Cara install Android x86 kitkat 4.4 dual boot dengan windows di PC

Sudah lama juga saya tidak membuat posting karena selain sedikit sibuk ada sedikit malas juga untuk membuat postingan baru, padahal sudah ada beberapa tips atau turorial yang harus dibuat.

Kali ini tidak jauh beda dengan postingan yang lalu yaitu cara install android di PC ataupun di laptop dengan android x86 kitkat, secara singkatnya adalah cara install android di pc ataupun di laptop dengan android x86,, ahh sama aja judulnya cuman di bolak balik dikit :).

sudah tiga postingan yang terkait dengan cara install android di PC ataupun di laptop yang bisa di install langsung ke partisi atau ke emulator dengan menggunakan virtualbox, dan bisa digunakan atau dual boot dengan windows xp, windows 7 dan windows 8 bahkan dengan linux seperti ubuntu dll.
Atau jika ingin install android kitkat di virtualbox bukan dual boot bisa di lihat disini

Ada dua Cara untuk install android x86 kitkat 4.4 RC1 sebagai berikut :

A. Install android x86 kitkat 4.4 dengan memakai grub dari android itu sendiri tetapi hal ini tidak disarankan, karena jika terjadi kesalahan seperti boot windows yang terhapus atau tertimpa oleh boot grub akan mengakibatkan windows boot menjadi error.


1. Buat partisi baru di windows cukup 2GB saja, dan format ke tipe FAT32 supaya bisa akses root karena jika partisi NTFS kalau tidak di setting lagi maka root tidak bisa diakses, dan memang bisa disatukan sama partisi windows tapi alangkah baiknya di pisah karena jika ada kesalahan maka windows tidak akan terganggu. Untuk lebih jelasnya bisa di lihat di video dibawah postingan ini.
2. Download android-x86-4.4-RC1.iso cari Android kitkat pc atau disini.
3. - Burn ke dalam flashdisk dengan UNETBOOTIN, tapi hati-hati pada saat akan burn ke flashdisk datanya terhapus.
    - Burn ke cd denga nero atau iso tool lainnya.
4. Restart PC dan kemudian booting ke flashdisk atau cd android kitkat 4.4 dengan cara tancapkan flashdisk ke usb PC dan restart PC kemudian masuk kebios dan ubah first boot ke USB atau cd jika yg memakai CD atau jika tahu bisa langsung pencet tombol booting seperti F9,F10,F11 atau F12 sesuai dengan setingan bios PC.
5. Setelah masuk ke android x86 kitkat 4.4 pilih dulu yang pilihan ketiga yaitu Live CD - Debug Mode untuk mengetahui partisi fat32 kita berada di sda berapa, setelah masuk ketikan fdisk -l dan nanti akan ada hasil nya  seperti pada gambar dibawah ini :
android debug mode
Pada gambar diatas karena di hardisk saya buat partisi fat32 hanya satu untuk android jadi berarti disini partisi untuk android adalah /dev/sda3, jadi nanti pada saat akan install android di instal ke sda3.
6. Restart kembali PC dan booting lagi ke android dan pilih yang keempat yaitu Installation - Install Android-x86 to harddisk.
install android di pc

7. Tadi sudah diketahui bahwa partisi untuk android adalah sda3, jadi install android di sda3 dan jangan di format karena takut kalau disana salah maka windows tidak akan terformat.
8. Untuk pilihan format jangan di format pilih yang do not format kemudian OK.

9. Install grub pilih yes dan enter.

10. Pilih yes untuk boot ke windows melalui grub.
install android kitkat di laptop
11. Setelah kita enter maka android akan segera diinstall, dan selanjutnya untuk menentukan kapasitas memory untuk android, kita bisa berikan maksimal 2048.

finish instal android kitkat 4.4
12. Setelah selesai install selesai, restart PC dan cabut flashdisk atau cd di cpu, dan gambar dibawah ini adalah contoh boot grub untuk android dan windows.
pilihan boot android x86 dan windows


B. Install android x86 kitkat 4.4 dengan memakai grub2win :

1.  Ikuti langkah diatas dari No. 1 sampai dengan langkah no.8, kemudian untuk pilihan grub jangan dipilih  skip saja.
install android with grub2

2. Kemudian jika ada pilihan seperti gambar dibawah ini pilih OK dan enter.
3. Kemudian Pilih yes untuk menyimpan data.img di harddisk, maksimal ukuran memori adalah 2GB atau 2048 MB.
4. Setelah selesai reboot atau restart komputer dan masuk ke windows.
5. Download grub2 untuk windows disini. Extract grub2 untuk windows di drive C: Instal grub2.
6. Masuk ke folder grub2 kemudian instal grub2 di folder grub2 yaitu grub2win.exe setelah itu akan ada grub.cfg buka dengan notepad dan tambahkan menu boot android di bagian paling bawah tulisan. dibawah ini adalah tambahan boot android.

###Android KitKat###

menuentry "Android KitKat" {
set root='(hd0,X)'
linux /android-4.4-RC1/kernel quiet root=/dev/ram0  androidboot.hardware=android_x86 video=-16 SRC=/android-4.4-RC1
initrd /android-4.4-RC1/initrd.img
}


menuentry "Android KitKat (Debug Mode)" {
set root='(hd0,X)'
linux /android-4.4-RC1/kernel quiet root=/dev/ram0  androidboot.hardware=android_x86 video=-16 SRC=/android-4.4-RC1 DEBUG=1
initrd /android-4.4-RC1/initrd.img
}


### End Android ###

Ganti tulisan yang berwarna merah dengan partisi yang di install android mislanya android di install di sda3 maka ganti hd0,X diatas dengan hd0,3, simpan notepad dan restart PC atau komputer dan setelah menyala komputer akan ada dua pilihan booting pertama windows dan yang kedua adalah GRUB 2 Windows pilihan yang grub 2 windows dan pilih android untuk masuk ke android.

Video install android kitkat dual boot dengan windows 7.


Jika ada kesalahan pada tulisan ini atau ada pertanyaan silahkan berkomentar dengan baik di kotak komentar dibawah postingan ini.

Komentar

  1. Balasan
    1. gan itu gimana kalo mo konek ke modem ya? itu kalo boot pake android modemnya ga kedetek..... :) b.t.w thanks tutornya....

      Hapus
    2. harus install aplikasi pppwidget.. bisa di download di google play atau bisa di cari di google aja dgn cara pemakaiannya

      Hapus
  2. bagaimana cara menginstall file apknya? apa bisa langsung download dari playstore atau tdk??? dan apakah android x86 kitkat ini bisa mendeteck driver wifi windows???

