk install grub atau tidak, pilih skip untuk tidak menginstall grub. Karena grub nya akan diinstall di windows.


9. Untuk menjadikan partisi yang diinstall android bisa di edit dan ditambah atau sebagainya pilih yes untuk read write partisi seperti.
pilih readwrite partisi android

10. Pilih yes untuk menyimpan data.img di harddisk, bisa disesuaikan dengan ukuran maksimal 2GB.
11. Setelah selesai reboot atau restart komputer dan masuk ke windows.
12. Download grub2 untuk windows disini. Extract grub2 untuk windows di drive C: Instal grub2.
13. Masuk ke folder grub2 kemudian instal grub2 di folder grub2 yaitu grub2win.exe nanti setelah grub2win.exe di klik dua kali akan ada grub.cfg buka dengan notepad dan tambahkan menu boot android dengan melihat grub di grub instalan android di usb instalasi dengan cara masuk ke android usb live cd dan disana akan ada pilihan, pilih yg bagian yang pertama yaitu Live CD - Run Android-x86 without installation kemudian klik tombol "Tab" di keyboard dan dibawah akan tersedia setting grub seperti > /kernel initrd=/initrd.img root=/dev/ram0 android.hardware dan seterusnya catat dan sesuaikan android.hardware=xxxxx grub dibawah ini setelah gambar dengan grub yang ada di usb live cd android instalasi nya di simpan pada bagian paling bawah notepad. Yang diganti atau yang disesuaikan adalah yang diberi beri no 2.
android live cd pc


### Android ###

menuentry "Android-x86 4.0-RC2" {
set root='(hd0,7)'
linux /android-4.0-RC2/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=tx2500 acpi_sleep=s3_bios,s3_mode SRC=/android-4.0-RC2 vga=788 DPI=16
initrd /android-4.0-RC2/initrd.img
}

menuentry "Android-x86 4.0-RC2 (Debug mode)" {
set root='(hd0,7)'
linux /android-4.0-RC2/kernel root=/dev/ram0 androidboot.hardware=tx2500 acpi_sleep=s3_bios,s3_mode DEBUG=1 SRC=/android-4.0-RC2 vga=788
initrd /android-4.0-RC2/initrd.img
}
### END Android###

Catatan : Tulisan yg berwarna merah disesuaikan dengan grub live cd seperti contoh gambar diatas mulai dari set root='(hd0,7)' ganti dengan partisi saat penginstalan android anda, atau misalnya jika android di install di partisi ke tiga atau Drive E:/ maka ganti (hd0,7) dengan (hd0,3), itupun jika pada partisi hanya terdapat primay saja tidak ada logical drive atau ext lba, jika terdapat  logical drive setelah drive C maka drive D jadi (hd0,5) keterangan selanjutnya tentang partisi pada linux atau grub bisa dilihat di bawah, dan nama eeepc ganti dengan nama android yg di install, bisa di lihat pd saat download iso android. Pokoknya tulisan yg di beri warna merah harus di rubah sesuai dengan yang ada pada masing-masing komputer yang di instal android. Dan satu lagi anda bisa mengubah vga=788 (800x600) dengan resolusi yang sesuai dengan komputer atau laptop yang bersangkutan, misal vga=791 (1024x768) untuk melihat semua mode vga=ask, DPI=16 bisa di ganti dengan DPI=120 atau DPI=160 dan ada kemungkinan tanpa DPI pun bisa masuk jadi apabila terjadi sesuatu... tidak usah pakai DPI=XX.

14. Simpan notepad dan restart komputer, Kalau grub2 berhasil diinstal maka ada menu pilihan boot pada saat komputer baru nyala, pilih boot ke grub 2 dan pilih menu boot android untuk memilih ke android OS.

15. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

note : Untuk yang suka copy paste blog tolong sumber link nya di sertakan Cara instal android di komputer

Penting : - Salah satu yang harus diperhatikan adalah versi android yang di instal, apakah sama dengan android yang diatas, sehingga pada saat booting tidak akan error. Contohnya jika android yang di download versi 2.2 atau android-x86-4.2-20121225.iso, nah jika seperti itu maka nama folder android tentu saja akan berbeda, untuk android 4.2 yaitu android-x86-4.2-20121225.iso yang saya ketahui folder namanya adalah android-4.2-test, maka pada grub harus diganti dari android-4.0-RC2 menjadi android-4.2-test.

Video Cara menginstall android di komputer pada windows.




Update gambar tentang penggantian nama folder dan partisi pada grub.cfg di PC / komputer / Laptop.
partisi android folder di pc
Tanda panah tersebut menandakan bahwa nama folder android yg di instal di komputer sesuai dengan nama folder yang ada di grub.cfg dan juga partisi peng-instalan android.

Pada gambar diatas setingan partisi harddisk saya hanya primary tidak terdapat logical drive atau ext lba jadi Drive E = (hd0,3) namun jika terdapat logical drive setelah drive C maka keterangan selanjutnya bisa dilihat dibawah ini :
Penting !!!
- Di grub 2 untuk partisi drive C sama dengan hd0,1, partisi drive D sama dengan hd0,2 dan seterusnya, itu pun jika setingan partisi hanya terdapat primary. Kemudian jika pada harddisk partisi terdapat primary dan logical drive atau ext lba maka urutan partisi nya adalah untuk drive C = hd0,1 dan untuk drive D = hd0,3 drive E = hd0,4 dan seterusnya, jadi hd0,2 dilewat. Itu diatas jika tidak ada partisi system reserve atau boot windows 7 atau windows 8.

- Di grub 1 untuk partisi drive C sama dengan hd0,0,  Jika drive D adalah merupakan partisi primary drive D sama dengan hd0,1 dan seterusnya. tapi jika drive D adalah logical drive atau ext lba maka Drive D = hd0,3 dst, itupun tergantung pada saat pertama kali kita membuat sebuah partisi.
Jika ada pertanyaan silahkan komen dibawah ini.
Android kitkat untuk pc dan laptop sudah tersedia dan bisa di install dual boot dengan sistem operasi apa saja.

Komentar

  1. help me.. setelah boot ke grub 2 dan mau masuk ke android ko eror file android-4.0-RC2/not found. you need to load the kernel first.. maksudnya apa?dan cara mengatasinya bgmana?mhon pencerahan..

    BalasHapus
  2. Yg harus diiketahui pertama kali adalah folder dan partisi android pada saat diinstall, apa android di install di partisi D: atau C: dan nama folder android kadang berbeda dengan yg diatas tergantung versi pada saat mendownload android nya.

    1. Lihat folder android yg sudah diinstall di komputer nya.
    2. lihat folder android di install di partisi ke berapa atau partisi C atau D
    3. Buka grub.cfg di folder grub2 copy paste grub ini dibagian paling bawah dan ubah gurb.cfg dengan nama folder dan pertisi yg diinstal dikomputer disana :

    ### Android ###

    menuentry "Android-x86 4.0-RC2" {
    set root='(hd0,7)'
    linux /android-4.0-RC2/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=eeepc acpi_sleep=s3_bios,s3_mode SRC=/android-4.0-RC2 vga=788
    initrd /android-4.0-RC2/initrd.img
    }



    menuentry "Android-x86 4.0-RC2 (Debug mode)" {
    set root='(hd0,7)'
    linux /android-4.0-RC2/kernel root=/dev/ram0 androidboot.hardware=eeepc acpi_sleep=s3_bios,s3_mode DEBUG=1 SRC=/android-4.0-RC2 vga=788
    initrd /android-4.0-RC2/initrd.img
    }
    ### END Android###

    Catatn : Lihat tulisan yg di bold atau huruf tebal diatas
    - ganti partisi hd0,7 dengan partisi yg ada ada android nya misalnya android di install di drive D maka ganti dengan hd0,2
    - ganti tulisan android-4.0-RC2 dengan nama folder android yg ada di partisi yg diinstall android

    BalasHapus
  3. Untuk uninstall grub2win lakukan beberapa langkah dibawah ini :
    1. Buka grub2win di C:\grub2\install dan run atau klik grub2win.exe.
    2. Jika anda menggunakan windows 7, windows 8 atau windows vista lakukan cek box atau pilih pada Remove Grub2Win from the BCD
    3. Dan untuk anda yg menggunakan windows xp atau windows 2000 lakukan cek box atau klik kotak dengan yg bertuliskan seperti Remove Grub2Win from boot.ini file

    4. Kemudian klik OK dan grub akan uninstal dari system.
    5. Uninstal secara manual bisa dilakukan dengan cara hapus folder grub2 di drive C. hapusC:\grub2
    6. Show hidden files di windows dan cari boot.ini kemudian hapus tulisan yg ada grub2 nya.

    BalasHapus
  4. gan wktu loading kernel setelah masuk detecting android x86...
    gambar boot android ny ngga muncul,..

    tolong kasih pencerahan gan. laptop saya dell n4050...

    BalasHapus
  5. Coba ubah atau di tambahkan di grub nya dengan vga=788 jadi misalnya seperti dibawah ini :

    menuentry "Android-x86 4.0-RC2" {
    set root='(hd0,7)'
    linux /android-4.0-RC2/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=eeepc acpi_sleep=s3_bios,s3_mode SRC=/android-4.0-RC2 vga=788
    initrd /android-4.0-RC2/initrd.img
    }

    BalasHapus
  6. Untuk laptop dell ada khusus Android-x86-4.0-RC2 yaitu Android-x86 for Dell Inspiron DUO with 4 CPU's and UK keyboard di http://www.android-x86.org/download

    Dan untuk booting di grub.cfg nya bisa pilih yg diatas atau yg dibawah ini :
    menuentry "Android-x86 4.0.4 ICS (on /dev/sda4)" {
    set root='(hd0,4)'
    linux /android-2012-04-27/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=asus_laptop acpi_sleep=s3_bios,s3_mode HWACCEL=1 xforcevesa SRC=/android-2012-04-27
    initrd /android-2012-04-27/initrd.img
    }


    ganti hd0,4 dengan partisi dan nama folder yg digunakan di laptop nya jika tidak sesuai dengan yg diatas.

