Pertama kali Bahasa ditemukan atau dikenal

Kita sebagai manusia harus lah selalu berkomunikasi antar sesama, baik itu dengan keluarga maupun dengan orang lain, karena kita adalah makhluk sosial maka kita tidak lepas dari komunikasi.
Untuk itu diperlukannya suatu bahasa yang menggambarkan keinginan atau pun sikap seseorang dalam penyampaian, baik secara lisan, tulisan maupun isyarat.
tulisan symbol zaman dulu
image source : flickr.com


Manusia berkomunikasi adalah upaya untuk memenuhi kebutuhannya, tanpa komunikasi kita tidak bisa berbuat banyak.
Zaman purba lah salah satunya yang memberikan peninggalan yang satu ini dan saat ini bermacam dan tata bahasa yang ada, maka terciptalah suatu komunikasi yang disebut sebagai "Bahasa". Jadi Bahasa pertama kali ditemukan adalah pada zaman purba, hal ini pendapat lain dari sumber yang ada.

Bahasa yang pertama kali sebelum manusia mengenal tulisan yaitu dengan memberikan suatu gambar, simbol-simbol dan gerak tubuh.
Dahulu, memang bahasa yang digunakan tidak beragam seperti sekarang. Jadi, misalnya kita dalam bahaya atau menemukan sesuatu yang berharga kita bisa memberikan isyarat dengan berteriak sekeras-kerasnya atau menunjukan ke suatu objek yang ada untuk memberi tahu kan ke orang disekitarnya.
Sign Language Alphabet
Bahasa isyarat; image source : flickr.com

Seiring dengan perkembangan yang ada, bahasa yang digunakan juga semakin komplek. Manusia mulai mengenal tulisan dan diolah lagi menjadi komunikasi verbal, atau komunikasi yang digunakan melalui lisan.

Itu adalah secara keseluruhan atau pertama kali terciptanya sebuah bahasa, tapi kalau misalnya pertama kali yang menemukan bahasa inggris, bahasa indonesia dan bahasa-bahasa yang lain, mungkin itu adalah peninggalan atau tercipta hasil dari para leluhur masing-masing negara yang saat itu menggunakan bahasa tersebut setelah bahasa pertama kali itu tercipta, dan sampai saat ini bahasa-bahasa tersebut dipakai.

Kenapa bahasa-bahasa tersebut beraneka ragam dan tutur kata yang berbeda ?, karena kita berada bukan pada suatu tempat yang sama, zaman dahulu manusia berpencar dan berpindah-pindah tempat sehingga peradaban dan alam disekitar mempengaruhi bahasa mereka.

Sedikit perbedaan pendapat dan definisi lain, bahasa yang pertama kali adalah bahasanya Nabi Adam As, di dalam sebuah keterangan atau riwayat bahwa penduduk surga pertama kali dihuni oleh Nabi Adam AS dan menurut beberapa keterangan penduduk Syurga itu adalah memakai bahasa arab, maka bisa dikatakan jika bahasa Nabi Adam As adalah bahasa Arab yang berarti bahasa pertama kali ada adalah bahasa arab, tetapi tidak ada keterangan secara pasti mengenai bahasa yang digunakan di syurga, apakah bahasa arab atau bahasa lainnya Wallohualam Bishowab.

Keterangan lain yang mengatakan bahwa bahasa pertama kali adalah bahasa aram, keterangan mengenai bahasa aram bisa dibaca disini, tapi WallohuA'lam saya hanya memberikan info dan pengetahuan dari berbagai sumber yang ada.

Adapun yang menyebutkan bahwa Anak dan cucu Nabi adam AS yang dulunya tinggal bersama dan menggunakan bahasa yang sama, kemudian dari sekian banyak putra-putri cucu-cucu Nabi Adam kemudian  berpencar keseluruh penjuru dunia, dan pada saat itu lah alam merubah bahasa induk mereka karena berada pada alam yang berbeda, berbeda pula bentuk alam, iklim, kebudayaan dan sebagainya yang ada disekitarnya. Misalnya disatu tempat ada pohon cemara dan disatu tempat lainnya pohon kelapa, maka disitu lah juga mulai ada perubahan tutur kata, istilah dan bahasa yang digunakan.

Referensi :
- On the spot trans 7
- Yahoo answer
- kidnesia.com
- Wiki
- Muslims-says

Semoga bermanfaat Mohon maaf jika ada kesalahan..

Komentar

  1. kata siapa bahasa surga bahasa arab?? kan bahasa arab itu muncul setelah bahasa aram?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak menyebutkannya dengan pasti itu adalah beberapa dan berbagai definisi atau keterangan dari hadist dan sumber yg berbeda yang mengatakan bahwa bahasa surga adalah bahasa arab tapi Dalam Alquran memang Allah tidak mengatakan bahwa bahasa surga adalah bahasa arab. Tulisan diatas diambil dari berbegai keterangan yg mengatkan berbagai definis dan keterangan tidak hanya satu.