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Bisa langsung install dari playstore... koneksikan modem dengan pppwidget.
      Atau simpan APK file nya ke flashdisk dan buka terminal ketikan seperti dibawah ini :
      - su ----> enter (tanda panah dan nama enter jangan ditulis)
      - cd /storage/USB0 ---> enter
      - ls ----> enter
      - lihat nama apk file nya jika sudah ketemu misalnya nama file nya game.apk maka ketikan seperti dibawah ini
      - adb devices ---> enter
      - adb install game.apk ---> enter

      2. Untuk wifi sebagian PC ataupun laptop ada yg langsung ke detek dan ada juga yg tidak

      Hapus
    2. ok gan thanks.. oy apakah pointer dari mouse/touchepad bs tampil d'androidnya atau tdk? soalnya ane udh liat tutonya tp pointer dari mousenya ngak tampil..

      Hapus
    3. Yg di video diatas ga ada pointer mouse karena di install di virtualbox untuk saya rekam sehingga mouse pointer tidak tampil dan sengaja tidak saya setting untuk usb mouse di tampilkan

      Klo di PC pointer mouse akan tampil sedangkan di laptop kadang ada yg tampil ada yg tidak tapi kalo dilaptop jika pakai mouse usb pointer akan tampil...

      Hapus
    4. ok gan.. ane akan langsung install,thanks atas pencerahannya..

      Hapus
  3. oy gan,bagaimana cara settting grubnya jika d'install di partisi lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal diganti saja hd0,x di grub nya dengan partisi yg diinstall ganti di set root='(hd0,X)' X nya diganti dengan partisi yang di install misal di partisi D berarti sda3=hd0,3 kalau di drive E berarti jadi sda4 = hd0,4
      lihat partisi baru di cara yang no 5 diatas untuk mengetahui partisi sda1,sda2,sda3

      Hapus
  4. saya cuma punya partisi c, d, e, android rencana saya taruh di E.. nah... tapi kok partisinya yang kebaca sampai sda.5? trus muncul notif :
    GNU GRUB version 2.00
    minimal BASH - like line editing is supported. for the first word, TAB lists possible comand completions. anywhere else TAB lists possible device or file conpletions

    grub>_

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya lupa jika hardisk di partisi hanya primary maka c,d,e =sda1,sda2, sda3

      Nah karena agan hardisknya ada extend primari atau logical disk makanya partisi bisa sampai sda5 jadi contohnya seperti ini partisi C adalah primary maka di linux adalah sda1 tapi jika memakai windows 7 maka drive c bisa jadi sda2 dan kemudian ada logical drive disk extend disk = sda3 Drive D = sda4 dan E=sda5 tapi terkdang kalo dilinux = android hal itu bisa saja terbalik

      Boot disk = sda1
      Drive C = sda2
      Extend disk = sda3
      Drive D = sda4
      Drive E = sda5

      Lihat partisi baru di format ke type apa ? fat32 atau ntfs bisa dilihat di ujungnya seperti pada gambar no 1 di posting atas

      Hapus
  5. oh ya ini kan di taroh di grub.cfg nah diantara mana?
    ###Android KitKat###

    menuentry "Android KitKat" {
    set root='(hd0,X)'
    linux /android-4.4-RC1/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=android_x86 video=-16 SRC=/android-4.4-RC1
    initrd /android-4.4-RC1/initrd.img
    }


    menuentry "Android KitKat (Debug Mode)" {
    set root='(hd0,X)'
    linux /android-4.4-RC1/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=android_x86 video=-16 SRC=/android-4.4-RC1 DEBUG=1
    initrd /android-4.4-RC1/initrd.img
    }


    ### End Android ###

    trus notifnya muncul saat boot grub2win

    BalasHapus
    Balasan
    1. di simpan di paling bawah aja..
      ganti yg set root='(hd0,X)'
      dengan partisi yg di install jika di install di drive E maka penulisannya seperti dibawah ini
      set root='(hd0,5)'
      notif apa gan?

      Hapus
  6. Hbs instal downlod apliksi bbm di ps ko ga kompatibel y gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya klo langsung install di ps biasanya seperti jadi cari aja Aplikasi BBM file apk nya di google kemudian install langsung ke Android kitkat x86 nya

      Hapus
    2. gan, ane udh instal app bbm dari apk....udh berhasil instal, tapi tiap kali masuk ke bbm selalu ada notif " unfortunatley, bbm has stopped" ..padahal di ikon notif " bbm connected"....... mohon pencerahan .... ane pake bbm apk yang udah modding landscape..

      Hapus
    3. coba pake bbm yg biasa dulu.. mungkin ga kompatible sama bbm yg itu

      Hapus
  7. galery sayangnya berhenti, gmn solusinya gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di klik tombol OK saja.. setelah di klik ok apa keluar lagi ga pesan tersebut ?

      Hapus
  8. udah ane klik, tapi ttep ga bisa gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya saya belum pernah kena masalah seperti itu.. tapi coba di uninstall aja gallery nya dan install galerry yg lain bisa di cari di google untuk gallery apk nya

      Hapus
  9. berhasil gan.. mantap hatur nuhun.. ane pake cara 1..

    BalasHapus
  10. ane install di vmware, ga ada suaranya sih? dulu pas pake android versi 2.2, ada suaranya..

    gimana slusinya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di cek setting di vmware nya apakah sound nya sudah di enable atau pilih soundblaster 16 jika ada

      Hapus
  11. Ada cara seting biar tampilannya mode potrait trs? soalnya di instal bbm tampilan jadi miring, ga mungkin ane miringin laptopnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba pake aplikasi lock portrait orientation
      1. lock portrait

      2. Rotation lock https://play.google.com/store/apps/details?id=ui.robot.rotate

      3. Ultimate rotation lock https://play.google.com/store/apps/details?id=nl.fameit.rotate

      4. Screen rotation lock https://play.google.com/store/apps/details?id=bong.android.androidlock


      Hapus
  12. Bagaimana monut partisi lain (semua dalam format NTFS) pada drive yang sama? Saya telah menginstal Android dengan format sebagai NTFS. Saya dapat mengakses 2GB ROM kustom dan juga USB dan HDD eksternal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan format NTFS bisa mengakses rom custom, USB dan external disk tapi biasanya tidak bisa akses root. kalau mau akses root dengan partisi ntfs harus di setting lagi

      Saya tidak menyarankan untuk membuka partisi NTFS atau di mount paksa takutnya nanti bisa rusak partisinya meningan di copy file nya ke usb flashdisk yg format FAT32
      Cara pertama dengan aplikasi mount untuk android seperti :
      - Mount Manager
      - USB mount All
      - Stick mount
      - OTG usb helper

      Cara kedua di terminal
      Buka terminal dan ketikan di terminal seperti dibawah ini
      - su
      - mkdir /mnt/disk1
      - Lihat hardisk atau partisi yang akan di mount dengan cara
      - ls /dev/block/sda* (catatan sda adalah hardisk pertama)
      - ls /dev/block/sdb* (sdb adalah hardisk kedua atau usb atau external disk)
      - ls /devblock/sdc*
      - busybox mount -o loop /dev/block/sda1 /mnt/disk1
      setelah itu buka di file manager di mnt --> diks1
      jika partisi sda1 atau drive c sudah dapat dimount maka data akan tersedia di /mnt/disk1

      Hapus
  13. Cara install BBM gimana gan? Ini sya punya q force close trus. Aq install di pc.