    BalasHapus
  7. gan cra instalnya gmn?
    kq di laptopq pass pilih usb selalu kluar tulisan
    " no table in partition" kalo g gitu
    " plaese remove any drive ctrl+shife+del to restart"

    BalasHapus
  8. coba buka usb nya mungkin androidnya belum masuk ke usb nya.
    1. Apakah setelah pilih usb ada tulisan pilihan untuk install android seperti run android install android dan sebagainya ?, jika ada kemungkinan harddisk yg dilaptop nya tidak terbaca oleh menu android.
    2. Jika kejadiannya seperti pada nomer satu coba masuk ke bios dan di menu cari SATA AHCI mode ubah dari AHCI ke IDE kemudian simpan dan restart.
    1. Apakah android iso nya sudah di instal ke usb pake iso to usb ?
    2. Jika sudah di install pake iso to usb tetapi masih tidak bisa dijalankan booting ke usb nya. langkah selanjutnya download unetbootin.
    3. Untuk download unetbootin buka situs ini http://unetbootin.sourceforge.net/ dan download, setelah di download lakukan copy iso androidnya ke usb dengan instruksi yg sesuai dengan yang ada disitus tersebut.

    BalasHapus
  9. gan kq partisi hardiskq yang lain kq g kebaca ya?
    trus fd ma modemq kq jg g kebaca juga!
    kalo da applikasinya, nmnya pa?

    BalasHapus
  10. gan,,,saya sudah berhasil instal androidnya saya pake versi Android-x8-4.2-20121225
    tapi setelah masuk k grub2 lalu masuk ke android nya,,,tpi kok logonya gak muncul,,,,cuman gambar pecah2,,,,,,,

    tpi saat saya ganti boot k flasdisk saya dan pilih android without instalasion,,,androidnya berjalan dengan bagus kok,,,,

    mohon bantuannya gan :) saya pake acer aspire 4741

    BalasHapus
  11. Gan, makasih ya atas intruksinya.
    saya udah partisi Ok. install Grub OK. tapi waktu install Android saat terakhirnya muncul "failed created data image".
    setelah reboot, lood androit nggak muncul. gimana solusinya Gan??
    thank, makasih banget

    BalasHapus
  12. Gan, saat terakhir install Android muncul "Failed create data Image".
    jadi nggak bisa loading android nya gimana gan? solusinya.
    makasih gan atas instruksinya

    BalasHapus
  13. Gan, fail androidboot dimana bisa kita temukan?

    BalasHapus
  14. @everdesdt : iya memang android tidak bisa membaca partisi yg lain soalnya android x86 hanya membaca partisi yg formatnya ext2, ext3 dan fat32 selain itu tidak bisa kebaca.

    Kalo untuk buka flashdisk atau fd buka aplikasi open manager terus klik yg tanda slash (/) nanti disana ada tulisan mnt nah klik folder mnt disana terdapat USB buka aja folder usb nya. Tapi FD nya harus format Fat32

    BalasHapus
  15. Assegaf : maksudnya gimana gan ? : android nya di instal di sda berapa ?

    BalasHapus
  16. @Anonim : Failed create data img ?
    1. Kemungkinan harddisk atau partisi yang dipakai buat install android nya kurang atau kecil ukurannya
    2. Kemungkinan Salah penyimpanan partisi saat install android.
    3. Coba Install nya di partisi yang ukuran nya 1 GB dan create Data.img nya 512 saja

    BalasHapus
  17. makasih kali lagi atas pencerahannnya.
    ok deh...
    Failed created data image, karena saya install android versi 4.2...
    bukan android 4.0. sekarang udah ok gan.
    agar nyambung ke internet gimana caranya gan??? mohon pencerahan.

    BalasHapus
  18. @Assegaf Untuk konek android x86 via usb modem sedikit aga ribet nih.. saya kasih link aja
    http://www.kaskus.co.id/show_post/000000000000000728758559/2697/

    BalasHapus
  19. MANTAP GAN... KEREN HASILNYA.. MAKASIH ILMUNYA GAN!!

    BalasHapus
  20. gan saya loding masuk ke android koq gambarnya pecah-pecah ya, malah g masuk-masuk n stag di situ ja aq pakek versi Android-x8-4.2-20121225.
    oh ya kalo instal pakek unetbootin tu selec distributionx pilih yang mana?
    kalo pengen liad hardisk kita pakek soft .apk apa cz filmq semuanya da di hardisk(pengen liad film di android)!!
    aplikasinya harus pilih" ya, cz auto rotationnya udah di matikan tp ada ja applikasi yang ke-puter jd liadnya miring deh pa lagi mousnya jd kebingungan.

    BalasHapus
  21. @everdesdt
    - Coba deh kamu ubah vga nya atau tambah DPI=16 di grub nya jadi seperti ini :

    menuentry "Android-x86 4.0-RC2" {
    set root='(hd0,*)'
    linux /android-4.0-RC2/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=eeepc acpi_sleep=s3_bios,s3_mode SRC=/android-4.0-RC2 vga=788 DPI=16
    initrd /android-4.0-RC2/initrd.img
    }

    Jika masih masih stag ganti vga=791 DPI=16 atau vga=788 DPI=120 atau tanpa pake DPI=**

    Jadi pada saat masuk ke grub klik e untuk mengedit boot android vga dan dpi nya e lagi terus tambah atau edit vga dan dpi nya kemudian enter dan klik tombol b untuk booting.

    - Untuk pake unetbootin karena yang akan kita install ke usb adalah file iso jadi tidak perlu memilih yang distribution pilih pilihan yang kedua yaitu Diskimage kemudian klik tombol yg ada disebelah kanan untuk memilih file iso di harddisk atau partisi yg ada. Kemudian type usb dan pilih usb dan klik ok :).

    - + Untuk melihat hard disk atau partisi yg lain coba kamu buka open manager kemudian klik bagian yg pertama yaitu tulisan slash (/) kemudian lihat folder yg di sebelah kanan kemudian klik mnt dan lihat disana apakah ada partisi harddisk kamu.

    + Cara kedua buka aplikasi terminal kemudian ketikan su dan enter jika superuser muncul pilih alow terus ketikan seperti dibawah ini :

    - ls /dev/block/sd* (jika disana muncul beberapa sda seperti /dev/block/sda1, /dev/block/sda2 dst, itu adalah partisi kamu yg ada di harddisk, sda1 berarti Drive C)
    - Pilih salah satu atau boleh kamu coba satu persatu dengan mengetikan perintah seperti dibawah ini
    - mkdir /mnt/sda1 (folder untuk membuka partisi pertama)
    - busybox mount -o loop /dev/block/sda1 /mnt/sda1 (sda1 adalah partisi pertama atau Drice C)
    - Kemudian buka open manager dan pilih tanda slash (/) atau berada pada pilihan paling atas, lihat folder disebelah kanan klik folder mnt dan kemudian klik folder sda1, nah disana apakah ada folder atau file yg ada dipartisi tersebut, itu adalah partisi yg pertama atau drice C. untuk membuka partisi yg lain atau membuka drive D lakukan perintah nya seperti yg pertama misalkan untuk drive D atau disana terdapat /dev/block/sda2
    - setelah buka terminal dan ketikan su.
    - mkdir /mnt/sda2
    - busybox mount -o loop /dev/block/sda2 /mnt/sda2
    - Buka kembali open manager nya dan pilih tanda slas (/) pilih folder mnt dan klik sda2, jika sda2 nya terbuka maka folder dan file yg ada di harddisk atau partisi Drive D akan muncul disana.


    BalasHapus
  22. oia gan, gagal/failed instal grub2 nya "arraywrite output file open error" ... ane pake win8 media center.. mohon solusinya gan..

    BalasHapus
  23. @dhadho_ Apakah folder grub2 nya di simpan drive c: ?

    BalasHapus
  24. perkembangan terbaru, grub ok..
    tapi kenapa pas booting harus root ya?
    gimana root nya? (pakai android 4.2

    BalasHapus
  25. @gyta juwita

    perkembangan grub udah ok, tapi pas masuk booting harus root dulu ga langsung ke homescreen.. apa harus root dlu? gimana cara dan solusinya?

    BalasHapus
  26. Perkembangan terbaru... thanks gan untuk ilmu nya, android udah work dualboot win 8.. :)
    cuma tuk turn off di android nya gimana ya? :D

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. @dhadho_
    Selamat ya ;)
    Untuk turn off jika di keyboard nya ada tombol turn off maka itu adalah tombol untuk mematikan android x86, tetapi jika tidak ada tombol turn off maka cara nya ya tekan tombol ctrl + alt + Delete deh :)

    BalasHapus
  29. cara menggunakan keyboardnya gimna gan..??? masa harus klik satu-satu!

    BalasHapus
  30. @Renggo Prabowo
    Biasanya pada keyboard komputer disana suka ada tombol tulisan power maka itu untuk tombol mematikan atau turn off android x86 di komputer, maaf diatas saya tidak menyebutkan tombol power nya. ya itu maksudnya tombol power yang ada di keyboard komputer. jika tidak tombol power berarti keyboard komputer nya tidak dilengkapi dengan tombol power tsb.

    BalasHapus
  31. oke gan, thanks tuk ilmunya.. skrg udah trial boot dengan ubuntu :D

    oia, gan tuk koneksi intenet di android nya gimana?

    BalasHapus
  32. @dhadho_
    Sama-sama..
    Sedikit susah juga untuk menjelaskan koneksi internet di android x86 coba untuk koneksi internet bisa di lihat di kaskus di link ini http://www.kaskus.co.id/show_post/000000000000000728758559/2697/

    BalasHapus
  33. aku udah download grub2 habis tak extract kok di dalamnya gak ada grub.cfg nya, tolong bantu saya

    BalasHapus
  34. @pendi _donay
    Coba deh grub2 nya di install dulu.. mungkin grub2 nya belum di install.. buka folder grub2 terus buka folder install kemudian untuk menginstall klik yg grub2win.exe sampai keluar nanti intruksi selanjutnya. Setelah di install buka lagi folder grub2 nya nah disitu dibagian paling bawah grub.cfg biasa nya berada.

    BalasHapus
  35. oke makasih, aq udah bisa install androidnya,
    nah kalo untuk telfon atau sms bisa apa nggak?pake modem ya, caranya gimana?