      Berikut hadist nya :
      berdasarkan satu hadits Nabi shollallahu 'alaihi wassalam

      أحبوا العرب لثلاث لأني عربي ، والقرآن عربي ، وكلام أهل الجنة عربي
      Cintailah bahasa Arab karena tiga hal, yaitu karena aku adalah orang Arab, dan Al-Qur’an dengan bahasa Arab, dan bahasa penghuni syurga adalah bahasa Arab.

      Dan selebihnya bisa dilihat di
      http://ipoelhuda.blogspot.com/2012/03/bahasa-arab-bukanlah-bahasa-surga.html
      dan
      http://albamalanjy.wordpress.com/2013/07/26/benarkah-bahasa-arab-bahasa-surga/

      Hapus
  2. Pertama Kali Di Dunia Ini Diturun.kan Bahasa Arab Oleh Nabi Adam As. Sampai Nabi Yusuf As Di Zaman Nabi Yusuf Bin Daud Datang Empat Orang Yahudi... Untuk Memperpecah Islam Awal.nya Bahasa Ibrani. Yunani. Roma Itu Dari Orang" Yahudi Kaum Qurais Lalu Perkawinan Silang Pun Terjadi Maka.nya Ada Arab Bule Dan Arab Hitam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nabi yusuf bin yakub,,mohon cek silsilah para nabi

      Hapus
    2. Bro ini bukan pelajaran agama

      Hapus
  3. Pertama Kali Di Dunia Ini Diturun.kan Bahasa Arab Oleh Nabi Adam As. Sampai Nabi Yusuf As Di Zaman Nabi Yusuf Bin Daud Datang Empat Orang Yahudi... Untuk Memperpecah Islam Awal.nya Bahasa Ibrani. Yunani. Roma Itu Dari Orang" Yahudi Kaum Qurais Lalu Perkawinan Silang Pun Terjadi Maka.nya Ada Arab Bule Dan Arab Hitam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau manusia pertama nabi adam as..terus orang2 yahudi atau kaum Qurais itu keturunan siapa ya....?

      Hapus
  4. Manusia lebih dulu mengenal mana ? Bahasa atau komunikasi ?

    BalasHapus
  5. Manusia lebih dulu mengenal mana ? Bahasa atau komunikasi ?

    BalasHapus
  6. Unknown : yng bner itu . Manusia yng pertama x ngerasain surga & Dunia itu siapa ?
    Dsitulah jawaban sebenernya .
    Heheh ....
    Iseng ja yaa .

    BalasHapus
  7. Kalo menurut saya..bahasa tertua di dunia itu bahas shunda.....
    Kenapa. Bahasa Sunda..merujuk kepada penemuan sejarah tertua di dunia..itu ada di tanah Sunda..seperti situs gunung Padang..yg jauh lebih tua 25 ribu tahun dari pada Piramida Giza Mesir...
    Dan buku yg di tulis Plato..yg menamai pulau Jawa dengan nama shunda land...

    BalasHapus
  8. Siapa penemu pertama bahasa amatlah sulit karena hingga saat ini belum dapat dibuktikan secara sain, yang jelas menurut pendapat saya mencari tau siapa penemu bahasa tidak bisa dikaitkan dengan agama karena agama ada setelah manusia menemukan tulisan dan kita tau manusia mengenal tulisan sejak 3700 SM. Sementara bahasa ditemukan jauh sebelum tulisan ditemukan...

    BalasHapus
  9. saya ingin berkomentar sedikit.

    BalasHapus
  10. Minimal deposit 50rb
    Bonus member baru 30%
    Bonus harian 5%
    Aman & Terpercaya
    hanya di bit.do/bolay0

    Whatsapp kami
    bit.do/WA_BOLAYO

    +6282321807397

    BalasHapus
  11. Bahasa tidak di temukan namun di ciptakan oleh manusia karena manusia memiliki berbagai macam kemampuan,ya,,salah satunya itu berbicara dengan menggunakan suara.hingga akhirnya manusia berproses memainkan suaranya dan setiap suara yg di hasilkan coba di ingat menggunakan pikiran,Dari sini terciptalah sebuah huruf,dari huruf berkembang lagi menjadi suatu rangkain kata,hingga terciptalah suatu kalimat.dan ini pasti memiliki perbedaan sebab betul apa yg di bilang di atas karena manusia tidak tinggal pada bagian wilayah yang sama.
    Coba kita perhatikan anak manusia yang baru lahir,,Ia mempunyai suara(Apabila tidak gagu) namun jika tidak di ajari berbicara(untuk mengolah suara) dan mengingat huruf(abjad) daerah atau wilayah setempat maka ia tidak akan bisa berbahasa seperti bahasa yang telah orang-orang di wilayahnya gunakan.
    Sebab kadang kita terpengaruh dengan bahasa dan keadaan.
    Selama positif knapa engga,asal tidak mengakibatkan rasa bersalah di batin ya lakukan aja😃😃😃

    BalasHapus

Posting Komentar

Kritik dan Saran boleh tapi diusahakan dengan bahasa yg sopan, jika memakai bahasa yang tidak sopan maka berarti Anda sudah meng-izin-kan untuk transfer dosa saya ke Anda yg berkata tidak sopan, sekali lagi Maaf saya berkata seperti ini