Sejarah singkat tentang presiden amerika pertama

Berbicara tentang presiden Amerika pertama adalah hal menarik untuk kita pelajari atau kita lihat sejarah tentang kehidupannya. Sejarah singkat mengenai George Washington.

Pada saat usianya 11 tahun ayahnya George Washington meninggal, George Washington yang bersekolah ditempat tinggalnya dan belajar untuk bagaimana menjadi seorang pembuat peta dan penebang kayu. Ia dilahirkan pada tanggal 22 Februari 1732 disebuah desa kecil yang disebut Westmoreland, tepatnya didaerah Virginia.

Kemudian pada tahun 1759 George Washington menikah dengan seorang janda yang bernama Martha Curtis. Dari pernikahan sebelumnya Martha Curtis pernah memiliki dua orang anak yaitu Martha dan John. Washington dan Curtis pun mempunyai anak dari pernikahan mereka berdua.
Presiden Amerika George Washington
image source : flickr.com


Pada tahun 1775 Washington pun terpilih sebagai Panglima Angkatan Darat Kolonial, pada saat itu juga setelah bertahun-tahun lamanya sedang terjadi gejolak antara kolonis dan inggris. Pada tahun berikutnya, kemerdekaan dideklarasikan oleh Washington dan sisa kolonis dari inggris. Strategi yang unik dari Washingotn dan dikombinasikan dengan bantuan dari prancis, bertahun-tahun lamanya pertempuran yang banyak merenggut nyawa dan pertumpahan darah, inggris pun dikalahkan pada tahun 1781, diberikanlah kolonis kemerdekaan mereka.

Segeralah setelah itu diadakan konvensi konstitusi pertama kali disusun untuk amerika serikat yaitu pada tahun 1787 yang diadakan di Philadelphia Pennsylvania, konstitusi ini adalah merupakan garis utama untuk menyusun pemerintahan akan bagaimana berfungsi. Konstitusi ini pun mulai berlaku pada tahun 1789, yaitu setahun lamanya setelah konstitusi dilakukan.

Pada tahun 1789 itu pun tiba waktunya yaitu pemilihan pemimpin pertama, Kita mungkin sudah tahu siapa yang terpilih, dengan suara bulat terpilihlah presiden Amerika Serikat yang pertama yaitu George Washington, masa jabatannya ia jalankan dan pemilihan yang kedua kali untuk pemilihan presiden pada tahun 1792 Washington pun tetap terpilih dengan suara bulat. Selama 8 Tahun kepresidenannya, prestasi nya banyak yang dicapai, dan yang paling terkenal dari pencapaian itu ketika mengadopsi Bill of Right pada tahun 1791. Untuk jabatan yang ketiga kalinya Washington menolak untuk dipilih kembali menjadi presiden.

Washington kembali ke Mount Venon setelah ia pensiun dari politik pada bulan Maret 1797, dan mengabdikan sebagian besar waktunya untuk bertani. Pada pertengahan 1799 kesehatan Washington memburuk dan ia meninggal beberapa waktu kemudian tepatnya pada 14 Desember 1799 dirumahnya. Diyakini bahwa penyebab kematian Washington adalah karena Laringitis akut dan pneumonia yang dideritanya.

Komentar