    BalasHapus
  36. @pendi_donay : yup sama-sama klo untuk telepon dan sms saya rasa bisa digunakan dengan memakai aplikasi android untuk telepon seperti viber, kako talk, skype dsb. dan tentu saja android x86 nya harus sudah terkoneksi dengan internet, cara untuk koneksi internet android x86 dengan usb modem karena sedikit rada panjang ana bisa lihat di link ini http://www.kaskus.co.id/show_post/000000000000000728758559/2697/

    BalasHapus
  37. saya udah coba kayak gitu, tapi belum juga konek, modemnya nggak detect di androidnya, padahal udah tak ilangin zeroCD-nya sampai udah nggak bisa detect lagi di windows, tolonglah aku...
    aku pake modem huawei, indosat. tolong kasih penjelasan yang ringkas & mudah dimengerti ya...

    BalasHapus
  38. @pendi _donay Untuk saat ini hanya cara itu yg saya tahu. mungkin bisa pakai pppwidget :

    1. Download pppwidget nya disini http://www.draisberghof.de/android/PPPWidget0.95.apk

    2. Copykan pppwidget ke usb
    3. jalankan android buka open manager di apps setelah open manager ke buka klik yg tanda slah (/) cari folder mnt dan buka kemudian buka folder USB nah jika pppwidget nya sudah di copy kan ke usb flas disk maka ppwidgetnya ada disana install .
    4. Setelah di install buka tab widget yg ada disebelah apps cari pppwidget, tekan dan tempatkan di layar utama.

    5. Alow superuser permission jika diminta, setelah pppwidget berjalan jika tombol configure nya berfungsi berarti modem sudah terdetek, klik tombol configure dan setting username dan password nya apn nya biarkan kosong no akses jika gsm biarkan *99***1 jika CDMA maka ganti dgn #777 kembali ke layar utama.

    6. Jika Usb modem nya sudah terdeteksi maka tombol connect akan berfungsi dan tinggal klik tombol connect untuk menghubungkan ke internet. jika tidak bisa berarti ppwidget tidak berfungsi untuk android versi yg yg android x86.

    tapi ada sebagian yg bisa konek internet dngan menggunakan pppwidget

    BalasHapus
  39. Boz masalah ane nih berat banget, udah 2 hari g bobok androidnya g sukses nuh!!
    mohon bantuan senior!!
    gw pake os android-4.0-RC2 ( Asus Laptop )
    udah diinstal dengan tutor yang tertera diatas masih g bisa Tampil Logo androidnya padahal udah detech partisi yang diinstal ( hasilnya setelah itu item doank g tampil logo androidnya boz )
    grub nya udah di otak atik, masih g bisa boz!! angkat tangan nih anak muda :D
    gw pake laptop acer 4736z!
    """" MOHON SOLUSI SECEPATNYA Y PAK BOZ"""""

    BalasHapus
  40. @johan sapira
    Kalo bisa sih grub android nya di copy kan ke sini.. jadi ane tau..

    Contoh aja deh, in grub untuk contoh aja ya.. :
    - tambahkan tulisan vga=788 dan DPI=16 atau 120 di grub nya
    - Jika pakai DPI masih ga bisa coba hanya di tambahkan vga=788

    jadi misalnya grub nya menjadi seperti dibawah ini :

    menuentry "Android-x86 4.0-RC2" {
    set root='(hd0,*)'
    linux /android-4.0-RC2/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=eeepc acpi_sleep=s3_bios,s3_mode SRC=/android-4.0-RC2 vga=788 DPI=16
    initrd /android-4.0-RC2/initrd.img
    }

    BalasHapus
  41. oh iya lupa androidboot.hardware=eeepc <---- ganti aja ma yg versi ente misalnya asus_laptop jadi sperti ini androidboot.hardware=asus_laptop atau sesuai kan dgn android yg didownload
    Trims

    BalasHapus
  42. @gyta juwita

    ### Android ###

    menuentry "Android-x86 4.0-RC2" {
    set root='(hd0,7)'
    linux /android-4.0-RC2/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=eeepc acpi_sleep=s3_bios,s3_mode SRC=/android-4.0-RC2 vga=788
    initrd /android-4.0-RC2/initrd.img
    }



    menuentry "Android-x86 4.0-RC2 (Debug mode)" {
    set root='(hd0,7)'
    linux /android-4.0-RC2/kernel root=/dev/ram0 androidboot.hardware=eeepc acpi_sleep=s3_bios,s3_mode DEBUG=1 SRC=/android-4.0-RC2 vga=788
    initrd /android-4.0-RC2/initrd.img
    }

    "itu grub yang saya buat"
    os android yang saya download bentuk nya begini ( android x86-4.0-RC2-asus_laptop )

    jadi mesti apa yang dirubah bozz :D
    tolong yah pak sedikit lagi perjuangan saya!!
    trims..,

    BalasHapus
  43. ### Android ###

    menuentry "Android-x86 4.0-RC2" {
    set root='(hd0,3)'
    linux /android-4.0-RC2/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=eeepc acpi_sleep=s3_bios,s3_mode SRC=/android-4.0-RC2 vga=788
    initrd /android-4.0-RC2/initrd.img
    }



    menuentry "Android-x86 4.0-RC2 (Debug mode)" {
    set root='(hd0,3)'
    linux /android-4.0-RC2/kernel root=/dev/ram0 androidboot.hardware=eeepc acpi_sleep=s3_bios,s3_mode DEBUG=1 SRC=/android-4.0-RC2 vga=788
    initrd /android-4.0-RC2/initrd.img
    }

    "itu grub yang saya buat"
    os android yang saya download bentuk nya begini ( android x86-4.0-RC2-asus_laptop )

    jadi mesti apa yang dirubah bozz :D
    tolong yah pak sedikit lagi perjuangan saya!!
    trims..,
    Best Blogger Tips

    BalasHapus
  44. gan udah bisa!!!!
    makasihhh bget y bozzz.......

    :D

    BalasHapus
  45. @johan sapira
    Selamat ya.. ko bisa ..? ditambahin apa grub nya ?

    BalasHapus
  46. pas mau booting kok ada tulisan removed bla bla bla press any key to restart ada solusi ga gan ?

    BalasHapus
  47. Saya Sudah Download android-x86-4.2-20121225,Tapi Pas booting Kok Cuma ada Tulisan Start Booting From Usb Hdd (kurang lebih kaya gitu) Os yang saya pakai Windows Ultimate 32bit,apa karna kesalahan Os saya ?

    BalasHapus
  48. @Anonim Kalo itu sih bukan karena os nya tapi karena winusb nya atau iso tousb nya yg salah.. COba deh pada saat nge install android ke usb nya pakai unetbootin aja :

    1. Download unetbootin di sini http://unetbootin.sourceforge.net/
    Pilih yg untuk windows.

    2. Nanti setelah di install di windows Buka unetbootin pilih yang diskimage kemudian pilih iso file nya dgn mengklik tombol yg ada disebelah kanan.

    3. Pilih USB nya dan klik ok klik yes aja jika ada sesuatu ... tunggu samapi selesai.

    4. Cobain usb nya di PC untuk install android

    BalasHapus
  49. aku ganti eeepc nya dengan asus_laptop bozz!! jadi udah bisa masuk dan mantap hasilnya!! :D

    makasih bget tutor nya mantap!!
    -------------------------------
    oh ya boz mau tanya lagi nih!!
    gwe coba pada komputer nih,sekarang masalahnya g bisa nampil alias item doank, karena layar LCD yang punya gwe 22inci...
    kira2 vga nya diganti berapa yah boz biar pas dan bisa tampil??
    udah gwe coba pakek resolusi yang disarankan diatas masig ga bisa!!
    mohon pencerahannya lagi boz!!

    TRIMZ... :D

    BalasHapus
  50. @johan sapira
    Oh gitu ya... seep Oke deh kklo bgtu :)
    Coba deh pake grub yg dibawah ini :

    1. Ubah androidboot.hardware=asus_laptop dengan android_x86 atau coba dengan asus_laptop dulu.
    2. Kemudian untuk vga coba juga antara vga=788 (800x600), vga=791 (1024x768) atau vga=794 (1280x1024). Untuk melihat seluruh vga mode vga=ask
    3. DPI nya juga di coba satu per satu antara DPI=16 DPI=120 dan DPI=240.

    menuentry "Android-x86 4.0-RC2" {
    set root='(hd0,3)'
    linux /android-4.0-RC2/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=generic_x86 acpi_sleep=s3_bios,s3_mode video=-16
    quiet SRC= DATA= DPI=240
    initrd /android-4.0-RC2/initrd.img
    }

    Atau yg ini

    menuentry "Android-x86 4.0-RC2" {
    set root='(hd0,3)'
    linux /android-4.0-RC2/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=generic_x86 acpi_sleep=s3_bios,s3_mode SRC=/android-4.0-RC2 vga=788 DPI=240
    initrd /android-4.0-RC2/initrd.img
    }

    BalasHapus
  51. Saya sih rencananya mau install Android 4.0 ICS dual boot dengan Windows 7 Ultimate di netbook saya. Apakah cara dual boot-nya sama seperti di atas? Terus untuk resolusi layar 1024x600 kode VGA-nya apa?

    BalasHapus
  52. Ternyata susah ya boz seting androidnya kalo layarnya udah segede 22inci
    masih g bisa2 boz... :'(!! kalo di instal di laptop lancar smua!!

    padahal udah dicoba semua tutorial diatas diganti satu persatu,masih g bisa nampil!! padahal androidnya udah kedip2 jalan hanya saja layar nya item doank!!!

    mau nyerah tapi masih penasaran banget!!
    kalo masih ada solusi lain...tolong bantuannya yah boz..buat di share lagi!!
    makasih bnyak buat sebelum2nya udah nerepotin!!
    tks... :D

    BalasHapus
  53. @Marwanto Iya sama saja cara ma cara yang diatas. bisa di install di drive c juga asal pada saat install jangan diformat. pilih do not format. untuk layar 1024x600 bisa di coba dengan seting vga=ask nanti disana keluar mode nya atau bisa menggunakan vga=791

    BalasHapus
  54. @johan sapira Mungkin itu masalahnya pada grapiknya.. kalo boleh tau yg 22 inch memakai prosesor dan vga nya apa ?