    BalasHapus
    Balasan
    1. BBM terkadang error di android x86 coba pakai nya android versi yg lain
      http://sejenisinfo.blogspot.com/2012/12/cara-install-android-di-komputer-pada.html

      atau install BBM yang lain mungkin bbm yg itu sudah di moding atau install BBM versi Gingerbread
      http://sejenisinfo.blogspot.com/2014/02/install-bbm-di-android-gingerbread-dan.html

      Dan setting android nya di setting--> Developer Options atau Opsi pengembang -->uncek atau jangan dicek yang tulisan Force GPU rendering, tulisan dibawahnya (Use 2d hardware acceleration in applications).

      Hapus
    2. gan, punya ane BBMnya force close mulu

      Hapus
    3. Udah di coba pake cara di jawaban saya yg diatas.. jika sudah berarti bbm ga mau jalan di android x86 4.4

      Hapus
  14. gan konek modem pake pppwidget kok gak bisa...?
    jadi gak bisa internetan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah di setting dulu di configure pppwidgetnya antara no koneksi, APN, Username dan password
      bisa di lihat di gamabr berikut http://2.bp.blogspot.com/-Uk0NpTZJ2tk/UntsujktW8I/AAAAAAAAAP8/s_RmxDICAMs/s1600/pppwidget-setting.jpg

      Hapus
    2. udah kalo itu...pertama masalahnya "Driver Tidak ada", trus masalah itu beres sekarang ada lagi "Port wasn't found" ane pake modem cdma advan jetz..
      "greget ini gan pgn internetan"

      Hapus
    3. Udah di coba di tekan sekali icon ppp yg warna ijo itu terus keluar ga driver modem nya ?

      Coba install ppp widget yg versi terbaru

      Hapus
    4. coba juga di buka terminal dan ketikan
      eject /dev/sr0
      eject /dev/sr1
      terus kembali ke ppp widget tekan sekali icon PPP yg warna ijo nya sampai keluar drivernya jika ada pilih drivernya namun jika tidak driver nya mungkin modemnya ga support di pppwidget

      Hapus
    5. drivernya sih keluar , nah pas udah itu nya "port wasn't found"

      Hapus
    6. Udah di coba modem nya di colokin ke port usb yang lain ?
      cek usb port di terminal dengan mengetikan

      ls /dev/ttyUSB*

      jika keluar
      /dev/ttyUSB0
      /dev/ttyUSB1
      dst ,, berarti port ada ke detek tapi ga mau di baca oleh PPPwidget.. ubah setingan di PPPwidgetnya usb nya di setting ke manual dan isikan /dev/ttyUSB0

      Hapus
    7. klo ga ada /dev/ttyUSB yg muncul berarti modem ga ke detek sama pppwidget nya..

      Coba di cabut modem nya dan colokin lg hingga 3 kali klo ga bisa .. ya berarti modem nya atau pppwidgetnya ga mau nge detek

      Hapus
  15. Balasan
    1. Gambar yg mana ? gambar yg di postingan bkn ?
      klo kurang jelas coba lihat aja video nya

      Hapus
  16. 1. modem yang terdeteksi pppwidget apa aja ?
    2. apakah wifi langsung kedeteksi oleh android ?
    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Saya kurang tau dengan masalah masalah modem sama pppwidget karena saya pakei modem huawei sama cyrus di android tablet bisa ke detek tapi di android x86 di PC terkadang ga kedetek jadi saya rasa itu masalah nya bukan karena modem sama PPPwidgetnya tapi karena masalah Android x86 di PC/laptop nya..
      Coba pake android X86 ics atau jellybean.

      2. Permasalahn Wifi juga itu tergantung pada laptop yg digunakan jika laptop yg digunakan driver wifi- nya tersedia di android x86 maka wifi kemungkinan besar langsung kedetek

      Hapus
  17. om mau tanya kalau mau install driver wifi gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. driver wifi biasanya sudah terinstall dengan sendiri nya... tapi jika laptop yang digunakan tidak support driver yg ada maka wifi tidak akan jalan.. tergantung pada laptop yg support driver di android yg di install

      Hapus
  18. udah berhasil di instal tpi setelah dibuka semua aplikasinya force close semua gan..google play,galery,youtube,terminal dll..yang bisa cuma settingnya doang..mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin android kitkat tidak cocok dengan driver yg ada di PC/laptop agan yg diinstall.
      Coba pake android ics
      http://sejenisinfo.blogspot.com/2012/12/cara-install-android-di-komputer-pada.html

      atau jellybean
      http://sejenisinfo.blogspot.com/2013/08/android-x86-jellybean-43-di-install-di.html

      Hapus
  19. udah saya coba yg jellybean masih tetep gak bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kemungkinan PC/laptop yg digunakan tidak cocok dengan android x86 install aja di virtual box atau pake android sdk bisa dilihat di
      Android di Virtual box
      http://sejenisinfo.blogspot.com/2014/03/install-android-kitkat-x86-di.html

      Android sdk
      http://sejenisinfo.blogspot.com/2013/06/instal-android-sdk-di-windows.html

      Hapus
  20. Iya android ini sudah dalam root jika di install di partisi fat32 dan ext3 tapi jika di install di partisi NTFS maka tidak bisa akses root tapi harus ada setting lain terlebih dahulu atau di instalkl ulang di ntfs

    Biasanya klo pertama kali aplikasi yang harus akses root pasti minta dulu disetujui atau tidak di superuser baru selanjutnya tidak akan minta lagi

    BalasHapus
  21. gan, pada saat instal berjalan lancar.. tpi saat run android layar hitam pesan error failed to enable msi-x, mohon pencerahan-Nya

    BalasHapus
  22. gan, pada saat instal berjalan lancar.. tpi saat run android layar hitam pesan error failed to enable msi-x, mohon pencerahan-Nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Install nya pakai cara yg mana ? yg pertama atau pakai cara yg kedua ?

