Bagaimana cara menyembunyikan file dan folder di android

Terdapat beberapa file dan folder penting dalam sebuah gadget seperti android, laptop dan handphone serta beberapa gadget lainnya, memungkinkan orang lain bisa mengakses file rahasia atau file yang tidak seharusnya orang lain tahu bisa digunakan baik sengaja maupun tidak disengaja. Apa lagi jika android yang kita pakai sering digunakan oleh orang lain seperti teman, adik, kakak dan orang lain. Untuk itu perlunya kita menyembunyikan file dan folder penting tersebut seaman mungkin sehingga file seperti musik, lagu, video dan file serta folder akan terjaga dan tidak bisa ditemukan oleh orang lain.

Nah pertanyaannya sekarang, bagaimana cara menyembunyikan file di android ?, sekarang  hal itu bukan lah hal yang sulit untuk kita lakukan karena di google play saja sudah terdapat beberapa aplikasi android untuk menyembunyikan file video, lagu dan file lainnya dengan mudah.

Pilihan saya aplikasi untuk menyembunyikan file di android adalaha dua aplikasi android yang penggunaannya sangat mudah dan juga gratis untuk kita download, yaitu Adao file manager dan File hide expert.

Cara untuk menyembunyikan file di android dengan Adao File manager:


1. Download dan instal Adao file manager. Namun apk ini di google play sudah tidak tersedia, bisa dicari di beberapa forum dan lainnya.
2. Selain bisa untuk menyembunyikan atau hide file dan foler di android, Adao file manager juga bisa dipakai untuk file manager yaitu sebagai alat untuk membuka folder, data yang ada di android, kalau di windows, adao file manager sama dengan windows explorer. Back up aplikasi, Task manager dll.
3. Setelah di install buka aplikasi Adao file manager, Pilih SD card dan pilih data atau file yang akan di sembunyikan dengan cara menekan file tersebut sampai keluar menu pilihan dan geser keatas sehingga  menu pilihan Hide file terlihat. Menu pilihan hide file berada pada bagian paling bawah.
hide file di android

4. Setelah Menu Hide file terlihat ya tinggal klik saja menu pilihan tersebut dan file pun yang akan di sembunyikan pun akan hilang dari peredaran.
5. Untuk mengembalikan file yang sudah di sembunyikan, Tutup Adao file manager atau back dengan cara mengklik tombol kembali sehingga adao file manager berada pada tampilan menu utama. Disana terdapat beberapa menu pilihan geser keatas sehingga tulisan hidden files akan terlihat. Klik tombol atau tulisan Hidden files untuk pertama kali kita diberikan untuk membuat password sendiri, masukan password yang akan dibuat, setelah password dibuat dan sudah masuk ke Hidden files maka file-file yang sudah disembunyikan akan berada disana, klik file yang akan dikembalikan ketempat semula dengan satu klik saja atau klik lebih lama.
Kembalikan file di android


Cara menyembunyikan file dan folder di android dengan File Hide Expert :

1. Download dan install File Hide expert disini.
2. Setelah di install buka aplikasi tersebut dan untuk menyembunyikan file seperti video, lagu atau musik, gambar dan juga folder klik tombol atau gambar folder yang berada pada bagian kanan atas.
android file hide

3. Pilih folder atau file yang akan disembunyikan dengan mengklik tombol plus yang ada disebelah kanan.
file hide in android

4. Setelah file atau folder berada pada bagian menu hide, klik tombol hide all untuk menyembunyikan file atau folder, tersebut berada  yang ada pada bagian kiri bawah. Dan untuk mengembalikan file dan folder yang di sembunyikan tinggal klik saja tombol unhide all atau klik tombol x.
Sembunyikan folder android

5. Selamat mencoba.

Komentar

  1. Gan mau tanya, ane nge-hide folder di file hide expert, pas ane hapus file hide expert nya ane lupa unhide folder yg sebelumnya ane hide, tau gak gimana cara balikin folder yg hilang di file hide expert?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Cara pertama instal ulang file hide expert nya dan lihat folder yang telah di hide tadi apakah ada. jika tidak ada maka bisa menggunakan cara kedua.

      2. Buka file manager yang ada di android agan dan buka setting kemudian cari show hide file maka akan terlihat folder atau file yang di hide oleh file hide expert dengan nama misalkan folder atau file yang di hide adalah folder dengan nama video maka disana akan ada nama .video.hider terus ganti nama nya dengan menghilangkan tanda titik yang didepan dan hapus .hider kembalikan settingan file manager ke awal yaitu untuk tidak mencetang show file hide.

      3. Jika di file manager tidak ada pilihan show hide file maka instal adao file manager kemudian buka dan tujukan ke perangkat misalnya folder yang di hide tadi ada di /sdcard/ nah disana akan ada folder atau file yang di hide oleh file hide expert dengan nama didepan diawali dengan tanda titik dan diakhiri dengan tanda .hider rename atau ganti namanya dengan menghilangkan tanda titik didepannya dan tanda titik dan nama hider nya.
      Contoh : jika nama folder atau file nama nya video maka di adao file manager akan terlihat folder dan file yang di hide dengan nama .video.hider ganti atau hapus tanda titik didepan dan tanda titik serta nama hider nya ".hider" tanpa tanda petik.

      Hapus
  2. Gan ane mau nnya pas ane udh rename ada tulisan could not rename file terus harus gmna lg ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin file yg digunakan sedang di jalankan, coba tutup file tersebut jika sedang berjalan.

      Hapus
  3. gan mau tanya
    ane pake hide expert untuk ngehidden file ane,tapi pas direstore ko ga ada dimanapun ya gan...ane cari di file manager juga ga ketemu....itu gimana ya gan?tolong gan

    BalasHapus
  4. Kok saya malah file nya ilang semua

    BalasHapus

Posting Komentar

Kritik dan Saran boleh tapi diusahakan dengan bahasa yg sopan, jika memakai bahasa yang tidak sopan maka berarti Anda sudah meng-izin-kan untuk transfer dosa saya ke Anda yg berkata tidak sopan, sekali lagi Maaf saya berkata seperti ini