Cara instal windows xp lewat flashdisk untuk netbook atau untuk notebook

Apabila kita mempunyai sebuah netbook ataupun notebook tetapi cd/dvdrom sudah rusak sudah tidak bisa dipakai dan bahkan netbook memang tidak disediakan tempat untuk cd/dvdrom karena ukuran yang lebih kecil dari notebook untuk itu apabila kita akan install ulang windows xp atau windows lain nya seperti windows 7, windows vista,atau windows 8 sedikit rada bingung jika kita belum tahu cara instal windows tersebut tanpa cd/dvdrom.

Tetapi dengan banyak nya software atau aplikasi untuk membuat sebuah bootable usb flashdisk  dijadikan installer windows, maka untuk instal ulang windows xp seperti windows xp sp2 atau sp3 sangat mudah bahkan dengan menggunakan usb flashdisk pada saat penginstalan maka instalasi pun akan lebih cepat dibanding instal ulang windows memakai cd/dvdRom.

Sebenarnya banyak sekali aplikasi atau software pembuat live cd windows installer tapi disini saya hanya akan sampaikan satu software aja juga cukup.
Cukup dengan Winusb maker itu namanya dan hampir semua windows seperti windows xp, windows 7, windows 8.
Catatan : Flashdisk akan terformat maka data yang ada di flashdisk segera pindahkan terlebih dahulu dan kapasitas harus mempunyai ruang minimal windows xp flashdisk harus mempunyai kapasitas 2gb sedangkan untuk windows 7 sebesar 3 gb dan windows 8 sebesar 5gb.
create windowsusb maker

Gambar diatas adalah winusb maker versi terbaru yaitu versi 2.0.
Berikut cara untuk membuat atau instal windowske usb flashdisk :
1. Download winusb maker aplikasi nya di sini
2. Extract file yang sudah didownload tersebut Ditempat yang di inginkan
3. Tancapkan usb flashdisk nya
4. Setelah di extract file tersebut bisa di buka folder nya dan jalankan Winusb maker.exe nya, jika flashdisk terbaca oleh winusb maker maka akan tersedia di tab welcome, dan pilih usb flashdisk yang akan di instal windows tersebut
5. Terdapat beberapa pilihan seperti membuat bootable disk dengan grldr yaitu boot linux seperti grub dan msdos bootable windows.
6. Saya tidak menyarankan memakai windows yg bajakan, pakailah windows yg asli. Untuk mulai instal windows xp atau windows lainnya dengan file iso klik yg "Setup to usb" dan pilih "I want to work with an ISO image file" dan klik tombol dibawah nya yaitu "select an iso or directory" untuk memilih windows xp iso nya di direktori harddisk, untuk langsung menjalankan nya klik tombol "Make USB bootlable".
7. Untuk Meng-copy-kan file windows di folder atau di cd/dvdrom bisa klik tombol yang "I want to work with a directory" Kemudian klik lagi tombol "select an iso or directory" untuk mencari folder atau cd/dvdrom windows yang akan di bootable ke usb flashdisk. Langsung copy file ke usb klik tombol "Make USB bootable" dan tungu hingga copy file selesai.
8. Setelah flash drive atau flash disk sudah terisi live cd bootable windows xp sp2, sp3 atau windows 7 atau windows 8 segera untuk langsung meng instal nya mungkin sudah pada tahu cara instalnya, untuk yang masih newbie bisa lakukan caranya seperti berikut dibawah ini.
Saya tekan kan kembali bahwa saya tidak menyarankan memakai windows yang bajakan.

Cara instal windows xp sp2, sp3 lewat flashdisk :

1. Sudah pasti flashdisk nya sudah terisi live cd windows yang dilakukan seperti cara diatas.
2. Tancapkan Flashdisk di komputer, laptop, notebook atau netbook kemudian lakukan perubahan seting di bios di bagian boot disk bagian yang pertama set ke boot usb 1st boot to usb atau dengan cara restart komputer dan pada saat komputer akan nyala klik tombol yang telah ditentukan setting pilihan boot oleh komputer, seperti pada umumnya tombol untuk melakukan pilihan boot disk yaitu tombol F7, F8, F9, F10, F11, F12 pilih salah satu nya sesuai dengan setingan komputer nya, sehingga pilihan booting akan muncul bila sudah muncul klik boot to usb.
3. Setelah melakukan booting ke flashdisk maka tampilan awal akan seperti dibawah ini dan tekan enter untuk melanjutkan.
install windows xp lewat flashdisk


4. Kemudian akan terlihat tampilan dibawah ini, klik enter untuk melanjutkan.

5. Selanjutnya terserah anda, maksudnya mungkin sudah pada tahu untuk melakukan penginstalan selanjutnya, kita ikuti saja instruksi yang nanti diberikan pada saat instal windows xp di usb flashdisk.