      Biasanya itu disebabkan karena grafik yg tidak support atau grub setting

      Hapus
    2. cara yang pertama, ..... leptop acer aspire v5-132

      Hapus
    3. Install pake android yg mana ?
      Coba pake android 4.0 RC1 yang buat asus kayanya

      Hapus
    4. yang android 4.0 r1 eeepc... oh gitu ya, Android 4.0 RC1 suport nga ama BBM?

      Hapus
    5. Ga tentu juga bisa pake BBM

      Hapus
  23. saya udah pke Android 4.3 bisah tpi BBM nga bisah.. pada saat logIn di BBM sukses tapi setelah dari situ loading trus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya klo bbm di jellybean PC itu ... loading terus lama..

      Hapus
  24. coneksi yang saya gunakan wi-fi.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi klo pake android sdk di windows dan pake android ics saya pake BBM lancar..
      bisa dilihat cara install android sdk di
      http://sejenisinfo.blogspot.com/2013/06/instal-android-sdk-di-windows.html

      Hapus
  25. udah berhasil, saya pake Android 4.4, BBM-nya udah jadi. Tpi masalanya saya tidak menemukan PPgadget, pdhl saya udah Instal PPwiidget-Nya... Thank's Ya, And mohon bantuan-nya kembali

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini pake android x86 yg diatas atau android sdk ?

      klo untuk widget di android kitkat bisa di cari pppwidgetnya dengan cara tekan layar di menu pertama atau dilayar tampilan pertama seperti untuk mengganti wallpaper nanti disana akan ada nama widget dan cari disana pppwidgetnya

      Hapus
  26. gan mohon pencerahanya niy...
    ane udah ikutin tutor2.. ada masalahnya ketika ane instal partisi dev/sda nya ndak muncul, bahkan hdd yg di lepi pun hiden partisi sttusnya... gmn ya gan.?? ane pke win8 64 bit..

    BalasHapus
    Balasan
    1. lapi nya apa ?
      biasanya klo lepi seperti asus vaio atau asus yg didalamnya sudah pake windows 8 dari sananya tipe harddisk nya sudah di setting atau ber-format GPT tidak akan terbaca di android harus di rubah format hardisk nya ke MBR jadi semua data di hardisk akan hilang..
      paling juga bisa install androidnya menggunakan VMC atau di install di virtualbox bisa dilihat di
      http://sejenisinfo.blogspot.com/2014/03/install-android-kitkat-x86-di.html

      Hapus
    2. waaah gt ya gaan...
      iyaa punya ane ini asus x202e sudah ada bwaan win8 nya...
      hemm... gmn ya gan cara ngerubah ke MBR..
      penasaran gan ane sm kitkat..hehehe
      ane udah lyat tu videonya..ane c udah prnah pke vbox ntu,trus cara nerapin vbox itu byar bs full screen gmn tu gan.??? kl lyat di video,itukan sperti simulasi aja...

      Hapus
    3. 1. Klo misalkan mau di rubah ke mbr maka semua isi dalam hardisk tersebut terhapus termasuk win8 bawaanya juga akan hilang ..
      coba pikirin dulu sebelum nanti berubah pikiran.. untuk merubah ke MBR nya

      2. Untuk jadi fullscreen di Vbox bisa di rubah di tombol view yg berada di atas VBOX bisa dilihat di gambar di link dibawah ini
      Gambar VBOX VIEW FullSCREEN

      Hapus
  27. x86, Yang Versi terbaru (4.4).... gan PPwidget-nya tidak ada. sudah saya lakukan langka2 kamu ktakan!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo misalkan widget nya sudah di install maka pppwidget akan ada di tempat penyimpanan widget lihat video dibawah ini .
      http://www.youtube.com/watch?v=7g14XCOZNtE&feature=youtu.be

      Hapus
  28. gan ane masih bingung di grub.cfg nya
    udah mengikuti petunjuk tp ttep gk bisa

    BalasHapus
  29. gan gimana agar bisa bbmanya saya download apknya gk bissa harus pake device gimana gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. download aja bbm nya di browser misalnya di blog lain jangan download di playstore.

      Hapus
  30. sayang banget gk work di Windows 8.1 Grub2 Windowsnya :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pake windows 8 pro grub2 bisa jalan ..
      coba pake http://www.softpedia.com/get/System/OS-Enhancements/EasyBCD.shtml

      jika easybcd juga ga jalan berarti ada kemungkinan hardisk nya yg ada masalah dengan partisinya .

      Hapus
  31. gan, aku mau tanya, gimana cara nyambungin ke internetnya kalo pake kabel LAN??

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. biasanya langsung di colokin saja kabel lan ke port lan dan internet modem harus sudah aktif dan internet di android x86 sudah bisa tersambung otomatis..

      2. Atau bisa menggunakan cara ini Buka terminal di android dan ketikan :
      setprop net.dns1 8.8.8.8
      atau


      - Buka aterminal ketikan
      - sudo vi /etc/init.sh
      - tambahkan baris ini di init.sh
      netcfg eth0 dhcp
      echo nameserver > /etc/resolv.conf
      dnsmasq
      setprop net.dns1 8.8.8.8

      sumber http://stackoverflow.com/questions/10069121/no-network-in-android-x86-on-virtualbox-4-1-2

      Hapus
  32. kalau pas langkah 8 pilih "do not format" tapi muncul tulisan "tidak bias diformat" itu lebih baiknya harus ngapain, gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ko aneh .... jika klo misalkan kita pilih "do not format" itu berarti kita tidak akan format partisi tersebut dan langsung ke langkah selanjutnya yaitu install grub misalnya... tapi jika permasalahanya seperti itu saya kira agan telah memilih format partisi ke ext3 atau fat32 atau ntfs dan disana sehingga muncul tulisan tidak bisa format.. biasanya jika partisi tidak bisa diformat itu karena ada masalah sama partisi tsb,,, harus di format di windows pake tool atau di disk management windows

      Hapus
  33. kok PPPWIDGETnya tidak mau konek ke internet yah gan, disconec trus? sya pakai android x86 4.4 kitkat,, solusinya gmana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Pengaturannya dah di atur seperti apn, username password dan lain-lain di configure pppwidgetnya ?