    BalasHapus
  55. Processor yang dipakai : Core2 Duo 2.9 Ghz
    VGA nya : ATI-RADEON VRAM 2GB DDR3
    LCD TV : POLITRON 24 inch dan LG 22inc
    ------------------------------------------------------------------------------------------------
    Mohon pencerahannya lagi yah Bozz...
    karna pengen banget pake android di layar yang besar biar lebih seru..
    TKS udah bantuin sejauh ini..
    ditunggu balesannya :D

    BalasHapus
  56. @johan sapira
    sepertinya versi android nya tidak support ke graphic nya coba deh download yang android-x86-4.0-RC2-tx2500.iso

    Dan grub nya seperti biasa vga dan DPI nya dicoba satu persatu. Tulisan DPI nya harus huruf besar dan tulisan vga huruf kecil. Kemudian lihat juga androidboot.hardware=tx2500 apakah android hardware di pisahkan oleh tanda titik. Jika tanda nya tanda strip bawah ganti dengan tanda titik. androidboot_hardware=tx2500 diganti dengan androidboot.hardware=tx2500. Dan ini contoh grub yg lain :

    menuentry "Android-x86" {
    set root='(hd0,msdosX)'
    linux /android-4.0-RC2/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=tx2500 acpi_sleep=s3_bios,s3_mode nomodeset pci=nocrs vga=791 DPI=160 SRC=/android-4.0-RC2
    initrd /android-4.0-RC2/initrd.img

    BalasHapus
  57. Terima kasi byk gan tutorialnyaa
    Akhirnya bisa
    nice blog

    BalasHapus
  58. gan saya tidak bisa nginstal grub2, muncul pesan eror gan
    "AddFileToArray input file open eror"
    gmana cara ngatasinya gan ?

    BalasHapus
  59. gan mau nanya nih?
    kalo android kan support touch screen terus kalo main gamenya mau make keyboard gimana???

    BalasHapus
  60. kn pux q partisi sda9 kn format fat32 truz q msukin printh dtrmnlx da notif. Read only sytem ,truz gmana cranya,ttp gk bza ni

    BalasHapus
  61. bro q ko g berhasil ya menginstal dipentium 4????
    booting dah seperti gambar diatas tp begitu pilih instal android lalu muncul detected android x86 lalu baca perangkat yg trsambung dikompi kemudian lanjut lagi muncul titik2 berjalan kaya lagi loading tp qta tungguin selanjutnya kaya blank.
    maslahnya kenapa y????

    kirim jawabanya ke dokistea@gmail.com jg y bro...

    BalasHapus
  62. @Ilham Saputra Maaf baru bls.. mugnkin grub2 nya tidak di simpan di drive c:

    extract grub2 jika grub2 di zip. kemudian folder nya di simpan di drive C: kemudian klik install di folder install

    BalasHapus
  63. @Anonim maaf baru bls soalnya hdd saya lg rusak.. kalo untuk game biasanya ada setingan dengan menggunakan keyboard coba seting aja game nya buat keyboard atau biasanya game nya bisa digunakan dengan memakai mouse.. jika tidak ada berarti game nya tidak bisa pake keyboard..

    BalasHapus
  64. @yaudiz fu coba perintah di terminal nya pake sudo su terus mauskin pswwrd nya..

    BalasHapus
  65. boz, w an instal android 4.2.....
    itu gmn...???

    ini'a gmn, an masih android 4.0:

    menuentry "Android-x86 4.0-RC2" {
    set root='(hd0,7)'
    ............................................................

    apa di edit 4.0 di ganti 4.2.........../????

    blz lwt sms ia. 083973559303

    BalasHapus
  66. msih gk bza pke printh sudo su
    .q xobak truz yg mkdir /mnt/sda8
    .truz da notif. Lok gk slh
    .mkdir failed mkdir /mnt/sda8# read-only file system

    .nb. Pha gra2 prtisi.a lewat bwa'an windows 7
    .tolong bntuan.x

    BalasHapus
  67. gan bluetoothx gk bza gmana cra.x

    BalasHapus
  68. gan yang buat laptop advan ada gak gan........???

    BalasHapus
  69. Mau ty gan, kalau install grub android pakai easybcd 2.2 bisa tdk? dan bagaimana caranya? trims...byk jk dijawab..

    BalasHapus
  70. Gan , instal Androidx successgan .....
    Mksih....
    Tpi suarax koq ndg kluar bwt dngr msikx gan .....?
    Tlong solusix nih fan....?

    BalasHapus
  71. @yaudiz fu maaf baru bls.. yg saya mksd adalah passwd linux ubuntu kamu saat kamu install ubuntu nya

    BalasHapus
  72. @Adrian maaf baru bls.. iya klo anda install android versi 4.2 ya di ganti di grub nya dari 4.0 ke 4.2

    BalasHapus
  73. @yaudiz fu buka terminal di os apa.. dan perintah sudo su nya diandroid apa di ubuntu ?

    BalasHapus
  74. @yaudiz fu install android nya di laptop apa di komputer ?

    BalasHapus
  75. @Hariyadi Yansyah klo buat adavan saya rasa ga ada.. tapi bisa di coba dengan yg lain . biasanya bisa juga

    BalasHapus
  76. @Tommy Setiadi ga bisa kayanya soalnya easybcd hanya buat install boot windows aja... klo grub beda lagi.. ada juga bootice buat install grub..

    BalasHapus
  77. @arif van six androidnya versi apa dan buat laptop apa terus di install ke pc atau laptop ?

    BalasHapus
  78. udah berhasil install, tapi pas cobain download whatsapp, gak bisa....
    ne os emang gk dukung messenger ya?

    BalasHapus
  79. sory gan mau nanya nih
    leptop saya TOSHIBA L645. untuk instalasi android "android-x86-4.2-20130228", saya menempatkan di partisi ke 3. saya bingung untuk seting grub nya. saat booting tampil "Minimal BASH-like line editing is supported. for the first word. TAB lists possible command competion"

    ini Grub yang saya buat gan
    "### Android ###

    menuentry "android-4.2-test" {
    set root='(hd0,3)'
    linux /android-4.2-test/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=android_x86 acpi_sleep=s3_bios,s3_mode SRC=/android-4.2-test vga=788 DPI=16
    initrd /android-4.2-test/initrd.img
    }

    menuentry "android-4.2-test (Debug mode)" {
    set root='(hd0,3)'
    linux /android-4.2-test/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=android_x86 acpi_sleep=s3_bios,s3_mode DEBUG=1 SRC=/android-4.2-test vga=788
    initrd /android-4.2-test/initrd.img
    }
    ### END Android### "

    TOLONG BANTU YA GAN

    BalasHapus
  80. .q instal android dualbot ma windows7 dan tidak mggunkan os linux ubuntu
    .sudo su.x q ketik di terminal android.x
    .pake laptop asus a43sd i3

    BalasHapus
  81. Maaf kak mau tanya. Aq udh brhsl instal andro nya, utk wifi,bluetooth jg udh bsa, tp utk modem pke cra diatas ko blm bsa ya?? Trus cara mengcopy dan paste file nya gmn? Soal nya bsa copy tp tmbol paste gk ada,.

    BalasHapus
  82. versi android x86 untuk notebook acer aspire one happy apa???
    dulu sih udah ada dari sononya versi 2.6 tapi banyak yang bugs
    tolong segera di balas

    BalasHapus
  83. Gan,kalau errornya itu layarnya item trus loadingnya titik2 gg berhenti2 itu gmn???
    laptop ane ASUS K40IJ,maunya di dualboot sama windows 8??
    mohon pencerahannya gan???

    BalasHapus
  84. (on android-x86-4.2-20130228)
    non, kalo cara instal atau nambah aplikasinya bagaimana ???
    (tapi jangan yang online yahh :D)
    emang gak ada semacam myfile atau es_file_explore kaya di handphone ya ???

    trimakasih

    BalasHapus
  85. gan.. ane dah sukses install 4.0 di eeepc tapi waktu mau load harus pilih andro yang debug mode, kalo milih yang android aja ada notif "you need to load kernel first" gimana ni gan??

    tolong ane, dah 1harian gak kelar2 karena ni ja

    BalasHapus
  86. @Indra iman Emg sedikit berbeda dengan android versi arm.. coba aja install android nya pake bluestack atau android sdk di windows nih cara instal whatsapp di windows pake bluestacks http://sejenisinfo.blogspot.com/2013/04/cara-instal-whatsapp-di-pc-dengan.html

    BalasHapus
  87. @ase estevan Maaf baru bls.. Coba vga nya diubah jadi
    linux /android-4.2-test/kernel root=/dev/ram0 androidboot.hardware=android_x86 quiet video=-16 vga=794 SRC=/android-4.2-test
    initrd /android-4.2-test/initrd.img}

    BalasHapus
  88. @yaudiz fu ohh kirain pake ubuntu hehehe maaf baru bls. klo di android ketik su aja ga pake sudo.. ketikan di terminal nya su dan selanjutnya terserah anda :)

    BalasHapus
  89. @Anonim Klo modem biasanya pake pppwidget coba instal aplikasinya . klo copy paste cukup dengan klik atau tekan file yg akan di copy dan tekan di sembarang tempat atau biasanya diatas ada pesan paste klik aja .. klo untuk internet sebaiknya pake android sdk atau bluestacks bisa dilihat disini

    http://sejenisinfo.blogspot.com/2013/04/cara-instal-android-di-laptop-dengan.html

    atau

    http://sejenisinfo.blogspot.com/2013/04/cara-install-sdk-android-emulator-di-pc.html


    BalasHapus
  90. @ardabil coba aj versi berikut :
    1. android-x86-4.0-RC2-tx2500.iso
    2. android-x86-4.0-RC2-eeepc.iso
    3. android-x86-4.0-RC2-asus_laptop.iso
    4. android-x86-3.2-RC2-eeepc.iso
    5. android-x86-3.2-RC2-asus_laptop.iso

    Tapi yg menurut saya coba pake yg no 2 atau no 4 dulu

    BalasHapus
  91. @Anonim Error seperti itu pada saat boot pake usb atau keadaan android sudah terisntal ?