Selain Winusb Maker ada beberapa software gratis untuk penginstalan windows xp dan windows lainnya yaitu diantaranya :

1. Wintoflash , Bisa digunakan untuk bootable windows xp, windows 7, 2008 windows 8 dan lain-lain.
2. WinSetupFromUSB, Bisa boot untuk windows dan linux
3. Pendrive Xboot Multiboot iso usb creator, untuk linux dan windows
4. Windows 7 USB/DVD download tool, yaitu tool resmi dari microsoft, bisa digunakan untuk windows 8 dan windows 7 ga tau kalau windows xp belum nyoba, sepertinya bisa.

Komentar

  1. thanks gan, baru mau nyoba nih, semoga bisa ya :)

    BalasHapus
  2. terimkasih atas informasinya

    BalasHapus
  3. Setelah setup copy file-file ke hard disk kan harus di restart dulu ya..
    Terus kita harus format partisinya dulu..? Setelah diformat reboot lagi ya..?
    Setelah diformat & direboot kenapa tampilan windows XPnya ga muncul2 kaya biasanya ya..?

    Mohon bantuannya ya gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertiunya kebalik mas.. Seharusnya diformat dulu baru file-filenya di copy ke harddisk terus nanti ada restart sendiri terus masuk ke keharddisk jangan masuk ke usb flashdisk lagi.

      Hapus
  4. Saya mw install ulang win. Xp nihh...
    Tapi pas sudah booting dari kaset kan loading bentar tuhh...
    Nah, pas selese loading keluar tulisan kyk gini:

    No previous version of Windows NT can be found on your computer. Setup cannot verify that you qualify tp install this upgrade. Press F3 to Quit Setup.

    Itu knapa yak gan?
    Mohon bantuannya donk....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di install ulang nya atau booting windows xp cd nya langsung dari windows xp atau booting cd dari pas nyala komputernya ?

      Penginstalan partisi coba di lihat mungkin ada kesalahan , misalkan windows xp saat ini ada di partisi C dan pada saat akan di install ulang masuknya ke partisi D atau sebaliknya

      Hapus
  5. mksih ilmuy mdah mudhn bermnfaat

    BalasHapus
  6. terima kasih atas informasinya gan..

    BalasHapus
  7. gan, saya mau instal windows XP tapi FD saya ukurannya 32 GB, apakah bisa gan?

    mohon bantuannya...

    BalasHapus
  8. I like the valuable info you provide in your articles. I'll bookmark your weblog and check again here regularly. I am quite sure I will learn plenty of new stuff right here! Good luck for the next! Free Download Firmware Thank's All !!

    BalasHapus
  9. yuk bagi kamu yang baru lulus sma/smk yang mau ngelanjutin kuliah dengan cepat .! jangan hawatir politeknik pajajaran menyediakan kuliah singkat 2 tahun siap kerja info lebih lanjut kunjungi kami di http://politeknikpajajaran.ac.id/

    BalasHapus
  10. sip ini mmin, jelas bgt panduanya . keep sharing min. moga sukses terus
    solder uap

    BalasHapus
  11. Minimal deposit 50rb
    Bonus member baru 30%
    Bonus harian 5%
    Aman & Terpercaya
    hanya di bit.do/bolay0

    Whatsapp kami
    bit.do/WA_BOLAYO

    +6282321807397

    BalasHapus
  12. mantep deh artikelnya , eh iya kunjungi balik ya Warnet Gea dan website pertanian online

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Kritik dan Saran boleh tapi diusahakan dengan bahasa yg sopan, jika memakai bahasa yang tidak sopan maka berarti Anda sudah meng-izin-kan untuk transfer dosa saya ke Anda yg berkata tidak sopan, sekali lagi Maaf saya berkata seperti ini