      2. Coba cek modem nya apa sudah terdetek di androidnya dengan cara :
      - Buka terminal ketikan
      su
      - Ketikan
      ls /dev/ttyUSB*
      - Jika ada pesan ls /devttyUSB* no such file or directory berati modem tidak kedetek
      -
      Tapi jika ada /dev/ttyUSB0 dan seterusnya berarti modem sudah terdetek tapi setingan ada yg kurang atau pppwidget error

      Hapus
  34. maaf gan, saya mau tanya, saya udah bikin partisi dan udah di format pake FAT 32 tapi saat masuk dalam debug mode dan saya fdisk -l kok FAT 32 nya gak ada ya, mohon pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ko bisa.. kalo misalkan format nya ga ada salah akan kedetek fat32... coba lihat lagi partisi yg diformat tadi di windows dengan cara klik kanan di partisi tersebut dan properties ,, dan lihat apakah fat32 atau ntfs

      Hapus
    2. dari windows dan EaseUS terbaca Fat32 gan, saya sampai buat 2 partisi yang berformat Fat32, tapi semua gak kebaca dalam debug mode yang kebaca cuma yang ntfs nya aja

      Hapus
    3. 1. Tapi klo di android debug mode ketika sebelum ditambah buat partisi baru apakah /dev/sda nya bertambah atau masih tetap segitu misalnya .. pertama di cek di android debug mode partisi ada 3 partisi NTFS terus setelah ditambah jadi ada 4 partisi NTFS ?

      2. Sebenarnya bisa juga diinstall di partisi NTFS tapi untuk akses root bisa mengikuti cara berikut http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2390619

      Hapus
  35. setelah di cari2 permasalahan nya akhirnya ketemu jg penyakitnya, ternyata permasalahan dari partisinya gan, saya harus rubah dulu partisi HDD dari Dynamik menjadi Basic dan sekarang udah bisa install si KITKAT, tapi sekarang ada masalah baru gan....kok bootmgr windows saya ilang ya jadi g bisa buka windows, kira2 salah di mana nya ya? saya instal android pake cara pertama gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kalo misalkan make cara pertama terkadang kalo tidak hati-hati kejadiannya akan seperti itu makanya saya tidak menyarankan.

      Cara 1. Setelah PC masuk ke grub tekan tombol C di keyboard sekali dan nanti akan masuk ke grub setting biasanya jadi seperti ini grub >
      dan ketikan seperti dibawha ini :
      find --set-root /bootmgr
      boot


      - Jika windows boot mgr masih ada mungkin akan bisa terdeteksi dan masuk ke windows teteapi jika tidak bisa berarti bootmgr nya sudah terhapus atau tertimpa oleh grub.
      - Jika bisa masuk ke windows nanti saya berikan setting tambahan untuk grub nya

      Cara 2. Repair bootmgr dengan cara masukan cd/dvd windows 7 atau windows 8 kemudian pada saat akan install klik tombol yang repair dan ikuti cara nya disana.
      Bisa dilihat di http://support.microsoft.com/kb/2622803

      Hapus
    2. cara pertama beresiko gan, tadi saya coba cara yang ke 2 dan hasilnya berhasil di install g ada masalah, jadi saya putusin cara 2 aja lebih aman....trimakasih gan atas tutorial nya.

      Hapus
  36. gan, untuk main game Hayday kok gak bisa ya? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tahu klo untuk game hayday.. mungkin dicoba pake android yg ics atau jellybean

      Hapus
    2. Aku bisa main hay day dan clash of clans di android ini cuman agak lama baru bisa kebuka, awalnya klo dibuka ada warning. Tapi klo udah lama bisa kebuka. Sabar ajah nunggunya skitar 15-20 menitan

      Hapus
  37. gan, kok pas make cara kedua grub2nya tidak bisa diinstall grub2.cfg nya, udah coba jg pake cara pertama juga gak bisa buat grubnya trus gmana ya?
    mohon bantuan nya :)

    BalasHapus
  38. Balasan
    1. Ga tahu belum nyoba .. tapi saya rasa ga perlu pake recovery atau CWM ..

      Hapus
  39. mas,,sy sudah berhasil instal android dan sudah terinstal bbm,kendalanya screen bbm gk bisa portait/tulisannya kesamping..gimana ya supaya bisa portrait,makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake lock screen bisa di install di play store
      coba pake aplikasi lock portrait orientation
      1. lock portrait

      2. Rotation lock https://play.google.com/store/apps/details?id=ui.robot.rotate

      3. Ultimate rotation lock https://play.google.com/store/apps/details?id=nl.fameit.rotate

      4. Screen rotation lock https://play.google.com/store/apps/details?id=bong.android.androidlock

      Hapus
  40. sekedar membantu saja. saya berhasil konek pake PPPwidged. setelah saya instal superSU dan Busybox X. sebelumnya gak bisa konec. tapi sayang bbm punya saya gak bisa buka. saya menggunakan android x86 4.4.2 kitkat

    BalasHapus
  41. Gan masukin file ke Androidnya gmna misalkan file dri windows,,???

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Cara mudah copy file yg akan di buka di android ke flash disk .. dan file yg ada di flashdisk bisa dibuka di file manager /mnt/usb atau storage

      2. Cara sulit bisa dilihat di komentar http://sejenisinfo.blogspot.com/2014/02/cara-install-android-x86-kitkat-di-pc.html?showComment=1394922871724#c4306940937724407679

      Hapus
    2. owh berarti kita musti instal app file manager dlu ya..? app bawaanya ga ada ini
      sedangkan connect ke modem aja belum bsa,

      Hapus
    3. Iya harus install file manager dulu... download aja dulu di windows kemudian kalau android folder nya bisa di buka di windows buka android folder nya dan copy file manager ke system --> app

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. ini gimana gan nyari type addres nya dimana, pas pertama masukin email di bbm, trus selanjutnya di suruh masukin type addres

      type the server address as provided by your administrator

      Hapus
    6. saya kurang tahu karena belm pernah mendapatkan pesan seperti itu

      Hapus
  42. untuk main game nya kok ga bsa di pencet gan di keyboard nya, apa ada app keyboard biar bsa main game..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf kalo untuk maen game saya kurang tahu soalnya saya disini cuman ngasih cara install android nya aja
      Sekali lagi mohon maaf ya jika saya tidak bisa membantu

      Hapus
    2. Ok gan terima kasih atas responnya,,
      dan artikelnya sangat bagus,, (Y)

      Hapus
  43. gan, ane sudah pernah coba x86 yg ICS, nah kalau mau ganti ke kitkat harus format dulu yg ICS atau bisa langsung upgrade? mohon pencerahannya

    BalasHapus
  44. BBM gag perlu install android, pake bluestacks aja, aku lancar bbm http://www.bluestacks.com/app-player.html
    klo pake bluestacks gag perlu ribet switch os,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bluestacks juga kan itu android ... cuman beda versi dan android bluestacks itu kalu ga salah masih ics sedangkan ini untuk yg android kitkat... untuk yg spesifikasi pc nya kurang bisa lihat cara install bluestacks nya disini http://sejenisinfo.blogspot.com/2013/04/cara-instal-android-di-laptop-dengan.html