    BalasHapus
  92. @Iqbal Ipoy Buat instal aplikasi .. apk atau aplikasi android yg sudah didownload di komputer save aja ke usb flashdisk kemudian buka di open manager. My file di android ini adalah OPen manager .. buka aja aplikasi android nya disana akan ada open manager.
    Untuk buka USB flashdisk buka open manager kemudian klik yg tanda garis miring (/) yg ada di urutan pertama kemudian klik (mnt) terus klik (USB)

    BalasHapus
  93. @deres.damanik Sama in aja is grub yg pertama nya ma grub debug mode nya tapi tulisan debug nya di hapus..

    Atau bisa saya lihat isi grub nya yg dipakai

    BalasHapus
  94. @gyta juwita

    gan punyaku kok selalu folder not found ya?
    tolong bantuanya, aku pake dell vostro

    BalasHapus
  95. boss aku pake aspire one semuanya sdh ok, tapi wifi ngak mau on? bisa bantuin ngak?

    BalasHapus
  96. gan ane coba install,ada yang versi 4.0-RC2 sama 4.2-20121205..nah yang 4.0 kok space HDD nya ada yang 32xxx sama 38xxx Mb,yang satu lagi versi 4.2 sih normal 40xxxMB,nah masalahnya gan,kalo grubnya di skip,pas restart malah ada error15 ato ga error17,ane bingung gan,udah ngikutin semua tahap2nya gan,tolong ane install di PC compaq,P4 1,7GHz,256MBSDRAM,vga ati gan,tolong kasih tau ane gan

    BalasHapus
  97. @ikhwanus ganang Mkasdunya folder not found pada saat akan di instal atau pada saat gimana ?

    Kalau misalkan pada saat mau instal folder not found coba deh instalan android nya di copy paste juga ke folder android di partisi yang akan di instal android. Jadi misalkan android nya adalah android-x86-RC02 akan di instal ke partisi E: atau Partisi tiga maka buat folder seperti itu disana dan copy paste kan android instalan nya dan kemudian coba instal dari usb lagi

    BalasHapus
  98. @Anonim
    Coba solusi yang pertama :
    1. Jika dual boot dengan windows, boot ke windows terlebih dahulu.
    2. Setelah masuk ke windows buka wifi nya dan hidupkan wifi di windows.
    3. Setelah wifi sudah di hidupkan restart netbook nya dan boot ke android x86 kemudian setting dan coba jalankan wifi nya kembali.

    Solusi Kedua Dari sumber http://efsunderin.blogspot.com/2013/02/android-x86-wifi-wireless-problem.html:
    1. Masuk ke android x86 kemudian buka terminal dgn cara ctrl+alt+F1 atau di app android.
    2. ketikan "netcfg" tanpa tanda petik mungkin disana terlihat eth0 atau eth1 atau lo
    3. Ketikan "netcfg eth0 up" tanpa tanda petik.
    4. Ketikan sekali lagi "netcfg setprop net.dns1 8.8.8.8" tanpa tanda petik
    5. Close terminal dan cob awifi nya.

    Jika masih tidak bisa mungkin driver nya tidak ada yg cocok sama versi android yg di instal

    BalasHapus
  99. @Anonim
    Maksudnya HDD pcae yg dimana ?

    - Kalo error 15 itu biasanya Boot MBR dari HDD nya ke hapus. OS yang lainnya pakai os apa windows atau linux ?
    Kalo pake windows harus di fixmbr nya atau fixboot di cd windows.
    Kalo pake linux harus di instal ulang grub nya di live cd linux.

    - Untuk error 17 ada dua kemungkinan :
    1. Pada saat selesai instal kamu ngga nge klik reboot pada saat setelah selesai instal android.
    2. Pada saat format HDD untuk instal android nya tidak selesai misalnya dari partisi NTFS mau di format ke EXT3 tapi tidak berhasil.

    - Jika pakai OS yg kedua adalah windows Coba di instal lagi androidnya dan kemudian instal yes untuk grub nya dan yes untuk instal grub windows.

    BalasHapus
  100. Balasan
    1. Mungkin setingan grub nya ada yg salah, partisi penginstalannya mungkin saja berbeda dengan setingan grub nya bisa di lihat grub nya di copy kan kesini .

      Hapus
  101. mau tanya min, kok setelah grub nya di extract di c: , tidak ditemukan file bernama "grub.cfg ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. grub nya harus di instal dulu baru grub.cfg nya ada... install grub nya ada di folder install

      Hapus
  102. ane gak sengaja klik yes pas dialog instal grub. akibatnya ane gak bisa balik ke windows. tolong bantu ane soalnya di windows banyak data pentingnya thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. restart komputer atau laptop setelah gurb muncul klik huruf "C" nanti akan ke menu grub ketikan seperti dibawah ini :
      1. Root ke partisi dimana windows 8 di instal misalnya windows 8 ada di partisi 1 maka ketikan "root=(hd0,0)" tanpa tanda petik
      2. Ketikan "chainloader +1" tanpa tanda petik kemudian ketikan "boot" tanpa tanda petik dan enter. jika berhasil maka komputer akan boot ke windows 8.
      3. setelah masuk ke windows 8 jika partisi androidnya terpisah dan terbaca di windows 8 maka cari folder boot dan menu.lst edit menu.lst nya dan tambahkan tulisan dibwah ini :


      title Windows 8
      errorcheck off
      find --set-root --ignore-floppies --ignore-cd /bootmgr
      chainloader /bootmgr
      find --set-root --ignore-floppies --ignore-cd /ntldr
      chainloader /ntldr
      find --set-root --ignore-floppies --ignore-cd /io.sys
      chainloader /io.sys
      errorcheck on

      Atau mengembalikan boot windows 8 nya bisa di lihat di sini http://www.youtube.com/watch?v=AU1TOAP5kXk

      Hapus
  103. Mantaps...gan
    Agak pusing jg nih,,tpi coba dulu aja..
    BTW. Ada penawaran menarik nih gan buat para bloger dan webmaster...
    Bisa dapet dollar dengan cm pasang banner diblog atau website...
    Situs PTP bru 2013 bntr lagi launch...
    Daftra gratis plus dapet komisi daftar $10 langsung..

    Link daftar : http://refban.com/37701

    BalasHapus
  104. Gan... mau nanya. Kalo saya instal di laptop asus yang ada VGA Nvidia kok gak bisa. Apa OS android belum support sama VGA Nvidia ??
    Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ko mas,, instal android x86 di vga nvidia.. kenapa ga bisa jalan pada saat gimana? apa sedang instal atau sudah dalam keadaan terinstal. ?
      Ada pesan error apa ?

      Bisa saya lihat grub yang di pakai nya ?

      Hapus
  105. gan mau tanya kok freddo saya gak bisa internet yah, bisa nya klo make wi-fi ajah klo paket dari provider gak bisa gan mohon pencerahan nya gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Freddo nya di instal di mana ? freddo x86 laptop atau freddo hand phone ?
      1. Kalo freddo x86 di laptop coba lihat seting nya di sini http://www.kaskus.co.id/show_post/000000000000000728758559/2697/
      atau pake pppwidget

      2. Freddo di hp nya apakah bisa 3g atau disana seting nya cuma wifi aja ?

      Hapus
  106. kalo tripel boot windows xp, windows 8 dengan adroid x86 gimana gan? kalo bisa kasih tutor yang rinci dan legkap, mohon bantuannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Buat partisi yg berbeda untuk windows xp dan windows 8
      2. Pertama instal windows xp nya dipartisi pertama misalnya.
      3. Instal windows 8 di partisi yg berbeda
      4. Instal android nya tapi pada saat instal android, grub nya jangan di instal skip saja.
      5. Instal grub2win caranya yang bisa dilihat di http://sejenisinfo.blogspot.com/2012/12/cara-install-android-di-komputer-pada.html

      Hapus
    2. Thank gan, udah berhasil masuk bootanimationnya gan.. tapi kok botanimationnya kayak bootlop ngeflash terus??
      mohon bantuannya gan

      Hapus
    3. Ngeflash pas boot ke android nya ?
      1. Android yg di instal android iso yg mana ?
      2. Setingan grub untuk android nya mungkin ada yg salah karena tiap android iso bisa berbeda setingan grub nya. instal di partisi berapa ?

      Hapus
    4. 1.ane download android 4.2-test di code.google,
      2.setingan grubnya udah bnar.. udah ngikutin tutor di atas.
      tp pas ada logo androidnnya layarnya kadang2 mati kadang2 hidup sendiri... udah di tunggu setengah jam gak ada prubahan gan. itu gimana gan????

      Hapus
    5. Android nya versi nya beda dengan android yg diatas kalo yg diatas android nya versi android 4.0-RC2 untuk android 4.2-test coba ganti grub nya dengan yg dibawah ini :
      ini Grub yang saya buat gan
      "### Android ###

      menuentry "android-4.2-test" {
      set root='(hd0,3)'
      linux /android-4.2-test/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=android_x86 acpi_sleep=s3_bios,s3_mode SRC=/android-4.2-test vga=788
      initrd /android-4.2-test/initrd.img
      }

      menuentry "android-4.2-test (Debug mode)" {
      set root='(hd0,3)'
      linux /android-4.2-test/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=android_x86 acpi_sleep=s3_bios,s3_mode DEBUG=1 SRC=/android-4.2-test vga=788
      initrd /android-4.2-test/initrd.img
      }
      ### END Android### "


      Atau yg ini
      menuentry "android-4.2-test " {
      set root='(hd0,3)'
      linux /android-4.2-test/kernel root=/dev/ram0 androidboot.hardware=android_x86 quiet video=-16 vga=794 SRC=/android-4.2-test
      initrd /android-4.2-test/initrd.img
      }


      Ganti set root='(hd0,3)' dengan partisi yg di instal di komputer agan mislnya partisi 2 atau Drive D: ganti dgn hd0,2

      Hapus
    6. ### Android ###
      menuentry "android-4.2-test" {
      set root='(hd0,4)'
      linux /android-4.2-test/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=AcerPC acpi_sleep=s3_bios,s3_mode SRC=/android-4.2-test vga=794 DPI=240
      initrd /android-4.2-test/initrd.img
      }

      menuentry "android-4.2-test (Debug mode)" {
      set root='(hd0,4)'
      linux /android-4.2-test/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=AcerPC acpi_sleep=s3_bios,s3_mode DEBUG=1 SRC=/android-4.2-test vga=788
      initrd /android-4.2-test/initrd.img
      }
      ### END Android###

      ini grub yang ane buat gan... apa ada kesalahan gan??
      kalo ada di jelasin einci gan, ane juga mau belajar

      Hapus
    7. 1. untuk set root='(hd0,4)' apakah sudah benar partisi yg di instal nya klo hd0,4 berarti partisi nya di drive F itu juga klo partisi nya semua nya primary ga ada yg extend.

