Sejarah singkat asal mula Orang Melayu

Sejarah tentang melayu memang kerap kali saya bertanya-tanya tentang hal ini, dari mana melayu berasal dan apa yang membedakan melayu yang satu dengan yang lain, apakah ada perbedaan? kalau hal itu saya kurang begitu mengerti, disini saya hanya akan memberikan sejarah singkat asal usul melayu, atau hanya dasar tentang dari mana melayu itu berasal.

Orang-orang melayu berasal dari orang-orang pelaut, ada sedikit perbedaan tentang penulisan nama malays dan melayus, yakni malays adalah sebutan dalam bahasa inggris sedangkan melayus adalah bahasa melayu.
Historic Map (1925) of Malayan Railway Network @ KL Station Museum
image By florian_grupp at Flickr.com


Secara garis besar sekitar 99% orang melayu adalah beragama Islam, dan sebagian besar orang melayu adalah orang malaysia yang mencapai 12 juta populasi pada saat itu. Sedangkan sebagian besar lainnya adalah Singapura dengan jumlah orang melayu secara keseluruhan adalah 600.000 penduduk.

Namun sekian lama orang melayu asli semakin berkurang bahkan ras melayu asli sepertinya sudah tidak ada, kebanyakan terdapat ras baru yang berasal dari berbagai etnik seperti orang asli dari sabah dan serawak, berasal dari muslim india, Bawean, Bugis, Jawa, tailan dan aceh.
Boat House (HDR)
image By 2121studio at Flickr.com

Asal mula nya bisa kita lihat kembali ke Yunnan, Cina, yaitu Jakun adalah orang-orang pelaut yang memperluas tempat singgahnya ke beberapa daerah atau pulau seperti ke pesisir kalimantan (Malaysia, Indonesia, Brunei), Penisula Melayu (Malaysia, singapura), kemudian ke Sumatera (Indonesia).

Orang-orang Singapura, Indonesia dan Malaysia saat ini adalah merupakan keturunan dari Jakun yang dicampur dengan India Modern, Thailan, Arab dan Dari darah Tionghoa. Hal ini disebabkan karena adanya sifat hidup perdagangan Jakun dan dari cara hidup seluruh pelaut dari cina ke Penisula Melayu.

Pada dasarnya semua nya berawal dari migrasi ke atas yaitu dari selatan ke utara, yang awalnya asal mulanya berawal dari Yunnan, Cina.

Jika ada kesalahan mohon dimaafkan dan bisa tulis komentar dibawah ini, dan berkomentar sesukanya asal sopan dan tidak berkata yang tidak senonoh.

Komentar

  1. saya juga pernah baca bahwa suku2 bangsa indo itu berasal dari perpaduan ras2 yang disebutkan diatas

    BalasHapus
  2. jika ketemu org melayu di malaysia,sungapura dan thailan mka sy merasa bertemu dgn org sekampung.

    BalasHapus
  3. Kita serumpun. Kitaras melayu. Indonesia malaysia

    BalasHapus
  4. Muke gile lo ndro,sempat sempat nye elo promosi judi bola

    BalasHapus

Posting Komentar

Kritik dan Saran boleh tapi diusahakan dengan bahasa yg sopan, jika memakai bahasa yang tidak sopan maka berarti Anda sudah meng-izin-kan untuk transfer dosa saya ke Anda yg berkata tidak sopan, sekali lagi Maaf saya berkata seperti ini