      Hapus
  45. beghhh.. berhasil gan

    wifi ga jalan tapi :/

    trus cara instal aplikasinya cem mana yaa?? tolong laa... :D

    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masukan apk file ke flashdisk dan bisa di install apk nya secara manual lewat terminal
      ketikan di terminal
      adb install /storage/USB0/nama_file.apk
      dan internet pake usb modem dengan aplikasi pppwidget

      Hapus
  46. BOOSSSS saya sdah install x86-4.4 di PC tapi sound tidak keluar dan ketika mau menjalan kan game Prince Of Persia Classic dan Prince Of Persia Shadow and Flame ada pesan "Unfortunately (game) has stopped. kira-kira apa ya BOOSSS ? mohon pencerahannya !!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu ada kemungkinana karena android x86 4.4 nya tidak ada driver yg cocok dengan kompi yg di install nya ..
      yg dipake apa komputer apa atau laptop apa ?

      pada game juga karena ada driver yg kurang terinstall ke hardwarenya coba install android kitkat nya di virtual box bisa dilihat di http://sejenisinfo.blogspot.com/2014/03/install-android-kitkat-x86-di.html

      Hapus
  47. gyta juwita yang baik , saya pingin tanya kalau PPP Widget muncul tulisan "Driver not found" , solusinya gimana yah, saya pake modem Cyrus MC400 CDMA unlock , mohon jawabannya , thanks a lot, udah sharing ke kita2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mkasih dah dibilang baik..
      sepertinya modem nya tidak support dengan PPPwidget coba pinjem dulu modem yg lain punya temen jika bisa berarti modem Aldi tidak support. Atau coba install pppwidget yg terbaru

      Hapus
  48. Mbak gyta, gimana cara mengubah urutan booting pada grubnya? Pada pc saya android menjadi defauld nya atau bootingan pertamanya, gimana caranya agar bootingan pertamanya adalah windows 7? Makasih sebelumnya..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Jika di partisi android gurb nya bisa ditemukan bisa di edti disna tapi jika tidak ada folder grub dan semua nya dalam bentuk img atau sfs maka ikuti langkah di no 2

      2. Masuk ke android debug mode dan ketikan seperti dibawah ini
      - cd /mnt/grub
      - vi menu.lst
      - tempatkan cursor di bawah tulisan splashimage=/grub .....
      - di keyboard PC tekan tombol shift + o (bukan nol tapi huruf o)
      - untuk windows 7 dan 8 ketikan seperti dibawah ini
      - tittle Windows
      root (hd0,0)
      chainloader /bootmgr
      boot
      - Tekan tombol esc dan tekan tombol :w dan enter kemudian tekan tombol :q dan restart pc

      Hapus
    2. Di partisi androidnya ada folder grubnya mbak, trus cara editnya gimana?

      Hapus
    3. Itu kan bisa mengikuti langkah diatas yg sudah saya bls di komentar diatas...

      Atau jika agan pake dual boot sama windows di edit nya di windows buka folder gurb nya dan temukan file menu.lst buka di wordpad atau office dan pindahkan nama windows ke atas android. misal

      windows nya adalah
      title windows
      chainloader +1
      rootverfy
      boot
      pindahkan diatas

      title android 4.4
      kernel ......

      Hapus
  49. permisi gan,
    kok layar desktop android saya gak muncul" gan, kalo booting munculnya tulisan ANDROID root@x86:/ #
    saya install di sda6, setting grubnya:

    ###Android KitKat###

    menuentry "Android KitKat" {
    set root='(hd0,6)'
    linux /android-4.4-RC1/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=android_x86 video=-16 SRC=/android-4.4-RC1
    initrd /android-4.4-RC1/initrd.img
    }


    menuentry "Android KitKat (Debug Mode)" {
    set root='(hd0,6)'
    linux /android-4.4-RC1/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=android_x86 video=-16 SRC=/android-4.4-RC1 DEBUG=1
    initrd /android-4.4-RC1/initrd.img
    }


    ### End Android ###

    mohon bantuanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di cek lagi seting grub untuk partisi nya apa sudah benar di hd0,6 ?

      Untuk loading android x86 biasa nya pertama muncul tulisan tulisan sperti itu sebelum nanti ke logo android

      Hapus
    2. udah saya cek, tapi kok tetep kya gitu ya.. ditungguin nyampe 20 menit juga tampilanya kaya gt terus :D

      Hapus
    3. coba lihata pada saat booting kan ada tulisan tulisan dan cek apakah ada tulisan seperti ini :
      Detecting Android-x86... found at /dev/sda6

      Jika ada berarti sudah benar partisi nya tetapi jika tidak ada tulisan tersebut berarti partisi hd0,6 nya salah

      Hapus
  50. Ba maaf mau tanya, kalau mau uninstal caranya gimana ya ba, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. hapus saja folder androidnya dan jika memakai grub dari android maka untuk menghapus grub dan memakai windows 7/8 harus memakai cd/dvd /repair windows dan masuk ke command atau cmd dan ketikan
      - delete /bcd {default}
      - bootrec /fixboot
      - bootrec /fixmbr
      - bootrec /scanos
      - bootrec /rebuilbcd
      restart
      2. jika memakai grub2 dari windows bisa memakai cara no 1 atau masuk ke run ketikan msconfig dan masuk ke tab boot.ini hapus grub2 boot

      Hapus
  51. mau tanya nih, kan saya pakai windows 8.1

    kenapa yah, pada Grub2 saya buka file grub2win.exe selalu tidak bisa?
    dan lagi, saya buka file update pada notepad, di dalam folder grub

    ada tulisan :

    Run starts Saturday May 17, 2014 At 01:57:19

    *** This OS is not supported *** WIN_81

    *** of Grub2Win failed *** Saturday May 17, 2014 At 01:57:19
    Run duration was

    apakah emang grub2 tidak support di windows 8.1 atau OS androidnya yang tidak support?
    saya mohon pencerahanya.

    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. - Yg tidak support adalah windows 8.1 nya,, mungkin setingan hardisk nya .. yg dipake laptop dengan hardisk GPT yg windows 8 nya sudah terinstall di dalamnya ?
      - kalao grub g bisa ,, bisa diganti pake bcde edit tetapi harus tahu dulu cara membuat untuk bootingnya
      - grub tersebut bisa dipake di android karena android beda lagi masuk nya bukan ke windows 8 tapi ke beda partisi secara terpisah..