      2. root=/dev/ram0 androidboot.hardware=AcerPC coba ganti AcerPC dengan android_x86 atau eeepc

      3. vga=794 DPI=240 ganti dengan vga=788 DPI=16 atau dihapus saja

      Hapus
    8. 1.iya gan, udah benar pas waktu instal android ane instalnya di sda4 kalo di windows drive f:
      2.udah gan masih gitu2 aja kalo "android-x86" boleh gan
      3.udah juga gan.. masih gitu2 aja

      Hapus
    9. 1. "android-x86" strip nya di bawah "android_x86"
      2 . Sudah dicoba Hapus vga sama DPI nya ? Jadi grub nya seperti ini

      menuentry "android-4.2-test" {
      set root='(hd0,4)'
      linux /android-4.2-test/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=android_x86 acpi_sleep=s3_bios,s3_mode SRC=/android-4.2-test
      initrd /android-4.2-test/initrd.img
      }


      3. Vga nya apa ? onboard atau agp ?
      4. Instal android nya di laptop ato di Komputer ?

      Hapus
    10. Oh iya lupa tampilan nya atao pesan error nya seperti apa ?

      Hapus
  107. gan need help nihh,,,
    udh seminggu nih ngutak atik, tp androidnya gk mau muncul. yg kluar mlah gambar sprti pcah2. sdah ngikutin sarn 2 di atas tp ttp gk bisa.
    saya menggunakan android-x86-4.2-20121225, sy menggunakan acer 4739 dgn resolusi 1366x768
    dan ini grub yg sya buat:
    ### Android ###

    menuentry "Android-x86-4.2-20121225" {
    set root='(hd0,5)'
    linux /android-4.2-20121225/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=eeepc acpi_sleep=s3_bios,s3_mode SRC=/android-4.2-20121225 vga=788 DPI=16
    initrd /android-4.2-20121225/initrd.img
    }

    menuentry "Android-x86-4.2-20121225 (Debug mode)" {
    set root='(hd0,5)'
    linux /android-4.2-20121225/kernel root=/dev/ram0 androidboot.hardware=eeepc acpi_sleep=s3_bios,s3_mode DEBUG=1 SRC=/android-4.2-20121225 vga=788
    initrd /android-4.2-20121225/initrd.img
    }
    ### END Android###

    untuk vga dan dpinya udh sring sya ganti tpi ttp tidak mau, mhon pnjlasannya dong.. yang mana yah yang slah..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. ganti dulu yg androidboot.hardware=eeepc sama android_x86
      2. Coba di hapus dulu vga=788 sama DPI=16
      3. simpan dan restart PC
      Tes ulang

      Hapus
  108. Gan androidnya gk mau msuk gan., maunya cman ikon booting andro trus kdip2 gk brhenti. Tlong gan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Grub nya udah di edit blm ? ubah grub nya menjadi seperti di bawah ini :

      menuentry "Android-x86-4.2-20121225" {
      set root='(hd0,5)'
      linux /android-4.2-20121225/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=android_x86 acpi_sleep=s3_bios,s3_mode SRC=/android-4.2-20121225 vga=788
      initrd /android-4.2-20121225/initrd.img
      }


      Jika yg ini ga bisa hapus juga vga=788 nya

      2. Jika kedua nya grub tidak bisa berjalan itu dikarenakan masalah vga nya tidak support dan prosesornya coba download dan ganti sama android-0.4-RC2 atau android-x86-4.0-RC2-eeepc.iso

      Hapus
  109. Msih gk bsa gan. Mau cba yg 4.0-rc2 aj lah. Mhon nanti bimbinganxa ya. Thx..,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya lebih baik pakai android yg versi ICS 4.0-rc2 atau 4.0 yg lain karena Kalo yg 4.2-test atau semcam nya itu kan yg jellybean terkadang memang susah untuk booting dan sangat lama karena sensitif terhadap vga dan prosesor yg digunakan maka grub nya harus tepat untuk sasaran pada komputer yg digunakan...

      Hapus
  110. gan ane mau tanya cara instal hp android 2.2 di laptop gimana?, ane pake windows 7 32 bit, soalnya hp android ane pas lagi di nyalahin bisa pertama ada tampilan gambar androidnya trus langsung ga ada gambar tampilan apa apa sedangkan lcdnya aktif dan normal, tapi ga masuk ke menu awal androidnya itu gan hp ane zte freddo, tolong jelasin penyelesaianya supaya hp ane kembali normal ga , thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Laptop nya apa ?
      2. Kalo untuk instal android 2.2 di laptop coba download dulu android 2.2 di http://www.android-x86.org/download
      3. Setelah download ikuti intruksinya seperti postingan diatas, soalnya sama saja cara instal nya sama yg diatas
      4. Klo masalah hp freddo anda saya kurang tau karena belum melihatnya.. mungkin harus di instal ulang saja sistem operasi nya.

      Hapus
  111. macam mana kalau mau install aplikasinya di android x 86?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Download atau copy aplikasi android apk nya ke usb di windows atau sistem operasi yg lain, kemudian buka android x86 nya colokan usb nya dan buka file aplikasi

      2. Kemudian buka aplikasi open manager terus klik yg tanda slash (/) tanda yg ada di bagian pertama nanti disana ada tulisan mnt nah klik folder mnt dan disana terdapat folder USB buka aja folder usb nya. nanti disana tersedia aplikasi yg sudah di copy kan ke usb tadi terus tinggal di klik aja untuk install aplikasi nya.


      Hapus
    2. android-4.2-test ngak ada open managernya?

      Hapus
    3. Oh iya saya baru lihat ternyata di android 4.2 test tidak ada open manager nya. kalo begitu harus instal melalui terminal di android :

      1. copykan apk android file manager ke usb apk atau aplikasi file manager mentahnya bisa di cari di google ada adao file manager, astro, dll.

      2. Masuk ke android x86 4.2 test nya. kemudian buka aplikasi manager dan buka terminal kemudian ketikan seperti dibawah ini :
      - ketik "su" tanpa tanda kutip jika ada pesan super su klik alow.
      - Ketikan adb devices, jika adb nya tidak eror maka akan terlihat devices sekian-sekian
      - ketik "cd /mnt" tanpa tanda petik kemudian ketikan "ls" disana akan terlihat beberapa file seperti USB0, USB1 dll
      - Kita pilih USB yg terdeteksi di androidnya jika usb nya terdeteksi di USB0 maka ketikan "cd USB0" kemudian ls, nah disana akan terlihat file apk pilihapk yg akan di instal, ketikan saja file apk android yg akan di instal misalnya nama apk android nya adalah cetar.apk maka ketikan "adb install cetar.apk" nanti akan muncul pesan untuk install klik dan tunggu beberapa saat setelah muncul install succes di terminal nya.
      - Kita tinggal lihat apk yg sudah terinstal tadi di apk manager.

      Hapus
    4. yeah uda bisa.. tp terminalnya ngak bisa d buka blank screen error

      Hapus
    5. Harus restart ulang android nya atau komputer nya.. kemudian buka kembali terminal nya

      Hapus
  112. gan kenapa waktu selesai install ,ketika pilih grub 2 selalu detecting android x86.....(titik2 terus) gak masuk2 ke android, tapi waktu dicolokin usbbootable nya langsung hilang detecting android x86 lngsung masuk android?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu selesai instal grub 2 atao install android ? Cobaa cek kembali penginstalanya.

      1. Instal nya android yg mana ?
      2. Setingan Grub nya mungkin ada yg salah
      3. Partisi yg di grub apa sudah benar ?

      Hapus
  113. waktu install androidnya, aku terlanjur install grub nya, cara ngapus grubnya gimana?trus cara ngapus androidnya juga gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Make nya windows apa ? coba pake fixmbr , fixboot di cd windows nya di repair windows disk.

      Untuk hapus android cari folder android yg telah di install kemudian hapus saja semua folder androidnya,

      Hapus
  114. makasi ,
    eh satu lg, watu aku booting trus pilih grub2 trus pilih android x86 malah muncul "detecting android-x86..." gitu aja terus,
    punyaku acer aspire one 77, androidnya yg kidownload juga utk amd
    aku nulisnya kya gini
    ### Android ###

    menuentry "Android-x86 4.0-RC2" {
    set root='(hd0,5)'
    linux /android-4.0-RC2/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=amd_brazos
    acpi_sleep=s3_bios,s3_mode SRC=/android-4.0-RC2 vga=788 DPI=16
    initrd /android-4.0-RC2/initrd.img
    }

    mennuentry "Android-x86 4.0-RC2 (Debug mode)" {
    set root='(hd0,5)'
    linux /android-4.0-RC2/kernel root=/dev/ram0 androidboot.hardware=amd_brazos
    acpi_sleep=s3_bios,s3_mode DEBUG=1 SRC=/android-4.0-RC2 vga=788
    initrd /android-4.0-RC2/initrd.img
    }
    ### END Android ###

    BalasHapus
    Balasan
    1. Acer aspire one netbook ya.
      "detecting android-x86..." artinya android sedang mencari folder android yg sudah di instal.
      coba saat booting jika ada flashdisk yg di netbook nya dilepas dan jangan ada apa-apa di colokan usb nya.
      1. Partisi untuk install android tipe nya apa ? ntfs, fat32 atau ext3 ?
      2. Jika partisinya ntfs coba ubah ke fat32 atau ext3 yg lebih baik untuk instal android partisinya ext3. dan instal ulang android nya
      3. Coba lihat gambar diatas di bawah no 13, masukan instalan androidnya klik tab di pilihan pertama apakah sama di androidboot.hardware=amd_brazos dengan di grub jika beda samakan dengan di live cd android nya
      4. Coba hapus DPI=16 nya jika masih stuck hapus juga vga=788 nya

      Hapus
  115. saya install android eepc, grubnya udah bener udah ikutin yg di blog ini, saya intsall di sda5 jadi hd0,5

    akhirnya saya install grub dari androidnya saja,sudah berhasil namun tidak bisa dapat akses root,saya baca2 di forum katanya harus install di ext3 biar bisa dapat root, cara dual boot di ext 3 gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya partisi untuk instal android x86 untuk bisa akses ke root harus ext3 atau fat32 kalau ntfs tidak bisa akses root.

