Cara mengetahui motherboard pc di windows

Salah satu hal yang penting pada saat setelah instal ulang windows baik itu windows xp, windows 7 ataupun windows 8 jika driver yang terdapat di motherboard tidak terdeteksi secara otomatis di pc oleh sistem operasi tersebut maka hal yang pertama harus di instal ulang adalah driver dari pada motherboard itu sendiri, karena jika driver yang terdapat pada motherboard seperti chip, vga driver, sound driver serta lan atau ethernet driver tidak atau belum di install maka komputer atau laptop kita tidak akan berjalan secara maksimal.

Contohnya jika setelah komputer selesai di instal ulang dan driver sound card nya tidak terdeteksi secara otomatis oleh sistem operasi yang kita instal maka suara pada komputer tersebut tidak akan keluar atau tidak ada suara yang bisa didengar itu artinya driver sound card belum terinstal, kemudian jika gambar terasa sedikit jelek tampilan gambar kurang baik dan biasanya apa bila kita akan bermain game dan terdapat pesan error seperti update your graphic card atau error saat mau bermain game itu bisa disebabkan karena vga driver yang belum terinstal atau vga yang kita miliki di komputer tidak memenuhi spesifikasi dari game tersebut yang memerlukan kapasitas memory vga yang lebih baik.

Namun jika kita lupa nama motherboard atau kita tidak tahu motherboard yang kita pakai tentu saja ini akan menjadi masalah bagi kita, sehingga driver motherboard tidak kita ketahui, tapi jangan sedih dulu karena kita bisa menggunakan software gratis untuk mengetahui komponen motherboard komputer yang kita pakai atau kita juga bisa mengetahui motherboard yang dipakai dengan melihat langsung motherboard nya biasanya didalam motherboard itu ada tulisan nama motherboard itu sendiri jadi kita bisa langsung cari spesifikasi dari motherboard tersebut di google.Tentu saja sebelum driver kita download maka motherboard dan chipset nya harus diketahui terlebih dahulu karena jika salah driver maka akan berakibat komputer kita jadi bermasalah dan kinerjanya jadi jelek.

Berikut cara mengetahui  tipe motherboard PC :

1. Cara manual Buka kesing atau casing cpu kita dan lihat disekeliling motherboard tersebut dan cari tulisan seperti jetway atau asus atau G31lm dll. Seperti pada gambar dibawah ini adalah contoh motherboard asus.
motherboard asus
image by shauntaifilms at flickr.com

Dan ini salah satu contohnya lagi terlihat tulisan atau nama motherboard dengan blah blah deluxe yang dilingkar bulatan merah dengan nama PCI express slot ditulisan pinggir nya.
image by gcg2009 at flickr.com

Kalau yang dibawah ini adalah chipset yang tertanam pada motherboard yang bersangkutan dengan chipset intel berarti motherboard tersebut memiliki chipset intel.
intel chipset
image by stimpy77 at flickr.com

2. Cara mengetahui motherboard komputer dengan software gratis seperti :
  • CPU-Z adalah sebuah software untuk mengetahui seluruh isi motherboard yang ada di dalam komputer. Bisa didownload disini
  • cpu-z motherboard
  • HWINFO bisa didownlod disini
  • SPECCY bisa didownlaod disini
  • speccy motherboard software

Didalam software tersebut terdapat juga info tentang sistem operasi yang dipakai, sound card info, vga driver dan lain-lain.

Setelah motherboard kita ketahui namanya untuk download driver motherboard seperti sound card, vga card driver, chipset dan lain nya kita buka situs http://www.motherboards.org/mobot/manufacturers/ dan cari nama motherboard yang sesuai di situs tersebut sangat komlpit infonya dan driver nya serta bios.

Atau kita bisa cari di google dengan memasukan nama motherboard yang telah kita ketahui dan ditambah tulisan spesifikasi atau specs, jadi penulisan di google search nya adalah misalkan nama motherboardnya asrock G31ML kita tulis saja asrock g31ml spesifikasi atau disingkat specs.

Komentar

  1. BAGAIMANA SOLUSI MENCARI AUDIO VIDEO YANG HILANG AKIBAT PERGANTIAN WINDOWS XP KE WINDOWS 7, MUSIK PC SAYA MATI TOTLAL, HIBURAN SAMBIL KERJA HILANG.THAKS

    BalasHapus
  2. Minimal deposit 50rb
    Bonus member baru 30%
    Bonus harian 5%
    Aman & Terpercaya
    hanya di bit.do/bolay0

    Whatsapp kami
    bit.do/WA_BOLAYO

    +6282321807397

    BalasHapus
  3. terimakasih untuk info dan penjelasan nya.
    http://bit.ly/2EsPnBN

    BalasHapus

Posting Komentar

Kritik dan Saran boleh tapi diusahakan dengan bahasa yg sopan, jika memakai bahasa yang tidak sopan maka berarti Anda sudah meng-izin-kan untuk transfer dosa saya ke Anda yg berkata tidak sopan, sekali lagi Maaf saya berkata seperti ini