      Hapus
  52. Misi gan, gimana cara nya internet ake mode, enggak kedetek terus.
    saya pake modem huawei e3131. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya pake aplikasi pppwidget dan jika modem nya support maka otomatis modem akan terdetek secara otomatis. untuk android kitkat saya belum menyoba tapi untuk android yg lain ada beberapa pengguna bisa menggunakan pppwidget.. atau bisa coba install android nya di virtualbox bisa dilihat di http://sejenisinfo.blogspot.com/2014/03/install-android-kitkat-x86-di.html

      Hapus
  53. Assalamualaikum gan moohon butuh bantuannya nih,

    Semua instalasi sudah saya lakukan, sampai akhirnya berhasil. Nah setelah saya restart dan kembali booting ke androidnya, kok malah stuck ya? Gak sampai masuk di logo android, seperti ini tampilannya (black sceen) :

    "early console in decompress_kernel

    Decompress Linux... Parsing ELF... done.
    Booting the kernel.
    Detecting Android-x86....."

    Ctrl+Alt+Del sampai tidak berfungsi, harus tekan tombol shutdown paksa.
    Mohon pencerahannya gan, terima kasih banyak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumusallam WR.WB
      install pake cara yg mana ? yg pertama atau yg kedua ?klo untuk yg kedua kemungkinan ada yg salah di seting grubnya misalnya root partisinya salah .. jika partisi root nya benar maka akan ada tulisan
      seperti ini Detecting Android-x86..... found on /dev/sdaX ....

      Hapus
    2. Saya install pakai cara yang kedua, soalnya saya sudah coba yang pertama dan banyak masalahnya. Setting partisi di grub nya juga InshaAllah benar, sudah saya cek di debug juga. semoga ada solusi lainnya, soalnya penasaran sudah bisa masuk di desktop androidnya setelah di install. Terima kasih

      Hapus
    3. pada saat masuk pertama kali di yang ada tulisan sprti dibawah ini ada..
      Decompress Linux... Parsing ELF... done.
      Booting the kernel.
      Detecting Android-x86..... Found at /dev sdaX.....
      jika android terdetksi maka misalnya di partisi 1 maka sda menjadi sda1
      Jika misalkan tulisan Detecting Android-x86..... Found at /dev sdaX..... tidak ada berarti root nya salah...

      Hapus
    4. Alhamduliilah berhasil, maafkan atas keteledoran saya, saking frustasinya sampai editan di "grub.cfg" -nya ngawur.
      Terima kasih banyak, sukses selalu :)

      Hapus
    5. Alhamdulillah juga.. Terimakasih dan sukses jga buat Rendi :)

      Hapus
  54. Maaf mau tanya lagi hehe, kalo mau zoom in zoom out screen waktu main game seperti clash of clans itu gimana ya? terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo buat yg itu saya belum tahu blm nyoba... coba aja klik ctrl + i atau ctrl +o

      Hapus
  55. brow,sy baru2 download file grub2.zip...file grub2win.exe tidak bisa terbuka,,, :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. kemungkinan file hasil donwload nya error.. coba di download ulang grub2win nya.

      2. sebelum grub2win di extract .. antivirus sama windows defender nya di disable dulu

      Hapus
  56. gan kalau buat nginstall groupnya saya kesulitan,mohon bantuannya

    BalasHapus
  57. mbak gyta mw tanya ane dah install X86 4.4.2 RC 2 partisinya saya format FAT32 ada masalah maw instal superSU (chainfire) koq g bisa install binary y.. failed terus (mw akses FULL ROOT) untuk otak atik system ... makasih atas bantuannya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Superuser nya ga cocok sama versi androidnya..
      Sbenarnya di android yg diatas itu sudah ga perlu di root lagi secara manual karena sudah di root secara otomatis dari bawaan nya sendiri... Buka setting dan lihat di system disana sudah ada superuser terinstall,

      Hapus
  58. Permisi min, sy udh brhsil install ktnya. Nah kan sy mw pke modem bwt ngenet, sy download pppwidgetnya di windows tp sy bngung naruh apk pppwidgetnya dimana ya ? mhon pencerahanny, msh pemula :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Copy paste ke flashdisk setelah di copy masuk ke android dan buka terminal dan ketikan seperti dibawah ini.

      adb install /storage/USB0/nama_file.apk

      Hapus
  59. Mbak gyta tolong bantu saya,saya udah ngikutin semua petunjuk diatas.tapi setelah berhasil hanya keluar layar hitam dengan tulisan "out of range".Pertanyaan saya gimana supaya monitor saya support dengan Android x86

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di ganti grub.cfg yg di video=-16 ganti dengan vga=791 atau vga=788

      Hapus
  60. sy mau konek modem smartfren di KitKat gmn caranya? apkah sama sperti modem lain? tp koq gk bisa.. mhon pencerahannya. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Install pppwidget dan taruh pppwidget yg sudah terinstall di menu widget ke layar utama.. disana nanati ada configure dan masukan setingan apn nya sesuai oprator dan jika modem sudah terdeteksi klik tombol konek di pppwidget nya

      Hapus
  61. mbak gyta

    kalo cara install apknya gimana
    saya pake yang jelly bean apa sama kode terminalnya sama kitkat
    thx :D

    BalasHapus
  62. gan... mau tanya, saya udah instal 3boot. w8, w7, android 4.4
    kalau mau akses drive D,E,F di android ko ga bisa ya?
    gmana gan?

    BalasHapus
  63. thank's atas sharing ilmux bro sukses slalu, tp sy mo tx gimana kl laptop/pc tdk kedetek driverx, mhn pencerahanx and makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak kedetek di sistem oprasi apa gan ?

      Hapus
  64. terima kasih banyak informasinya gan :)

    BalasHapus
  65. gan apakah hrus d instal ke hdd biar gak ilang apps yg pernah ak download klo lg boot ulang.....soalnya ak cmn menggunakan ubs boot , dan klo boot ulang kyak baru lg mohon bantuanya.....sblmnya terima kasih banyak sukses menyertaimu gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus di install ke hdd atau ke flshdisk.. klo ga di install maka setiap boot ulang setting nya akan kembali ke awal

      Hapus
  66. Kalo mau matiin gimana ya, misal mau turn off

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Jika di keyboard ada tombol Power maka untuk turn off tekan saja tombol Power di keyboard.
      Atau
      2. Tekan tombol power yang ada di CPU selama beberapa detik sampai keluar menu turn off di layar komputer dan pilih dengan mouse untuk mematikannya

      Hapus
  67. mbak,,saya instal android kitkat d vmware,,tp sound nya gk ada,,mbak..trus bwt aktifin wifi di android gimana carany,,y mbak?..soalny ada bbrp aplikasi spt line n wechat butuh pengaturan lokasi n wifi,,mbak..mhon bantuannya,,y mbak..makasih sblumny,,mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Ada kemungkinan pengaturan vmware kurang sesuai untuk android coba di setting ulang vmware nya.