      1. Untuk mengganti partisi pada saat instal android disana ada pilihan partisi dan pilih create /modify partition dan pilih partisi yang akan di instal android.
      2. Pilih partisi yg akan di set ke partisi ext3 dan disana akan ada banyak pilihan partisi.
      3. Tulis nomor atau huruf dan angka yg tertera misal jika ext3 adalah FB maka tulis FB juga. Kemudian write dan tulis yes untuk menyimpan.
      4. Atau menggunakan mini partition wizard seperti yg ada di video diatas, dengan mengkilik partisi yg akan di ubah partisinya pilih format yg berada di atas menu atau kilk kanan di partisi yg akan di ubah pilih format kemudian disana akan ada pilihan partisi yg akan di gunakan.

      Hapus
  116. gan cara connection wifi pada os android di pc gimana ya ku punya gak support

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Sudah dicoba diaktifkan di setting -> wifi ->on ?
      2. Pake android yg mana ?
      3. Di instal di komputer atau laptop apa ?
      4. Apakah saat install read/write nya di klik tombol yg yes ?

      Hapus
  117. bang, waktu aku booting ada tulisan detecting android terus, trus aku pindah file instalannya ke disk hasil instalan dari folder android-4.2-test,jd gapake folder,foldernya lalu aku hapus, trus grub.cfg ny juga ku ubah tanpa nama folder tsb. setelah tu jd mau, kok bisa gitu sih bang? padahal settingan grubnya udah bener bgt.
    ngikutin yg kusus buat jelly bean, oh ya yg icecream jg gitu.abis tu waktu booting lagi pas muncul logo androidnya , logo androidnya kedip2 terus gtu lama bgt, jd aku coba copy file yang di flashdisk yg dibuat dari unbootin ke tempat installan androidnya, trus bisa, kenapa gitu? oh ya satu lagi, setiap aku konek ke wifi pasti androidnya sleep n gabisa idup lg, solusinya gimanaya, makasi:)
    punyaku aspireone 722, oh ya lupa, ak download lagi entah dari mana "android-x86-vm-20120130" itu jenis apa ya, setingan grubnya kya apa?
    maaf banya nanya, maklum gaptek, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Jadi mau ? setelah folder di hapus dan grub nya dihapus booting andorid nya jadi bisa ? Karena grub sensitif terhadap penulisan huruf mungkin ada yg salah saat penulisan antara huruf besar dan huruf kecil.

      2. ICS yg di copy dari flashdisk yg dibuat unetbootin ke harddisk bisa booting karena memeang itu adalah hanya data instalasi atau data mentah nya.

      3. Wifi tidak bisa konek karena android belum di instal, android yg dijalankan dari android untuk instal jadi ko mentahan nya ga akan konek karena driver nya belum terdeteksi.

      4. Untuk Jellybean wifi bermasalah. Partisi diharus kan format ext3

      5. android-x86-vm-20120130 kalau ga salah itu adalah android ICS untuk di instalasi di VMware atau virtual box emulator. Jadi saya sarankan Download android-x86-4.0-RC1-eeepc.iso

      Hapus
  118. tetep aja :( detecting android-x86 terus, padahal udah bener banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba format partisi untuk di instal android format dengan ext3 atau fat32 pake mini tool partition wizard atau partition magic.
      kalo ext3 mungkin tidak akan terdetek di windows, harus memakai aplikasi tool ext di windows.

      Android yang di instal android iso apa ?
      Grub nya boleh saya tahu ?

      Hapus
  119. jelly bean(android-x86-4.2-20130228) sama ics(android-x86-4.0-RC2-eeepc),AKU COBA SATU2
    *GRUB JELLY BEAN:
    ### Android Grub#

    menuentry "android-4.2-test" {
    set root='(hd0,4)'
    linux /android-4.2-test/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=android_x86
    SRC=/android-4.2-test video=-16
    initrd /android-4.2-test/initrd.img
    }

    menuentry "android-4.2-test (Debug mode)" {
    set root='(hd0,4)'
    linux /android-4.2-test/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=android_x86
    DEBUG=1 SRC=/android-4.2-test video=-16
    initrd /android-4.2-test/initrd.img
    }

    ### End #


    *UNTUK ICS:

    ### Android ###

    menuentry "Android-x86 4.0-RC2" {
    set root='(hd0,4)'
    linux /android-4.0-RC2/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=eeepc
    acpi_sleep=s3_bios,s3_mode SRC=/android-4.0-RC2 vga=788 DPI=16
    initrd /android-4.0-RC2/initrd.img
    }

    menuentry "Android-x86 4.0-RC2 (Debug mode)" {
    set root='(hd0,4)'
    linux /android-4.0-RC2/kernel root=/dev/ram0 androidboot.hardware=eeepc
    acpi_sleep=s3_bios,s3_mode DEBUG=1 SRC=/android-4.0-RC2 vga=788
    initrd /android-4.0-RC2/initrd.img
    }
    ### END Android ###

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Untuk android jellybean grub nya seperti ini :

      ### Android Grub#
      menuentry "android-4.2-test" {
      set root='(hd0,x)'
      linux /android-4.2-test/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=android_x86 SRC=/android-4.2-test video=-16
      initrd /android-4.2-test/initrd.img
      }

      menuentry "android-4.2-test (Debug mode)" {
      set root='(hd0,x)'
      linux /android-4.2-test/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=android_x86 DEBUG=1 SRC=/android-4.2-test video=-16
      initrd /android-4.2-test/initrd.img
      }
      ### End #


      Untuk Android x86 jelly bean bisa juga dilihat disini grub nya http://sejenisinfo.blogspot.com/2013/05/android-x86-42-jelly-bean-untuk-komputer.html

      2. Untuk Android x86 ICS grub nya seperti ini :

      ### Android ###
      menuentry "Android-x86 4.0-RC2" {
      set root='(hd0,4)'
      linux /android-4.0-RC2/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=eeepc acpi_sleep=s3_bios,s3_mode SRC=/android-4.0-RC2 vga=788
      initrd /android-4.0-RC2/initrd.img
      }

      menuentry "Android-x86 4.0-RC2 (Debug mode)" {
      set root='(hd0,4)' linux /android-4.0-RC2/kernel root=/dev/ram0 androidboot.hardware=eeepc acpi_sleep=s3_bios,s3_mode DEBUG=1 SRC=/android-4.0-RC2 vga=788
      initrd /android-4.0-RC2/initrd.img
      }
      ### END Android ###



      Ganti androidboot.hardware=eeepc dengan android x86 iso nya jika android iso nya tulisan bagian paling akhir kdeua setelah sebelum .iso adalah brazos maka ganti eepc dengan brazos dan set root=(hd0,4) sesuai dengan partisi yang di instal di komputer nya .
      Klo berhasil boleh komen lg disini :)

      Hapus
  120. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya ada sedikit kesalaha seharusnya format partisi dengan ext3 atau fat32 supaya root akses bisa di buka video diatas sudah di edit.

      1, Android grub nya belum ditambah yg secara manual tambah kan setingan grub dibawah ini di bagian paling bawah di grub.cfg setelah # end-grub2win-user-section *** :

      ### Android ###
      menuentry "Android-x86 4.0-RC1" {
      set root='(hd0,5)'
      linux /android-4.0-RC1/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=eeepc acpi_sleep=s3_bios,s3_mode SRC=/android-4.0-RC1 vga=788
      initrd /android-4.0-RC2/initrd.img
      }

      menuentry "Android-x86 4.0-RC1 (Debug mode)" {
      set root='(hd0,5)'
      linux /android-4.0-RC1/kernel root=/dev/ram0 androidboot.hardware=eeepc acpi_sleep=s3_bios,s3_mode DEBUG=1 SRC=/android-4.0-RC1 vga=788
      initrd /android-4.0-RC2/initrd.img
      }
      ### END Android###

      2. Ganti androidboot.hardware=eeepc yang eeepc dengan android iso yg didownload misalnya android yg didownload iso nya adalah android-x86-4.0-RC2-amd_brazos.iso maka ganti eeepc dengan brazos lihat tulisan bagian akhir setelah tulisan .iso.

      3. Lihat juga folder di partisi nya jika folder android-4.0-RC1 maka grub yg linux /android-4.0-RC1 juga harus sama dengan folder android yg telah di instal

      Hapus
  121. tambahan bro.. saya pake Android-x86 4.0-RC1. computer netbook eeepc 1215p win7 drive:c/data drive:d/ instal di drive E. terbaca waktu instal androidnya sda5...instals sesuai panduan. waktu partisi drive E.. Ntfs sesuai Video diatas.. tlong bro Gyta, sdh 1 minggu nga ketemu-ketemu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya ada sedikit kesalahan seharusnya partisi di format ext3 atau fat32 supaya bisa akses root. Video diatas juga udah diganti dan untuk membuka ext3 di windows bisa menggunakan software http://www.ext2fsd.com/ atau http://www.chrysocome.net/explore2fs

      Error nya seperti apa ?

      Hapus
    2. bro gyta, thank banget infonya.saya jd bisa instal android di eeepc asus. maaf bro sebelumnya.. spti yg bro gyta tulis jg sdh benar. saya yg slh edit pertama di set root='(hd0,3)krn sy pikir (drive E=hd0,3) tpi ternyata ngikutin waktu instal androidnya yaitu Sda5. setelah di edit set root='(hd0,5)ok. trus problemnya loading display gagal,lalu sy edit di vga pake 791 tampil ok...mantab.
      bro mo tanya aja, lagi coba tes bikin 3 boot, win7-android ics-android jellybean/test, bisa nga ya? thanks bro.

