Epub reader dan converter dengan software atau tanpa software

Epub adalah sebuah format file yang berupa dokumen teks yang didalamnya terdapat tulisan dan gambar seperti pdf ataupun docs file dan dari sumber marisharingilmu.wordpress.com epub yaitu singkatan dari electronic publication yang biasanya merupakan ebook yang bisa didapatkan secara gratis.

Dan bagi yang mempunyai kindle yaitu sebuah tablet dari amazon maka epub ini sudah bisa langsung di gunakan disana, adapun untuk membuka file epub di PC kita bisa menggunakan software Calibre yang bisa di download secara gratis dan bisa dipakai di berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, dan Mac OS-X bahkan ada yang versi portable juga, adapun di android tetapi tidak gratis untuk yang gratis kita bisa menggunakan aplikasi lainnya. Calibre merupakan Ebook reader.

Berikut adalah cara membuka file epub dan convert ke pdf, txt dan lainnya.

1. Tanpa menggunakan software.

Epub merupakan sebuah bentuk file yang didalamnya terdapat sebuah data seperti gambar, font dan text html jadi apabila kita tidak ingin menggunakan aplikasi tambahan seperti calibre dan software ebook reader lainnya cukup kita mengganti nama dari file.epub ke file.zip.
- Jadi misalnya filenya bernama windows.epub dan kita ganti dengan nama windows.zip
- Setelah file epub diganti namanya dengan .zip file sekarang kita buka saja file tersebut dan extract kedalam sebuah folder baru.
- Misalnya folder baru itu kita beri nama epub dan extract file zip tadi ke folder epub
- Setelah di extract maka disana akan terdapat beberapa folder dan file seperti folder gambar, folder font jika ada dan beberapa text HTML.
- Untuk membuka filenya kita klik kanan mouse di tulisan yang ujungnya .html dan buka di browser bisa di mozilla, chrome, atau pun di internet explorer.

2. Membuka dan convert file epub dengan software calibre.

Untuk membuka file epub dan bisa juga kita convert kedalam file yang lain seperti file pdf, txt, htmlz, mobi, rtf, snb, dan lain sebagainya yaitu dengan menggunakan software CALIBRE, software ini bisa didownload secara gratis dan bisa digunakan di windows xp, windows 7, vista dan windows 8, linux dan MAC OS-X.
Dengan menggunakan software calibre maka disana akan ada pilihan epub tersebut dibuka untuk smartphone seperti apple, sony dan lainnya.
- Download file calibre di sini. dan install
- Untuk linux bisa kita install diterminal dengan mengetikan "sudo apt-get install calibre" tanpa tanda petik.
- Setelah di install langsung saja buka file epub untuk membacanya.

Untuk convert file epub kedalam pdf, txt, htmlz dan file lainnya :
- Buka Calibre dan buka file yang akan di convert
epub converter pc windows, linux, mac os-x

- Klik file yang akan di convert dan klik tombol Convert Books
- Pilih file output yang ada di sebelah kanan atas seperti file pdf, txt html, rtf dll.
epub converter to pdf, txt, htmlz

- Bisa kita rubah judul, penerbit, dan data lainnya tersedia disana.

Hasilnya bisa di lihat di folder dimana saat kita pertama kali setting tempat folder penyimpanannya atau jika lupa tempat folder penyimpanannya maka klik saja tombol disebelah Path: yaitu Click to open yang ada di bagian sebelah kanan bawah.

3. Membuka file epub di android

Membuka file epub di android bisa kita gunakan aplikasi sebagai berikut :
- ePub Reader For android
- Aldiko book reader, bisa juga membuka file pdf
sedangkan aplikasi calibre di android tidak gratis bisa di lihat di sini

Aplikasi android untuk Convert file pdf, docs, dll ke epub file

- ePubator, convert file pdf ke epub file secara offline
- Ideal ePub Creator, Android apps untuk convert file pdf, doc, docs ke file epub.

4. Convert file epub secara online

Convert file epub ke pdf, doc,docs, txt, xls, odp dll secara online atau sebaliknya convert file pdf dsb ke file epub.
- convertfiles.com
- ebook.online-convert.com
- zamzar.com

5. Merubah nama file .epub ke ekstensi file .zip.
Cara terakhir yang saya tahu adalah dengan merubah file .epub ke file .zip yaitu dengan rename nama file tersebut misalnya nama file epub nya adalah elektonik.epub maka dirubah namanya dengan eletronik.zip setelah itu kita buka file yang sudah dirubah namanya itu jika di windows os di buka dengan aplikasi winrar atau aplikasi winzip dan extract ke dalam satu folder.
Untuk membuka file nya kita buka folder yang sudah ada data file yang di extract tadi dan terdapat beberapa folder jika tersedia yaitu folder META-INF dan folder OEBPS dan difolder OEBPS terdapat folder fonts, folder images serta file-file yang diperlukan berupa file .html yang bisa dibuka dengan browser seperti mozilla, chrome, atau browser lainnya.

File .html tersebutlah tulisan atau data texts-nya yang dibutuhkan klik kanan mouse dan buka dengan browser yang disukai. Setelah itu kita bisa meng-copy paste kedalam office word misalnya.

Sebagai tambahan Bisa juga kita gunakan calibre di pc dengan meng-convert file epub atau file lainnya dan kemudian kita ubah atau convert kedalam file yang kita inginkan yang kemudian kita simpan di android untuk digunakan kembali atau dibuka di android, iOs atau smartphone yang berhubungan lainnya.

Komentar

  1. Terimakasih Gyta Cantik.. Infonya sangat membantu saya...

    BalasHapus
  2. Happy Weekend para member setia AGENS128, oke gengs kali ini kami akan memberikan kepada kalian semua kembali untuk PROMO TERHITS 2019 INI YAITU PROMO BONUS 5% setiap hari yang akan kami berikan kepada kalian semua member setia kami, jadi untuk kalian yang mau bermain dan mendapatkan bonusnya kalian bisa mendaftarkan diri kalian sekarang juga, klaim bonus nya dan menangkan puluhan juta rupiah hanya bersama kami AGENS128.

    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
    BBM : D8B84EE1 atau AGENS128
    WA : 0852-2255-5128

    Ayo tunggu apalagi !!

    BalasHapus
  3. haloo saya mau memberi tau nih agens128 dan Anapoker
    adalah agen terbaik dengan pelayanan nya 24 setiap hari non stop , dan untuk deposit dan withdrawnya
    paling lama hanya butuh waktu 3 menit saja dan sekarang juga bisa menggunakan ovo dan juga go-pay tidak ada kan pelayanan seenak dan secepat ini hanya di sini loh
    buruann join agens128

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus

Posting Komentar

Kritik dan Saran boleh tapi diusahakan dengan bahasa yg sopan, jika memakai bahasa yang tidak sopan maka berarti Anda sudah meng-izin-kan untuk transfer dosa saya ke Anda yg berkata tidak sopan, sekali lagi Maaf saya berkata seperti ini