      2. klo untuk wifi saya rasa ga akan berfungsi jika pengaturan nya di vmware juga tidak benar dan kadang wifi ga akan kedetek.

      3. Untuk internet biasanya udah bisa langsung tersambung jika di PC nya udah tersambung juga dengan internet, dengan catatan LAN di vmwarenya di atur jg dengan baik

      Hapus
  68. Gan Jawab Cepat ya
    ini Gimana Cara Rotatenya ?
    udah di Puter" Laptopnya kaga bisa balik ke Landscape -_- :v
    Jawab ya kagak enak masa liatnya harus miringin kepala -_-
    BTW Work And TQ For This Info :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Auto rotate screen nya di uncheck .. masuk ke system --> Accessibilty --> Auto Rotate screen jangan di centang kosong ka saja

      Hapus
  69. Min minta tolong dong...
    setelah ane install Android x86 Kitkat RC2 di laptop ane (Hp Probook 4430s), suara nya kecil banget sampe2 gk kedengeran saking pelan nya..
    adakah solusi buat problem ini ...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. suara kecil nya pas os di windows atau di android ? kalao masalah kecil suara mungkin di setting nya perlu di besarin

      Hapus
  70. Saya memiliki problem pada saat instalasi, yaitu pada saat instalasi, di tengah prosesnya muncul tulisan "Instalation failed! Make sure that you have enough space hard disk to install Android x86" . Apa solusi untuk masalah ini, padahal space nya masih banyak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan kesalahan pemilihan partisi yg akan di install.. jadi pada saat akan di install di drive yg kapasitasnya cukup malah masuk ke partisi yg lebih kecil partisinya.

      Hapus
  71. ane sudah instal android 4.4-RC2 di pc
    instal aplikasi atau game pun lancar
    tapi setelah reboot , game dan aplikasi yg tadi nya lancar kok jadi has stopped semua
    udah coba di reinstall aplikasi nya tetep aja gak bisa
    dicoba instal versi lain(versi terbaru,versi lama,versi mood) sama saja
    akhir nya instal ulang androidx86 nya tapi hasil nya sama saja , aplikasi dan game cuma bisa jalan waktu pertama di instal aja ,setelah reboot tetap has stopped

    mohon pencerahan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya android 4.4 nya tidak cocok dengan game yg di jalankan coba pake android ics 4.0 atau jb 4.2

      Hapus
  72. makin maju aja teknologi. sekarang OS ANDROID sudah bisa jadi os di komputer. makin hebat dan salute

    BalasHapus
  73. bagaimana mahu besarkan saiz internal storage? saya cuma dapat 2gb sahaja. masa install juga cuma bole maksimum 2gb saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emg maksimal 2gb untuk internal memory,, sebelumnya ada cara lain untuk menambah size tapi saat ini saya blm bisa memberikan caranya karena saya lupa mohon maaf

      Hapus
  74. tak apa. sekiranya ada makluman bole dikongsi bersama.terima kasih kerna toturial yang mudah difahami. saya sudah berjaya install android 4.4.2 + windows8.

    BalasHapus
  75. Masalah storage sudah selesai. saya install android dahulu kemudian windows8. sebelum install android saya create 2 partition untuk windows dan android. kini internal memory boleh diubah mengikut kehendak masing2. internal lama 2gb sudah dapat diubah kpd 9gb.partition android menggunakan ex3 type.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hampir sama degan yg diatas ya .. :)

      Terimakasih Tambahannya

      Hapus
  76. gan, maaf, saya pakai os windows 8.1, grub2win nya gk mau jalan di windows 8.1,.
    adakah grub2win yg support windows 8.1??

    saya sudah memakai EasyBCD, memang keluar menu pilihan saat reboot, tapi setiap kali memilih android saya diharuskan mengedit grub4dos dulu sebelum masuk ke android, adakah cara lain??
    trimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba pada saat akan menjalankan grub2winnya di klik kanan di grub2win.exe dan pilih run as administrator kemudian lanjutkan, jika masih tidak bisa download grub2win yg terbaru di http://sourceforge.net/projects/grub2win/

      Hapus
  77. Gan setelah saya buat partisi Dan bakar file iso nya,
    Lalu saya restart Dan milih booting yang di bios,
    KOK laptop saya malah cuman nampilin simbol - strip doang gan :,(
    Mohon solusinya :,(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di bakar ke CD atau ke usb flashdisk ?
      di bios nya apakah udah bener pengurutan untuk boot nya ?
      Di bakar nya atau di burn nya pakai aplikasi apa ?

      Hapus
  78. Gan, Mau nanya apakah Android-x86 4.4-RC2 bisa untuk main clash of clans ? soalnya kasihan gan klo pake emulator proscessorenya 98% mulu,, apakah di Android-x86 4.4-RC2 juga begitu ? thx

    BalasHapus
  79. assalamualaikum,
    Gan ane butuh bantuan
    ane ikut tutorial ini http://sejenisinfo.blogspot.com/2014/02/cara-install-android-x86-kitkat-di-pc.html

    Ane gak bisa download di http://sourceforge.net/projects/grub2win/?source=recommended
    sudah di klik direct ling.pun masih gak bisa.

    tolong gan Link lain Grub2win
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. di link http://sourceforge.net/projects/grub2win/?source=recommended harus di click tombol download nya baru bisa di download coba cari tombol download disana dan klik tombol nya

      Hapus
  80. assalamulaikum, mo tanya sdikit nie gan..?
    sy da coba instal sperti yg di atas, tp knp sy ngk bisa masuk di ke android nya, hanya smpai android# gini aja gan, n apa kah instal android hrus pakai video besar ya gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ada kesalahn di setting grub nya antara root partisi nya dan folder di setting grub nya.. kalo bisa copy kan grub yg dipake disana kesini dan partisi yg dipake partisi berapa atau partisi apa c atau d atau yg lain

      Hapus
  81. (Ask)
    Tutor yg mantap dan saya berhasil install dual boot nya dengan android-x86-4.4-RC2. Tp mslhny gak konek internet meskipun pake pppwidget. Saya coba ikutin cara di http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2172914 rada bingun coz bhs inggris, maklum newbi. Mohon pencerahannya ga.

    BalasHapus

Posting Komentar

Kritik dan Saran boleh tapi diusahakan dengan bahasa yg sopan, jika memakai bahasa yang tidak sopan maka berarti Anda sudah meng-izin-kan untuk transfer dosa saya ke Anda yg berkata tidak sopan, sekali lagi Maaf saya berkata seperti ini