      Hapus
    3. Okeh sama-sama..

      Untuk 3 atau triple boot bisa juga dilakukan caranya sama saja dengan yang diatas instal android juga bisa di satu partisi antara android ICS dan android jellybean tapi nantinya akan beda folder tentunya. dan masukan lagi grub untuk android yang belum di tambah grubnya ke grub.cfg di bagian paling bawah atau sebelum android yg pertama di instal. Selamat mencoba :)

      Hapus
  122. Bro juragan...ane kok gk bisa buka folder USB alias folder USB = empty. Padahal ane udah copy tuh pppwidget ke sdcard. Help me please...thx before

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buka usb folder yg dimana ?
      cobain buka nya di mnt/usb

      Hapus
  123. ....tapi begitu ane buka di open manager file pppwiget.apk nya kok gk ada.
    Note: Ane copy paste ke sdcard berhubung androidnya nya disitu..apa mungkin bukan di /mnt/USB...help helpHelp me please...thx before

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba copy ppwidget nya ke folder system saja nanti begitu buka open manager dan klik system nanti akan ada apk nya disana

      Hapus
    2. ok gan..sip semuanya udh beres n lancar jaya. Thx a lot y

      Hapus
  124. Gan ane kan nyoba nginstal nya tanpa d.partisi dlu krna tkut ke format, nah stelah dah d.instal, ane mlah stock d.boot animation nya doang ?
    Gmana ni ga n, please mohon polusinya :-D hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Partisi yg digunakan tipe nya apa ? Mungkin seting grub nya ada yg salah dari vga folder dan tipe android harddwarenya .

      Hapus
  125. Gan Cara install grub2win gmn? ane buka grub2win.exe trus pencet ok tapi yang keluar Addfile to array input file open error gmn nih....
    thanks ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika gurb2win nya masih di zip atau rar coba di extract dulu di drive C: nanti setelah di extract akan ada folder grub di partisi C: buka folder nya dan folder install disana ada grub2win klik aja dua kali namun sebelumnya matikan dulu antivirus nya

      Hapus
  126. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  127. Ane masih bingung tetang koneksi internet ..

    Klo mau akses internet pake Kabel LAN caranya gimana ?

    Mohon pencerahanya, ane bingung bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pake kabel lan biasa nya jika kita langsung colokin maka android udah bisa langsung terkoneksi ke internet, asal internet di komputer yg lain udah di sharing.

      Coba pake pppwidget untuk menggunakan usb modem.

      Hapus
  128. Saya di last sekali screen keluar android tulisan leaps hilang keluar lagi itu saja ...mana I bust salah .

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake android versi iso apa ? mungkin ada kesalahan di seting grub nya ? boleh di share disini grub nya ?

      Hapus
    2. ### Android ###

      menuentry "Android-x86 4.2-20121205" {
      set root='(hd0,3)'
      linux /android-4.2-20121205/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=lenovo_laptop acpi_sleep=s3_bios,s3_mode SRC=/android-4.2-20121205 vga=794 DPI=120
      initrd /android-4.2-20121205/initrd.img

      Hapus
    3. Saya download android 4.2-20121205
      Pakai laptop Lenovo g480
      Ke bukan semua laptop boleh bust?

      Hapus
    4. Coba grub nya pake nya seperti dibawah ini :

      menuentry "android-4.2-test" {
      set root='(hd0,x)'
      linux /android-4.2-test/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=android_x86 SRC=/android-4.2-test video=-16
      initrd /android-4.2-test/initrd.img
      }

      Rubah (hd0,x) ke partisi yg digunakan di komputer disana
      ke hampir smua laptop hampir bisa

      Hapus
    5. Oh iya lupa folder android yg di install di partisi nya tulisannya apa ?
      android-4.2-test atau android-4.2-20121205

      Hapus
    6. sudah cuba le ... tak boleh screen jadi hitam saja

      Hapus
    7. Oh naman folder nya itu ya..
      ya udah pake grub nya

      ### Android ### menuentry "Android-x86 4.2-20121205" {
      set root='(hd0,3)'
      linux /android-4.2-20121205/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=android_x86 acpi_sleep=s3_bios,s3_mode SRC=/android-4.2-20121205 vga=788
      initrd /android-4.2-20121205/initrd.img
      }


      Atau


      menuentry "android-4.2-20121205" {
      set root='(hd0,x)'
      linux /android-4.2-20121205/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=android_x86 SRC=/android-4.2-test video=-16
      initrd /android-4.2-20121205/initrd.img
      }

      Hapus
    8. Tak boleh juga ...
      Stop at booting the kernel
      Detecting android-86 ......................................................................................... tunggu lama pun sama

      Hapus
    9. mungkin seting partisi di grub nya ada kesalahan, pada saat instal android partisi penginstalan nya di partisi berapa hd0,1 hd0,2 atau hd0,3 atau hd0,5?

      Hapus
  129. Balasan
    1. grub yg dipakai grub2win atau grub yg dari android nya ? soalnya beda antara grub2win dan grub yg langsung dari android.

      Detecting android-x86 ...... dan nunggu lama berarti android sedang mencari folder atau partisi android yg di instal yg menyesuaikan dengan setingan grub nya

      Hapus
  130. Tak boleh juga.. sudah leaps detect android ... lepas di android root android screen terus Hitam saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ganti aja android iso nya download android x86 iso yg lain, yg itu mungkin tidak compatible sama PC nya

      Hapus
  131. Sory Gan mau nanya kalau Android-x86-4.2-20121225 carah bootingx di grub gimana ya cos sy udah download yg versi Android 4.2 cma bootingx di grub gak jd
    Mohon bantuax

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada dua versi grub untuk android 4.2 atau jellybena yg pertama bisa menggunakan ini :
      Terus ganti set root='(hd0,x)' dengan partisi yg di install android misalnya partisi atau drive D dan drive D adalah primary partisi maka ganti hd0,x dengan hd0,2

      menuentry "Android-x86-4.2-20121225" {
      set root='(hd0,x)' linux /android-4.2-20121225/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=android_x86 acpi_sleep=s3_bios,s3_mode SRC=/android-4.2-20121225 vga=788
      initrd /android-4.2-20121225/initrd.img
      }

      Dan jika grub diatas tidak bisa bisa menggunakan grub dibawah ini
      ### Android Grub#
      menuentry "android-4.2-test" {
      set root='(hd0,x)' linux /android-4.2-test/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=android_x86 SRC=/android-4.2-test video=-16
      initrd /android-4.2-test/initrd.img
      }

      menuentry "android-4.2-test (Debug mode)" {
      set root='(hd0,x)' linux /android-4.2-test/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=android_x86 DEBUG=1 SRC=/android-4.2-test video=-16
      initrd /android-4.2-test/initrd.img
      }


      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  132. met mlm gita,,ma,af ganggu,,aku pengguna pc baru yg masih awam,,,apa gita bisa bantu saya mulai dr nol,,,untuk pakai android itu,,aku pakai pc win xp pentium 4

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya boleh aja.. tapi diatas juga saya kira udah sedikitnya jelas cara atau step untuk instal android nya :), nanti kalo misalkan ada yg belum ngerti boleh nanya lg.

      Hapus
  133. met siang gan mau nanya lg ni resolusi sya (1366 x 768 )
    Resolsi teman sy (1024 x 600) yg sy mau tax resolusi 2 di atas VGA-nya bra ya . . .?
    VGA=.. (1366 x 768)
    VGA=.. (1024 x 600)
    dan android-x86-2.2-generic.iso di folder grub di ganti dengan nama ap ya
    ### Android ###

    menuentry "Android-x86 4.0-RC2" {
    set root='(hd0,7)'
    linux /. . . ./kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=. . .acpi_sleep=s3_bios,s3_mode SRC=/. . . . vga=788 DPI=16
    initrd /. . . ./initrd.img
    }

    menuentry "Android-x86 4.0-RC2 (Debug mode)" {
    set root='(hd0,7)'
    linux /. . . ./kernel root=/dev/ram0 androidboot.hardware=. . . . acpi_sleep=s3_bios,s3_mode DEBUG=1 SRC=/. . . . vga=788
    initrd / . . . ./initrd.img
    }
    ### END Android###

    Mohon bantuanx
    TerimaKasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk android-x86-2.2-generic.iso grub yg pertama untuk vga yg memungkinkan adalah -16 dengan dpi yg bisa di ubah contoh grub yg di install di partisi 3 atau sda3

      menuentry "Android 2-2" {
      set root='(hd0,3)'
      linux /android-2.2/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot_hardware=generic_x86 acpi_sleep=s3_bios,s3_mode video=-16 DPI=240 SRC=/android-2.2
      initrd /android-2.2/initrd.img
      }


      dan ini dengan resolusi yg berbeda

      menuentry "Android 2-2" {
      set root='(hd0,3)'
      linux /android-2.2/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot_hardware=generic_x86 acpi_sleep=s3_bios,s3_mode video=-16 DPI=160 SRC=/android-2.2
      initrd /android-2.2/initrd.img
      }

      Hapus
  134. gan tlng bantu leptop sy Axioo intel Coleron
    teman Sy axioo jga Intel Atom
    pas masuk android resolusix gak ad
    tlng ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu di atas saya udah jwb untuk setting grubnya,, bisa di coba dan hasilnya nanti kasih tau saya . Trims

      Hapus
  135. gan, saya mau coba nih instal android nya
    saya takut nya komputer nya gak kuat, dan gagal
    saya pake Acer Aspire 3680
    dengan intel(R) 945 Express Chipset Family, total memory 256MB
    masih kuat gk ini gan??

    BalasHapus

Posting Komentar

Kritik dan Saran boleh tapi diusahakan dengan bahasa yg sopan, jika memakai bahasa yang tidak sopan maka berarti Anda sudah meng-izin-kan untuk transfer dosa saya ke Anda yg berkata tidak sopan, sekali lagi Maaf saya berkata seperti ini